Assessment As, For, dan Of Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.597Keywords:
Pendekatan; Asesmen, Pendidikan Agama Islam (PAI), Sekolah Menengah AtasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan bentuk pengembangan asesmen PAI dari ketiga pendekatan penilaian di Sekolah Menengah Atas. Masih adanya penilaian konvensional, kemampuan guru PAI yang monoton dalam melakukan asesmen, serta kurangnya kesadaran guru terkait tujuan pembelajaran PAI. Dalam konteks ini, penilaian diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran, sedangkan pada kurikulum saat ini asesmen dilakukan secara komprehensif menggunakan 3 pendekatan yaitu Assessment of Learning (AoL), Assessment as Learning (AaL), dan Assessment for Learning (AfL). Metode penelitian berupa penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan AoL disebut sebagai penilaian sumatif yang berbentuk PTS, PAS, USek. Materi PAI di tingkat menengah atas yaitu al Qur’an, aqidah, ahlaq, fiqh/ibadah, dan Tarikh. AfL di SMA berorientasi pada kemampuan mempraktekkan ajaran agama seperti praktek haji, praktek menghitung zakat, praktek mengurus jenazah, hingga praktek menghitung harta waris. AaL disebut sebagai penilaian formatif PAI di SMA berkaitan dengan penilaian sikap, bakat, minat, nilai-nilai serta penghargaan. AaL terletak pada cara penilaian yang mana peserta didik ikut berpartisipasi dalam penilaian mulai dari prosedur, kriteria, hingga pembuatan pedoman atau rubrik seperti Self Assessment (Penilaian Diri), Peer Assessment (Penilaian Antar Teman).
Downloads
References
Anwar, K. (2021). URGENSI EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183
Arifin, Z. (2006). KONSEP GURU TENTANG EVALUASI DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM :Penelitian Kualitatif-Naturalistik Di Sekolah Dasar Negeri Ciujung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Revisi, Cet. Ke-8). Bumi Aksara.
Barokah, M. (2019). Manajemen penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas X semester ganjil di SMA Negri 2 Pontianak tahun pelajaran 2017/ 2018. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2).
Fajri Ismail. (2013). Inovasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Model-Model Penilaian Berbasis Afektif). Ta’dib, XVIII(02).
Fakhrurrozi, H. (2019). STANDAR PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(1), 155–170. https://doi.org/10.24239/pdg.vol7.iss1.37
Herlina. (2013). Mengatasi Masalah Anak Dan Remaja Melalui Buku. In Perkembangan Masa Remaja (Usia 11/12 – 18 tahun).
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2).
Motsoeneng, T. J., & Moreeng, B. (2022). Accounting Teachers’ Understanding and Use of Assessment for Learning to Enhance Curriculum Implementation. Journal of Studies in Social Sciences and Humanities, 8.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2). https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Prihantoro, A. (2021). TIGA PARADIGMA EVALUASI PENDIDIKAN: SEBUAH PETA PERKEMBANGAN. Academy of Education Journal, 12(1), 22–38. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.430
Ratnawati, D. A. (2013). PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Rosana, D., Widodo, E., Setianingsih, W., & Setyawarno, D. (2020). Pelatihan Implementasi Assessment Of Learning, Assessment For Learning Dan Assessment As Learning Pada Pembelajaran IPA SMP di MGMP Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34080
Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). PENILAIAN RANAH AFEKTIF DALAM BENTUK PENILAIAN SKALA SIKAP UNTUK MENILAI HASIL BELAJAR. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164
Saftari, Maya, N. F. (2019). ASSESSMENT OF AFFECTIVE DOMAIN IN ATTITUDE SCALE STMIK Atma Luhur , Universitas Sriwijaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1).
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., & Bestary, R. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 1).
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills, Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi. Pedagogika, 2.
Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Peserta Didik dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riyadhah, 1(1).
Stoltz-Urban, C. (n.d.). ASSESSMENT OF LEARNING, ASSESSMENT FOR LEARNING, AND ASSESSMENT AS LEARNING. ResearchGate.
Subehi, R., & Sriyanto, S. (2021). Implementasi Assessment Of, For, dan As Learning dalam Pembelajaran Daring PAI di SMPN 8 Purwokerto. Alhamra Jurnal Studi Islam, 2(2). https://doi.org/10.30595/ajsi.v2i2.10632
Sudiyanto, S., Kartowagiran, B., & Muhyadi, M. (2015). PENGEMBANGAN MODEL ASSESSMENT AS LEARNING PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2). https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5579
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In Penilaian dan Hasil Belajar Mengajar.
Tamrin, T., & Munawaroh, F. (2019). Teknik dan Instrumen Assessmen Ranah Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.20
Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384
Taufik, A., & Halimah, I. (2019). Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK. In Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Indonesia.
Wei, X., Saab, N., & Admiraal, W. (2021). Assessment of cognitive, behavioral, and affective learning outcomes in massive open online courses: A systematic literature review. Computers and Education, 163. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104097
Wiliam, D. (2011). What is assessment for learning? Studies in Educational Evaluation, 37(1). https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2011.03.001
Zainal Arifin. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 03.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amalia Nurlitasari, Tasman Hamami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.