Modernisasi Modernisasi Pendidikan Islam Perspektif Fazlur Rahman dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Mohammad Khatami Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sarah Dina

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.629

Keywords:

Pendidikan Islam, Fazlur Rahman, Pendidikan Kontemporer

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan mengenai pemikiran Fazlur Rahman tentang pendidikan dan relevanasinya dengan Pendidikan islam kontemporer. Latar belakang artikel ini berdasarkan pada realitas kemerosotan moral di tengah-tengah modernitas. Maraknya kasus dikotomi antara pelajaran agama dan pelajaran umum ke peserta didik. Peneliti memakai pendekatan kualitatif yang berjenis studi pustaka. Data primer menggunakan buku dari Sutrisno yang berjudul "Fazlur Rahman, kajian terhadap metode epistemologi dan sistem pendidikan". Data sekundernya berupa jurnal dan buku yang relevan. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dengan teknik analis konten (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, memaparkan biografi Fazlur Rahman. Kedua, pemikiran pendidikan Fazlur Rahman yang menekankan sejumlah konsep ajaran Islam terkait dengan dunia pendidikan. Ketiga, Menurut Rahman, terdapat beberapa permasalahan dalam pendidikan yang perlu diperbaiki, yaitu: (1) ketidakselarasan tujuan pendidikan Islam dengan tujuan positif, (2) adanya dikotomi dalam sistem pendidikan Islam yang menyebabkan pembelajaran yang terfragmentasi, (3) rendahnya kualitas siswa, (4) kesulitan dalam menemukan pendidik berkualitas, profesional, dan memiliki pemikiran yang kreatif dan terintegrasi, serta (5) keterbatasan ketersediaan buku di perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Muhammad Iqbal. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Armansyah, A. D., & Aziz, A. N. (2023). Perkembangan Tokoh dan Agama Islam di Pakistan. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan, 3(1), 25–38.

Aziz, N. (2019). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Filsafat Pendidikan Dalam Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 19(2), 82–93. https://doi.org/10.32699/mq.v19i2.1605

Dinata, S., Latipah, E., & Izzah, I. (2023). FAZLUR RAHMAN : ESENSI PENDIDIKAN ISLAM. OURNAL REGYRESEARCH IN EDUCATION AND TECHNOLOGY, 2(1), 44–52.

Fathonah, P. (2018). Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 78.

Fathorrahman, E. Z. (2022). MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVENSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ( TELA ’ AH PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN ) 2 Ervina Zulfa. Jurnal Reflektika, 17(2), 431–460.

Hamsah, M., & Nurchamidah. (2019). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Neo-Modernisme. 5(2), 158–159.

Junaidi, S., Matroni, F., Pamekesan, M., & Sumenep, S. P. (2022). PEMIKIRAN MODERNIS MU

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Mohammad Khatami, and Sarah Dina. 2024. “Modernisasi Modernisasi Pendidikan Islam Perspektif Fazlur Rahman Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (1):184-94. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.629.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)