Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an Di MI Al-Hijriyah Karya Mulya Kota Prabumuli

Authors

  • Alfan Absor Mukmin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • M. Rizqi Amaluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurmahmudi Ismail UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.546

Keywords:

Karakter Religius, Siswa, Program Tahfidz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program tahfidz dalam membentuk karakter religius siswa MI Al-Hijriyah Karya Mulya. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan juga adalah guru pengampu program tahfidz. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa keberadaan program tahfidz Al-Qur’an membentuk karakter santri yang religius, terlihat dengan keteraturan santri yang mengikuti program tahfidz untuk mengikuti shalat berjamaah. di masjid dan suka membaca Al-Qur'an. Program tahfidz Al-Qur'an juga merupakan salah satu program yang mendorong siswa untuk berperilaku baik dan santun kepada guru, atau sesama siswa. Sebelum melaksanakan proses tahfidz Al-Qur'an, santri akan melalui beberapa syarat yang berlaku, diantaranya santri yang mengikuti program tahfidz harus menuntaskan Al-Qur'an, kemudian Tahsin membaca Al-Qur'an. Untuk metode dan tahapan yang pertama yaitu Tartil menghafal Al-Qur’an, yang kedua adalah pengulangan hafalan yang dilakukan dengan guru penanggung jawab program tahfidz atau sesama siswa yang menghafalkan Al-Qur’an, dan yang terakhir adalah pengulangan. dari awal juz sampai akhir. juz, agar guru dapat mengetahui kualitas hafalan setiap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Ali, And Hidayatullah Ismail. “Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar.” Jurnal Ushuludin 24, No. 1 (2016): 91–102. Https://Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id/Index.Php/Ushuludin/Article/View/1517.

Ananda, Rusydi. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Edited By Candra Wijaya. 1st Ed. Medan: Perdana Publishing, 2017. Https://Www.Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/286/Pdf.

Aw, Suranto. Perencanaan Dan Evaluasi Program Komunikas. Edited By Mashudi. Pena Pressindo, 2019.

Badruzaman, Dudi. “Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Ii Kabupaten Ciamis.” Kaca (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 9, No. 2 (2019): 184–93. Https://Jurnal.Alfithrah.Ac.Id/Index.Php/Kaca/Article/View/106.

Fahmi, Muhammad Nahdi, And Sofyan Susanto. “Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogia Jurnal Pendidikan 7, No. 2 (2018): 85–89. Https://Pedagogia.Umsida.Ac.Id/Index.Php/Pedagogia/Article/View/1412.

Hashim, Azmil. “Correlation Between Strategy Of Tahfiz Learning Styles And Students Performance In Al-Qur’an Memorization (Hifz).” Mediterranean Journal Of Social Sciences 6, No. 2 S5 (2015): 85. Https://Www.Mcser.Org/Journal/Index.Php/Mjss/Article/View/6163.

Kamil, Ahmad, Tajuddin Nur, And Astuti Darmiyanti. “Analysis Of The Online Tahfidz Al-Qur’an Program In Improving Islamic Education Learning Outcomes.” Endless: International Journal Of Future Studies 4, No. 2 (2021): 272–81. Http://Www.Internationaljournal.Net/Index.Php/Endless/Article/View/107.

Kartika, Tika. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi.” Jurnal Islamic Educational Management 4, No. 2 (2019): 245–56. Https://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Isema/Article/View/5988.

Lase, Miranda Wulandari. “Dampak Program Ekstrakurikuler Tahfidz Qur ’ An Terhadap Peningkatan Hafalan Qur ’ An Siswa Di Smp Muhammadiyah 57.” Jimpai Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam 2, No. April (2022): 21–31. Http://Jurnalmahasiswa.Umsu.Ac.Id/Index.Php/Jimpai/Article/View/1653.

Lutfy, Ahmad. “Metode Tahfidz Al-Qur’an (Studi Komparatif Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Madrasah Al-Hufadzh Ii Gedongan Ender, Pangenan Cirebon Dengan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Terpadu Al- Hikmah Bobos, Dukupuntang Cirebon).” Jurnal For Islamic Social Scienses 14, No. 02 (2013): 157–73. Https://Www.Syekhnurjati.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Holistik/Article/View/444.

