Pemikiran Prof. H.M. Arifin, M. ED. Tentang Pendidikan (Religius-Rasional) Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Fithriyyah Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muh. Wasith Achadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.611

Keywords:

Prof. H.M. Arifin, M.Ed, Pendidikan Islam, Religius-Rasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami, serta menambah wawasan keilmuan terkait pemikiran Prof. H.M. Arifin, M.Ed tentang pendidikan (religius-rasional) dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif melalui pendekatan deskriptif analitik dengan jenis tulisan kepustkaan (library research) dimana data berasal dari penelusuran literatur ilmiah secara sistematis pada artikel-artikel yang relevan, jurnal, buku, dan dokumen yang membahas secara signifikan sesuai dengan judul penelitian. Adapun hasil penelitian yaitu Kecenderungan pemikiran religius rasional pemikiran tentang pendidikan yang digagaskan Prof. H.M. Arifin, M. Ed memiliki relevansi dengan pendidikan Islam kontemporer dengan kondisi masyarakat indonesia yang religius dan multikultural. Dari segi pemikirannya dengan prinsip-prinsip pendidikan yang dikembangkan mengerucut pada aktualisasi manusia sebagai makhluk istimewa dan sangat tepat direfleksikan dalam dunia pendidikan saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, Putri Robiah. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif H. Muzayyin Arifin.” UIN Syarif Hidayatullah, 2018.

Arifin, H. Muzayyin. ILMU PENDIDIKAN ISLAM Tinjauan Teoretis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Cetakan keenam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Arifin, H.M. Arifin. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Chailani, M.I. “Pemikiran Harun Nasution Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Era Modern.” Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2019). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/download/207/174.

Haris, Muhammad. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif H.M Arifin.” Jurnal Ummul Quro VI, no. 2 (September 2015). https://core.ac.uk/download/pdf/268132863.pdf.

M. Arifin. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pmebentukan Karakter. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Mufran, Ali. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aura Pustaka, 2013.

Nata, Abuddin. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Quran. Jakarta: Prenada Media Grup, 2016.

Sadulloh, Uyoh. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta, 2014.

Sylvia, I Luh Aqnez. Guru Hebat Di Era Milenial. Indramayu: CV Adanu Abimata, 2021.

Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. Integrasi Pendidikan Islam Dan Sains: Rekomendasi Paradigma Pendidikan. Ponorogo: : CV Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Fithriyyah, and Muh. Wasith Achadi. 2023. “Pemikiran Prof. H.M. Arifin, M. ED. Tentang Pendidikan (Religius-Rasional) Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1340-49. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.611.

Issue

Section

Articles