Evaluasi Program Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kayen
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.550Keywords:
evaluations, qur'an, schoolsAbstract
Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengevaluasi program yang terdiri dari aspek context, input, process, dan product program pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta, manfaat penelitian agar dapat mengetahui memahahi dan mengimplementasikan tentang evaluasi program pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, Sumber data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yaitu aspek context dikatakan baik, program sudah sesuai dengan kebutuhan. Aspek input dikatakan baik, sarana dan prasarana untuk menunjang program sudah disediakan, perencanaan sudah dilakukan sekolah dan anggaran dana disesuaikan dengan kebutuhan program. Aspek proses dikatakan cukup baik, karena kegiatan program telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, pengelola dan pelaksana program. Aspek product kurang baik, karena tujuan belum tercapai secara maksimal, terlihat dari jumlah siswa yang mengikuti program ekstrakurikuler kelas V Tahun Ajaran 2020 yang bisa membaca Al-Qur’an hanya 11 dari 58 peserta didik
Downloads
References
Agama, D. (2005). Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Direktoral Jendral Agama Islam.
Amirin, T. M. (2011). Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan.
Bazrafshan, A., Haghdoost, A., Rezaie, H., & Beigzadeh, A. (2014). A practical framework for evaluating health services management educational program: The application of the mixed-method sequential explanatory design. Research and Development in Medical Education, 4(1), 47–54.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Faisol, M. A. (2021). Efektivitas Metode Pengajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SD: Meta-Analisis. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 1–14.
Isnan, J. (2015). Evaluasi Program Ekstrakulikuler Jurnalistik Menggunakan Model Context, Input, Process dan Product (CIPP) Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pati. Universitas Negeri Semarang.
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1–14.
Neni, N. (2020). Manajemen Evaluasi Program Tulis Baca Al-Qur’an. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1).
Rizawati, R., Sulaiman, S., & Syafrina, A. (2017). Hubungan antara interaksi edukatif guru dengan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Rohmah, F. N. (2017). Urgensi Evaluasi untuk Pendidikan. Fikrotuna, 5(1).
Romli, M. I., Nurohmah, H., Natsir, A., Djanah, M., Wulandari, D., & Arifah, S. (2022). Evaluasi Penyelenggaraan Kegiatan TPQ Hidayatul Mabrur Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an: Di Dusun Belut Desa Ngumpul Kec Jogoroto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(2), 119–135.
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2012). Systematic evaluation: A self-instructional guide to theory and practice (Vol. 8). Springer Science & Business Media.
Sudjana, D. (2006). Evaluasi program pendidikan luar sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukardi, S. (2014a). Evaluasi program pendidikan dan pelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi, S. (2014b). Evaluasi program pendidikan dan pelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widoyoko, S. E. (2013). evaluasi program pendidikan. Evaluasi Program Pembelajaran.“Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wirawan, E. (2011). Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada.
Zaduqisti, E. (2019). Pemahaman Konsep Jihad Ditinjau Dari Identifikasi Kelompok, Persepsi Ancaman Antar-Kelompok, Dan Kepribadian. Indonesian Psychological Research, 1(1), 47–66.
Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J., Shea, C., & Misulis, K. (2011). Using the context, input, process, and product evaluation model (CIPP) as a comprehensive framework to guide the planning, implementation, and assessment of service-learning programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4), 57–84.
Wawancara dengan Kepala Sekolah Estri2/12/22.
Wawancara dengan Guru Dwi Suci Fachrunnisa 28/11/22
Wawancara dengan Guru Nur Indah Rahmana 30/11/22
Observasi di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kayen Yogyakarta 1/11/2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hendra Purwanto, Hadi Suprapto, Nurmahmudi Ismail, Nurfitriya, Muhammad Andi Syafruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.