Resiliensi Akademik Dalam Perspektif Psikologi Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.588Keywords:
Resiliensi Akademik, Psikologi, Psikologi IslamAbstract
Tujuan Penelitian ini ialah untuk menjelaskan bagaimana resiliensi akademik dalam perspektif psikologi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan (Library Research). Data dikumpulkan dari literatur-literatur yang sesuai dengan fokus pembahasan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ialah dengan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data yang digunakan, yaitu derajat keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam dan psikologi memiliki rumusan tentang aspek, dimensi, dan bentuk pemaafan yang memiliki banyak kemiripan. Perbedaan secara signifikan terletak pada muatan spiritual yang sangat kental dalam konsep Islam. Terdapat beberapa komponen resiliensi dalam perspektif psikologi Islam, antara lain: 1) regulasi emosi, 2) pengendalian hasrat atau keinginan, 3) optimisme, 4) empati, 5) efikasi diri, dan 6) mencapai positif atau mengambil pelajaran. Sedangkan metode meningkatkan resiliensi ini dengan tiga cara dan tahap, yang dikaitkan untuk meningkatkan kualitas diri dalam dunia tasawuf, yaitu takhalli, tahalli dan tajalli.
Downloads
References
A. Mujib. (2007). Kepribadian dalam Psikologi Islam. Raja Grafindo Persada.
Aidulsyah, F. (2020). The Paradigm of Quran as the Main Element of Islamic Civilization. Jurnal Tsaqafah, 16(1), 127–146.
Ardana, E. (2014). RESILIENSI ORANG DENGAN HIV / AIDS ( ODHA ). Jurnal Psikoislamika, 11(1), 5–8.
Arif, M. K. (2021). Islam Rahmatan Lil Alamin From Social and Cultural Perspective. Al-Risalah, 12(2), 169–186. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1376
Belda, D., Wewengkang, P., Psikologi, F., & Muhammadiyah, U. (2016). STUDI FENOMENOLOGI KONTEKS BUDAYA JAWA DAN PENGARUH ISLAM : SITUASI PSIKOLOGIS KELUARGA DALAM. Jurnal Indigenous, 1(1), 1–11.
Coronado-hijón, A. (2017). Academic Resilience : A Transcultural Perspective Academic resilience : a transcultural perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(March), 594–598. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.013
Desmita. (2009b). Mengembangkan Resiliensi Remaja Dalam Upaya Mengatasi Stress Sekolah. Jurnal Ta’dib, 12(1), 4.
Desmita. (2019). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya.
Djamaludin Ancok, F. N. S. (2008). Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Pustaka Pelajar.
Eko, C., & Triwahyuni, A. (2022). Mahasiswa Jenjang Sarjana Undergraduate Students. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi (Journal Psychology of Science and Profession), 6(2), 98–108. https://www.researchgate.net/profile/Clement-Prasetio/publication/363134664_Prevalensi_dan_Sumber_Gangguan_Psikologis_pada_Mahasiswa_Jenjang_Sarjana/links/630f082e61e4553b95514b99/Prevalensi-dan-Sumber-Gangguan-Psikologis-pada-Mahasiswa-Jenjang-Sarjana.pd
Fajariyah, L. (2021). Interpretasi Ayat-Ayat Resiliensi dan Signifikasinya Dalam Kehidupan Sosial. ICONIS: International Conference on …, 2, 273–286. https://conference.iainmadura.ac.id/index.php/iconis/article/view/83%0Ahttps://conference.iainmadura.ac.id/index.php/iconis/article/download/83/69
Fergus, S., & Zimmerman, M. A. (2005). Adolescent resilience: A framework for understanding healthy development in the face of risk. Annual Review of Public Health, 26(June), 399–419. https://doi.org/10.1146/annurev.publhealth.26.021304.144357
Haidar Putra Daulay, Zaini Dahlan, C. A. L. (2021). TAKHALLI, TAHALLI dan TAJALLI. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(3), 348–365.
Hasan, I. (2014). TASAWUF : JALAN RUMPIL MENUJU TUHAN. Jurnal An-Nuha, 1(1), 46–63.
Hasanah, S. A. (2018). KONSEP MUHASABAH DALAM AL-QUR ’ AN Telaah Pemikiran al-Ghazali. Jurnal Al-Dirayah, 1(1), 57–65.
Ibnu Katsir. (2004). Tafsir Ibnu Katsir (8th ed.). Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Imam Al-Qurthubi. (2009). Tafsir Al-Qurthubi. Pustaka Azzam.
Imam Asy-Syaukani and Ali bin Muhammad. (2009). Tafsir Fathul Qadir. Pustaka azzam translitasi.
Imam Setyawan. (2021). MELIHAT PERAN PEMAAFAN PADA RESILIENSI AKADEMIK SISWA Imam Setyawan 1 1. Jurnal Empati, 10(Nomor 03), 187–193.
Lexy J. Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mccullough, M. E. (2001). Forgiveness : Who Does It and How Do They Do It ? CURRENT DIRECTIONS IN PSYCHOLOGICAL SCIENCE, 10(6), 194–197.
