Tinjauan Historis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Fithriyyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.626

Keywords:

Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Islam, Tinjauan Historis

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menejelaskan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam berdasarkan tinjauan historis dengan menggunakan metode penelitian library research, yaitu pendekatan kepustakaan dengan mengkaji buku, jurnal, dan sumber-sumber lain yang relevan. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam dalam tinjauan sejarah dari masa kemerdekaan hingga reformasi terus mengalami perubahan sosial dengan kondisi dan kebutuhan. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam terbagi atas 3 masa; yaitu pertama masa orde lama, dimana pada masa ini terjadi 3 perubahan kurikulum yaitu kurikulum 1947, 1952, dan 1964; kedua pada masa orde baru, terjadi 4 perubahan yaitu kurikulum 1968, 1975, 1984 dan kurikulum 1994; ketiga masa reformasi, terjadi 4 perubahah kurikulum yaitu kurikulum 2004 (KBK), kurikulum 2006 (KTSP), kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, M. “Dinamika Kurikulum Di Indonesia.” Jurnal Program Studi PGMI 4, no. 2 (2017). https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/128.

Ayuhana, Maherlina Muna. “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Indonesia (Anlisis Tujuan Dan Materi Ajar Kurikulum 1994, 2004, 2006, 2013).” Jurnal Tarbawi 12, no. 2 (2015). http://digilib.uin-suka.ac.id/17471/1/1320410017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf.

Dakir. Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Dhaifi, Ahmad. “Perkembangan Kurikulum PAI Di Indonesia.” Edureligia Pendidikan Agama Islam 01, no. 01 (2017). https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.47.

Didik Himmawan, Syaefulloh, Sofyan Sauri, & Azi Khoirurrahman. (2023). PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.61166/manajia.v1i1.3

Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Cetakan II. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

JDIH BPK RI Database Peraturan. “Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.” Accessed March 2, 2023. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.

Khoirurrijal, Fadriati, and Sofia. Pengembangan Kuikulum Merdeka. Cetakan I. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Kiptiyah, Maryatul, Sukarno, and Minna El WIddah. “Sejarah Perkembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Indonesia (Anlisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam).” Jurnal Literasiologi 6, no. 2 (2021). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.

Kusmiran, Khairunnas Rajab, and Muhammad Faisal. “Analisis Kebijakan Kuriikulum Pendidikan Agama Islam Di Indonesia.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.79.

Maragustam. “Paradigma Holistik-Integratif-Interkonektif Dalam Filsafat Manajemen Pendidikan Karakter.” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 11 (2015).

Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: Pustaka Pelajar, 2003.

Muhammad, Abdullah. “Eksistensi Pendidikan Agama Islam Dan Perkembangannya Di Sekolah Umum.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 1, no. 2 (2021).

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Munandar, Arif. Pengantar Kurikulum. Deepublish, 2018.

Nasution, S. Kurikulum Dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Ornstein, Allan, and Francis Hunkins. Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Boston: Pearson, 2013.

Ornstein, Allan, and Daniel Levine. Fondation of Education. Boston: Houghton Mifflin Company, 2008.

Posangi, Said Subhan. “Landasan Kurikulum Pendidikan Islam.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020). https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2049.

Rahmat, and Mujahidin Almubarak. “Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Al-Ilmi Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2021). https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/ilmi/article/view/927/497.

Reksiana, and Fasha Adlia. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Indonesia (Studi Terhadap Kebijakan Kurikulum Di Madrasah.” Prosding: The Annual COnference on Islamic Religious Education 2, no. 1 (2022). http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1997.

Sukmadinata, Nana Syaodih, and Erliana Syaodih. Kurikulum Dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Adimata, 2012.

Sutrisno, and Muhyidin Albarobis. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Tang, Muhammad. “Kajian Religius-Historis Pendidikan Islam Di Indonesia.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2018). https://dx.doi.org/10.54180/elbanat.2018.8.1.52-74.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Fithriyyah. 2023. “Tinjauan Historis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1760-68. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.626.

Issue

Section

Articles