Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Fadhillah Izzatun Nisa Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Tasman Hamami UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.548

Keywords:

Evaluasi, Kurikulum, Pendidikan, Agama, Islam

Abstract

Kurikulum berdasarkan strukturnya memuat tujuan, isi, metode pelaksanaan, dan evaluasi. Evaluasi kurikulum menjadi salah satu bagian penting yang diterapkan secara berkesinambungan sebagai pijakan dalam mengontrol keefektifan dan efisiensi yang dilaksanakan untuk menyempurnakan kurikulum khususnya pada bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis evaluasi kurikulum PAI. Metode yang digunakan merupakan penelitian literatur yang pencarian sumber datanya mengkaji berbagai referensi rujukan yang terkait dengan evaluasi kurikulum PAI. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ketiadaan evaluasi kurikulum PAI yang tepat akan menjadi kendala dalam mewujudkan tujuan, sehingga rancangan harus menyesuaikan aspek dalam kurikulum PAI. Informasi dari hasil evaluasi akan menentukan status kurikulum berikutnya, antara perlu direvisi, atau harus diubah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addaroini, R. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Pesantren, Madrasah dan Sekolah. Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri, 3.

Akbar, A., Huda, N., & Hermina, D. (2023). Evaluasi Pendidikan Agama Islam di PTU Banjarmasin Berbasis CIPP. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 99.

Aladdiin, H. M. F., & Kurnia, A. M. B. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Penelitian Medan Agama, 10(2), 154.

Arifin, Z. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Arofah, E. F. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Tawadhu, 5(2), 221.

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Budiyanti, N., & Ruswandi, U. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 132.

Badrut Tamam, & Muhammad Arbain. (2020). Inklusif Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren. Misykat Al-Anwar, 3(2), 217–252. https://doi.org/10.24853/ma.3.

Badu, S. Q. (2012). Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrict pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal dan Syarat Batas. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12(120).

Benuf, K., Mahmudah, S., & Priyono, E. A. (2019). Metodologi Penelitian Hukum sebagai Instrumen Mengurai Permasalahan Hukum Kontemporer. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.24246/jrh.2019.v3.i2.p145-160

Departemen Pendidikan Nasional. (2003a). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Puskur Balitbang Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003b). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Sinar Grafika.

Devi Umi Solehah, Ali Imran Sinaga, F. R. (2022). Analisis Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model CIPP (Context, Input, Process, Product) di SMP Muhammadiyah 60 Medan. MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4), 1034–1051.

Elihami, & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelejaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul, 2(1), 79.

Frye, A. W., & Hemmer, P. A. (2012). Program Evaluation Models and Related Theories. Medical Teacher, 34(5), 288–299.

Gunawan, H. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alfabeta.

Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Harlisnawati, Efriyanti, L., Supriadi, & Arif, M. (2023). Evaluasi Penerapan Model Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Kinerja Guru PAI di Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 4376.

Hartati, S. (2018). Konsep Spiritual Parenting dengan Pendekatan Konseling Behavioristik dalam Membentuk Moral Anak Usia Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 40–52.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak.

Hasan, Aslan, & Ubabuddin. (2021). Kurikulum PAI Tematik dalam Pembentukan Akhlaq Anak Sholeh pada Anak Usia Dini (Studi Multi Kasus di TK-IT Buah Hati dan RA Bina Insani Sintang). Cross-border, 4(2).

Hasan, S. H. (2009). Evaluasi Kurikulum. Sekolah Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. el-Hikmah: Jurnal kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 140–163.

Helmi, A. (2020). Evaluasi Kurikulum Pelatihan Penyusunan Renstra Kementerian ESDM Berdasarkan Kebutuhan dan Harapan Alumni Pelatihan di PPSDMA. Aparatur, 4(2), 1.

Ibrahim, & Masitoh. (2011). Evaluasi Kurikulum dalam Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali Press.

Ichsan, Santosa, T. A., Ilwandri, Sofianora, A., & Yastanti, U. (2023). Efektivitas Evaluasi Model CIPP dalam Pembelajaran IPA di Indonesia : Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 1349–1358.

Idrus. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 922.

Idrus, M. (2010). Ujian Nasional Dalam Konsep Evaluasi Pendidikan. Millah, ed(khus), 201–220. https://doi.org/10.20885/millah.ed.khus.art12

Imansari, N., & Sutadji, E. (2017). A Conceptual Framework Curriculum Evaluation Electrical Engineering Education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(4), 265–269.

Kemenristek Dikti. (2018). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Khunaifi, M. dan A. Y. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra, 13(2), 1693–5705.

Lismina. (2017). Pengembangan Kurikulum. Uwais Inspirasi Indonesia.

Marzuki, & Khanifah, S. (2016). PENDIDIKAN IDEAL PERSPEKTIF TAGORE DAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Civics, 13(2).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: a Methods Sourcebook.

Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Bumi Aksara.

Nashiruddin, A., & Sumiyati, S. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini Era New Normal Di Kabupaten Pati. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(2), 76. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i2.25800

Nasron. (2017). Pola Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Nuansa, 2(1705045066), 1–111.

Nugraha, M. S., Supriadi, U., & Anwar, S. (2014). Pembelajaran PAI Berbasis Media Digital (Studi Deskriptip terhadap Pembelajaran PAI di SMA Alfa Centauri Bandung). Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 55–67.

Nurhayati, Y. (2018). PENERAPAN MODEL KIRKPATRICK UNTUK EVALUASI PROGRAM DIKLAT TEKNIS SUBTANTIF MATERI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI WILAYAH KERJA PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Andragogi : Jurnal DIklat Teknis, 6(2).

Ornstein, & Hunkins. (2013). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Pearson.

Qadratillah, M. T. (2011). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Ritonga, R., Saepudin, A., & Wahyudin, U. (2019). PENERAPAN MODEL EVALUASI KIRKPATRICK EMPAT LEVEL DALAM MENGEVALUASI PROGRAM DIKLAT DI BALAI BESAR PELATIHAN PERTANIAN (BBPP) LEMBANG. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1).

Saifulloh, A. M. (2011). Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA): Studi Multikasus di SMA Negeri 2 Lumajang dan SMA Jendral Sudirman Lumajang. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Samino. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Fairuz Media.

Sampurno, S. (2022). Evaluasi Program SKS dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 4 Bantul. IJAS: Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 66.

Sarmanu. (2019). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Statistika. Airlangga University Press.

Satriani. (2020). UPAYA SOLUTIF DALAM MENGATASI HAMBATAN PENGIMPLEMENTASIAN KOMPONEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Ibrah, 9(1).

Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey Bass.

Sudjana, N. (1989). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah.

Sukmadinata, N. S. (1997). Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmawati, F., Widyaningrum, R., Reksiana, Hasibuan, N., Rahmadi, Kurniawan, F., & Prihastari, E. B. (2023). Kajian dan Evaluasi Kurikulum. Pradina Pustaka.

Suparman, T. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. CV Sarnu Untung.

Susanto, A. (2009). Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Komite Rekonstruksi Pendidikan DIY bekerja sama dengan Gadjah Mada University Press.

Tafsir, A. (2011). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Remaja Rosdakarya.

Wirawan. (2016). Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Fadhillah Izzatun Nisa, and Tasman Hamami. 2023. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1374-86. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.548.

Issue

Section

Articles