Miles, M. B. dan A. M. H. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode Metode Baru. Universitas Indonesia Press.
Moh Khasan. (2017). Perspektif Islam dan Psikologi Tentang Pemaafan. Jurnal At-Taqaddum, 9(1), 69–94.
Mughni, M. S., Marzuk, M., Mughni, M. S., & Marzuk, M. (2022). AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies TAFSIR AYAT PSIKOLOGI Memaknai Ayat Al- Qur ’ an Tentang Resiliensi Jiwa Dan Urgensinya Dalam Kehidupan Sosial. 5(4), 101–115. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.319.
Muhammad Nasib Ar-Rifa’i. (1999). Kemudahan Dari Allah: Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir (1st ed.). Gema Insani Press.
Mulyawati, Y., Marini, A., & Nafiah, M. (2021). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 150–160.
Mutiara, I., Rusmana, N., & Budiman, N. (2019). Kemampuan Adaptasi Positif Melalui Resiliensi. Jorunal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 3(2), 70–75.
Naelul Muna, Didik Himmawan, and Ibnu Rusydi. 2023. “I’tikaf Sebagai Meditasi Islam”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):317-26. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.501.
Nan Henderson, M. M. M. (2003). Resiliency in Schools: Making It. Happen for Students and Educators. Corwin. Press, Inc.
Nissa, A. K., Majid, A., & Lailiyah, S. (2022). Konsep Self Efficacy pada Karakter Remaja dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7526–7531.
Nusapia Harahap. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 8(1), 68.
Opi Teci Darisma Putri. (2019). Sikap Empati Pemimpin Terhadap Bawahan Dalam Sistem Organisasi. Serambi Tarbawi, 7(1), 43–56.
Prawitasari, T., & Antika, E. (2022). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 1–9. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1195
Rahayu, E. W., & Djabbar, M. E. A. (2019). Peran Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, September, 20–21. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Peran+Resiliensi+Terhadap+Stres+Akademik+Siswa&btnG=
Ramadhani, H., Hayati, E. N., Psikologi, F., & Ahmad, U. (2023). Dinamika Resiliensi Pada Istri yang Mengalami Kekerasan dalam Rumah Tangga di Masa Pandemi. Journal of Islamic and Contemporary Psychology, 3(1), 172–181.
Ratnasari, S., & Suleeman, J. (2017). Perbedaan Regulasi Emosi Perempuan dan Laki-Laki di Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Sosial, 15(1), 35–46. https://doi.org/10.7454/jps.2017.4
Richardson, G. E. (2002). The Metatheory of Resilience and Resiliency. JOURNAL OF CLINICAL PSYCHOLOGY, 58(3), 308–319. https://doi.org/10.1002/jclp.10020
Salsabila, R., Karmiyati, D., & Hijrianti, U. R. (2019). Hubungan antara Forgiveness dengan Resiliensi pada Penyintas Pasca Konflik di Aceh Cognicia Cognicia. Jurnal Cognicia, 7(1), 62–76.
Sidabalok, R. N., Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). Optimisme dan Self Esteem pada Pelajar Sekolah Menengah Atas. Philanthrophy Journal of Psychology, 3, 48–58.
Sukmawati, I., Fenyara, A. H., Fadhilah, A. F., & Herbawani, C. K. (2021). Dampak Bullying Pada Anak Dan Remaja Terhadap Kesehatan Mental. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2021, 2(1), 126–144.
Sultan Abdulhameed. (2012). Al-Quran untuk Hidupmu. Zaman (Qomarudin Serambi Agama).
T. Taufik. (2012). Empati: Pendekatan Psikologi Sosial. Rajawali Press.
Tuwah, M. (2016). Resiliensi dan kebahagiaan dalam perspektif psikologi positif. El-Ghiroh, 10(1), 131–141. https://www.neliti.com/id/publications/294805/
Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi Perspektif Al Quran. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 105. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i1.73
Wahyuni, E., & Vidya Siti Wulandari. (2022). Resiliensi Remaja dan Implikasinya Terhadap Kebutuhan Pengembangan Buku Bantuan Diri. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 78–88. https://doi.org/10.21009/insight.101.10
Widuri, E. L. (2012). Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 9(2), 147. https://doi.org/10.26555/humanitas.v9i2.341
Wiwin Hendriani. (2018). Resiliensi Psikologis. Prenada Media Group.
Yeni Eka Cahyani, S. Z. A. (2017). Peran Spritualitas Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Psikoislamedia, 2(1), 32–41.
Zagoto, L. (2019). EFIKASI DIRI DALAM PROSES. Jurnal JRPP, 2(2), 386–391.
Zulkarnain, Z. (2018). Emosional : Tinjauan Al-Qur’an dan Relevansinya dalam Pendidikan. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 183–197. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i2.836
Zulkosky, K. (2009). Self-Efficacy : A Concept Analysis. Nursing Forum, 44(2), 93–102. https://doi.org/10.1111/j.1744-6198.2009.00132.x
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Faizi, Ichsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.