Implikasi Self Efficacy Albert Bandura Dalam Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.618Keywords:
Self Efficacy, Pendidikan Agama IslamAbstract
Self efficacy akan membantu seseorang membuat pilihan dan upaya untuk maju, ketekunan dan kegigihan yang ditunjukkan dalam memecahkan masalah, dan tingkat ketenangan atau kecemasan yang dialami ketika menyelesaikan tugas dalam hidup mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi self efficacy dalam Pendidikan Agama Islam, baik itu self efficacy yang dimiliki oleh guru maupun siswa. Metode yang digunaka dlaam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian kepustakaan (library research), teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu teknik dokumentasi, dengan mengumpulkan buku atau artikel yang berkeitan dengan tema penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian yaitu guru yang memiliki self efficacy yang tinggi akan mempunyai keyakinan untuk melakukan tugasnya sebagai guru dalam mengembangkan kemampuan siswa dengan berbagai cara yang dimiliki guru tersebut pada proses pembelajaran. Tingginya efikasi diri membuat guru semakin kereatif dan pawai dalam mengembangan strategi pembelajajran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Self efficacy yang dimiliki siswa membantu mereka membuat keputusan dan berusaha untuk maju, mendapatkan tekad dan ketekunan, yang tercermin dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan, dan kemampuan untuk mengendalikan tingkat kecemasan dengan lebih baik saat dihadapkan dengan kesulitan. Self efficacy yang kuat mendorong siswa untuk tetap tenang dan mencari solusi serta intospeksi pada kekurangannya sendiri.
Downloads
References
Alwisol. (2010). Psikologi Pendidikan. Malang: UMM Press
Amin, A.R. (2015). Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: PT LkiS Printing Cemerlang.
Bandura, A. (1986). Social Foundation of Thought and Action: A Social Cognitive theory. New Jersey: Prentice-Hall.
_______ (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press. (Reprinted in H. Friedman [Ed.], Encyclopedia of mental health. San Diego: Academic Press, 1998).
_______ (1997). Self-efficacy: unifying theory of behavior The exercise of control. New York: Free man.
Fiantika, F.R., dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuatitatif. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Tekologi.
Fitriyah, L.A., dkk. (2019). Menanamkan Efikasi Diri dan Kesetabilan Emosi. Jawa Timur: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Florina, S., & Laurence Zagota. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol 2 (2), 386-391.
Ghufron, dkk. (2014). Teori -Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Aksara.
Hamzah, Amir. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Mustaqim. (2001). Psikologi Pendidikan. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Schunk, D & Frank Pajares. (2009). Self Efficacy Theory. Hand Book.
_______ (2005). Development of Academic Self-Efficacy. San Diego: Academic Press.
Sihaloho, Lasmita, dkk. (2018). Pengaruh Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Efikasi Diri Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol 6 (2), 121-136.
Wahyuni, E.N., & Alfin Mustikawan. (2012). Self efficacy guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa: Penelitian survey terhadap guru-guru pendidikan agama Islam madrasah di Jawa Timur Madrasah di Jawa Timur). Surabaya: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS).
Yahaya, A., dkk. (2005). Aplikasi Kognitif dalam Pendidikan. Malaysia: PTS Professional Publishing Sdn.Bhd.
Yapono, F., & Suharnan. (2013). Konsep Diri, Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol.2, (3), 208-216.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novita Hidayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.