Maharani, Dewi, Fauriatun Helmiah, Ricky Ramadhan Harahap, And Barany Fachri. “Pelatihan Komputer Dalam Meningkatkan Tahfidz Qur ’ An Menggunakan Al - Qur ’ An Digital Tajwid.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, No. 2 (2018). Https://Jurnal.Stmikroyal.Ac.Id/Index.Php/Jurdimas/Article/View/120.

Muamanah, Siti. “Peningkatan Kemampuan Santri Membaca Al- Qur ’ An Melalui Pendekatan Ilmu Tajwid Buku Standar Tajwid Bacaan Al-Qur ’ An Karangan Maftuh Basthul Birri ( Studi Di Pondok Pesantren Ittihadut Tholibin Wonosobo ).” Paramurobi: Jurnal Penidikan Agama Islam 1, No. 1 (2018).

Raharjo, Tri Yunita, Homsa Diyah Rohana, And Nurussaadah. “Pengaruh Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa.” Indonesian Journal Of Curriculum And Educational Technology Studies 6, No. 1 (2018): 22–32. Https://Www.Learntechlib.Org/P/209285/.

Rohmatillah, Siti, And Munif Shaleh. “Manajemen Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur ’ An Di.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 3, No. 1 (2017): 107–21. Https://Doi.Org/10.35316/Jpii.V3i1.91.

Syafei, Abdullah, Nanat Fatah Natsir, And Mohammad Jaenudin. “Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah.” Jurnal Dirosah Islamiyah 2, No. 2 (2020): 130–49.

Ulfah, Silvia, And Santi Lisnawati. “Evaluasi Program Tahfidz Al- Qur ’ An Di Smp Ita El - Ma ’ Mur Bogor.” Acmas 1, No. 1 (2018): 68–78. Http://Prosiding.Uika-Bogor.Ac.Id/Index.Php/Acmas/Article/View/15.

Utami, Ratnasari Diah, And Yosina Maharani. “Kelebihan Dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 Dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah.” Ppd (Profesi Pendidikan Dasar) 5, No. 2 (2018): 185–92. Https://Journals.Ums.Ac.Id/Index.Php/Ppd/Article/View/7353/4278.

Wahyuni, Ajeng, And Akhmad Syahid. “Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak.” Elementary 5, No. 1 (2019): 87–96. Https://E-Journal.Metrouniv.Ac.Id/Index.Php/Elementary/Article/View/1389/1192.

Wahyuningsih, Putri, Ahmad Tarmizi Hasibuan, And Himmatul Hasanah. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Tahfidz Al-Quran Di Abad 21 1.” Al-Aulad Jurnal Of Islamic Primary Education 3, No. 1 (2020): 20–28. Https://Doi.Org/10.15575/Al-Aulad.V3i1.4659.

Wajdi, Firdaus, Sifa Fauzia, And Ahmad Hakam. “Evaluasi Program Tahfidz Melalui Media Sosial Di Yayasan Indonesia Berkah.” Jurnal Studi Al-Qur’an 16, No. 1 (2020): 69–88. Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Jsq/Article/View/13732/8087.

Widharti, Khansa Eka Putri. “Evaluasi Program Tahfidz Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di Sd Muhammadiyah Tamantirto.” Thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta., 2021. Khansa Eka Putri Widharti.

Zulkarnaen, Zulkarnaen, Bustanur Bustanur, And Zulhaini Zulhaini. “Pengaruh Program Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Santri/Yah Pondok Pesantren Kh. Ahmad Dahlan.” Jom Ftk Uniks 1, No. 2 (2020): 103–8. Http://Ejournal.Uniks.Ac.Id/Index.Php/Jom/Article/View/654.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Alfan Absor Mukmin, M. Rizqi Amaluddin, and Nurmahmudi Ismail. 2023. “Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an Di MI Al-Hijriyah Karya Mulya Kota Prabumuli”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1387-96. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.546.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)