Perbandingan Paradigma Epistemologi: Sumber Pengetahuan Perspektif Islam Dan Barat

Authors

  • Muhammad Hafizh Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Sarah Dina Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Widia Astuti Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Nur Wahyu Ningsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.598

Keywords:

Barat, Sumber-sumber Epistemologi, Filsafat Ilmu, Filsafat Islam

Abstract

Keberadaan ilmu pengetahuan dan manusia merupakan perwujudan bersama dalam kehidupan yakni dilandasi dari rasa keingintahuan manusia itu sendiri terhadap seluruh hal yang tersedia di semesta ini. Hadirnya epistemologi sebagai bagian dari cabang ilmu filsafat dikhususkan pada sumber dan metode pengetahuan, dalam dunia Islam dan barat ternyata memiliki perbedaan yang mencolok dalam epistemologi sumber dan metode terhadap ilmu pengetahuan. Riset ini bertujuan untuk menggali apa saja sumber dan metode pengetahuan dalam perspektif Islam dan Barat serta mengungkapkan perbedaannya. Metode penelitian yang diterapkan termasuk pada qualitative research melalui kajian pustaka (literature study). Teknik analisis data menggunakan descriptive causal terhadap data yang terhimpun. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa sumber pengetahuan barat berfokus pada rasionalitas dan empirisme dengan metode silogisme yang merujuk Aristoteles through’s, sedangkan Islam merujuk pada dalil naqli (al-Qur’an dan hadis) serta dalil ‘aqli (hati, rasio, dan empiris atau hissī) melalui metode induksi dan deduksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halik. (2020). Ilmu Pendidikan Islam: Perspektif Ontologi, Epistemologi, Aksiologi. Istiqra’, 7, 12–12.

Abduloh, A., & Hisam, A. (2020). “Pendidikan Hati menurut Al-Ghazali (Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom).” Tawadhu, 4(2), 1209–1277.

Agustini, H. (2021). Konsep Abu Hamid al-Ghazali dan Robert Frager tentang Hati (Issue 11160380000013).

Arifandy, M. (2018). Perbandingan epistimologi sebagai sumber ilmu pengetahuan menurut islam dan barat. November, 1–11.

Butar-Butar, N. (2021). Epistemologi Perspektif Barat dan Islam. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 01(02).

Darmayanti, H. (2019). Kisah-kisah dalam al-Quran perspektif Pendidikan. Jurnal Edukatif, V(1), 58–65.

Daulay, I. H. (2023). Hadis Dan Urgensinya Dalam Pendidikan. Al-Afkar : Journal for Islamic Studies, 6(1), 271–283. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.488.

Dewi Kania, D., Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti Jakarta, S., Zarman, W., & Tinggi Ilmu Dakwah Moh Natsir Jakarta, S. (2017). Value Education in The Perspective of Western and Islamic Knowledge. At-Ta’dib, 12(2), 1–24. https://doi.org/10.21111/At-Tadib.V12I2.1194

Dinata, S. (2021). Epistimologi Kritisisme Immanuel Kant. Kanz Philosophia A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 7(2), 217–236. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v7i2.183

Erwin Indrioko. (2020). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Hijri: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 9(1).

Faizi, N. (2023). Metodologi Pemikiran Rene Descartes (Rasionalisme) Dan David Hume (Empirisme) Dalam Pendidikan Islam. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.554

Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (2020). Filsafat: Sarana Berpikir pada Manusia. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Pascasarjana STAI Syamsul ’Ulum Gunungpuyuh, 1, 42–58.

Hasyim, M. (2018). Epistemologi Islam (Bayani, Burhani, Irfani). Jurnal Al-Murabbi, 3(2), 217–228. https://doi.org/10.35891/AMB.V3I2.1094

Ibad, M., Dwi, A., & Khalim, N. (2022). Epistemologi Ibnu Rusyd (Telaah Relasi Wahyu Dan Rasio). Jurnal Studi Islam, 14(1), 80–92.

Jujun S. Suriasumantri. (2015). Filsafat llmu. Surya Multi Grafika.

Kant, E., & Amano, T. (2006). Critique Of Pure Reason.

Kemenag. (n.d.). Al-Qur’an Hafalan, Q.S Al-Hasyr/59:7.

Musliknul Ibad, A. D. N. K. (2022). Epistemologi Ibnu Rusyd (Telaah Relasi Wahyu dan Akal). An-Nur: Jurnal Studi Islam, 14, 82.

Ali, Muhamad, and Didik Himmawan. 2019. “The Role Of Hadis As Religion Doctrine Resource,Evidence Proof Of Hadis And Hadis Function To Alquran (Peran Hadits Sebagai Sumber Ajaran Agama, Dalil-Dalil Kehujjahan Hadits Dan Fungsi Hadits Terhadap Alquran)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 5 (1, March):125-32. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v5i1.100.

Prastiko, T. Y. (2022). Dinamika Cuaca Dan Iklim Perspektif Al-Qur’an Dan Sains (Studi Tafsir MAfatif Al-Ghayb) [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/23467/

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa.

Rahman Arief, M. Z. A. (2023). Basic Assumption Of Human Science (Rationalism, Empirism, Criticism, Intuitionism) For The Development Of Science. Islamic Studies, 14, 24–31.

Roziq Syaifudin. (2013). Epistemologi Pendidikan Islam dalam Kacamata Al-Ghazali dan Fazlur Rahman. Episteme: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislam, 8(2).

Salminawati, S., & Hasibuan, F. H. (2021). Epistemologi perspektif barat & islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11192–11195.

Sayid Qutub. (2011). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan dalam Al-Qur’an dan Hadist. Humaniora, 2(2).

Sembodo Ardi Widodo. (2021). Filsafat Ilmu dan Pendekatan Keilmuan dalam Pendidikan. Idea Press Yogyakarta.

Shaffat, I., & Baru, R. (2019). Orientalists’ Perspectives on Hadith. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(11), 1326–1339. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v9-i11/6677

Sibawaihi. (2011). Filsafat Ilmu. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Silfi Nurmaila dan Cecep anwar. (2022). Gunung Djati Conference Series. 2.

Solihin, M. (2001). Epistemologi Ilmu Dalam Sudut Pandang Al-Ghazali. Pustaka Setia.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Syakirin, A. R. (2022). The Effect of Memory In tHe Practice of Reading The Qur’an In The Grabe By Santri Ponpes Al-Qur’an Buaran. 8(2), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/9wh5z

Theguh Saumantri. (2019). Analisis Filsafat, Agama dan kemanusiaan. Wacana Integrasi Ilmu Dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Yaqzhan, 5, 133. https://doi.org/https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.24235/jy.v5i2.5711?domain=https://www.syekhnurjati.ac.id

Vera, S., & Hambali, R. Y. A. (2021). Aliran Rasionalisme dan Empirisme dalam Kerangka Ilmu Pengetahuan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 59–73. https://doi.org/10.15575/jpiu.12207

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana, Penerbit.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Muhammad Hafizh, Sarah Dina, Widia Astuti, and Nur Wahyu Ningsih. 2023. “Perbandingan Paradigma Epistemologi: Sumber Pengetahuan Perspektif Islam Dan Barat”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1496-1509. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.598.

Issue

Section

Articles