Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pemenuhan Tuntutan Kompetensi Critical Thinking Di Era 21
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.628Keywords:
Pengembangan Kurikulum, Critical ThinkingAbstract
Kurikulum mengalami perubahan terus menerus dan membuat tuntutan kompetensi yang lebih pada system pendidikan. Hal itu membuat pemerintah memutuskan adanya pengembangan kurikulum pada era 21, khususnya pada pendidikan agama Islam. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dan tututan kompetensi critical thinking. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library researc), teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, ialah mengumpulkan dokumen – dokumen yang sesuai dengan judul penelitian, seperti buku, jurnal, artikel, dan sejenisnya, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan tujuan untuk menemukan rumusan terbaik dalam mengatur dan membuat seperangkat rencana mengenai tujuan, materi, dan bahan ajar guna menjadi panduan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu yang sudah disepakati. Kompetensi critical thinking dalam proses pembelajaran merupakan bagian dari tuntutan pengembangan kurikulum pendidikan. critical thinking merupakan kompetensi yang tidak hanya harus dimiliki oleh siswa tetapi juga harus dimiliki guru. Segala aktivitas yang membuat siswa berpikir kritis dalam memecahkan masalah, berkomunikasi, menyaring informasi, dan mencetuhkan inovasi bersama menjadi poin yang wajib ada dlam pembelajaran.
Downloads
References
Ahmad, M., dkk. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Hikmah. Vol.15 (1). https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: BSNP
Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka.
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dewi, D.R., & Tasman Hamami. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Mengahadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. As-Salam: jurnal HUkum Islam & Pendidikan. Vol. 8 (1), 1-22.
Fiantika, F.R., dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuatitatif. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Tekologi.
Gatoh, Yasushi. (2016). Development of Critical Thinking with Metacognitive Regulation. Niigata University: International Converence on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA).
Hamami, M. Z. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era 4.0. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2, 251-275. Retrieved April 1, 2023, from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Hernawan, A.H., dkk. (2010). Materi Pokok Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, Cet.14. hlm. 34-39.
Hidayah, Ratna, dkk. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia. Vol.1 (2). 127-133.
K., Syarifuddin. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Deepublish.
Kadeni. (2014). Pentingnya Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran. Equilibrium. Vol.2.
Maragustam. (2015). Paradigma Holistik-Integratif-Interkonektif Dalam Filsafat Manajeman Pendidikan Karakter. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 11, 22– 23.
Rahmat. (2018). Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Ilmi: Jurnal Pendidikan Islami. 146-155.
Sukmadinata, N.S. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sumantri, B.A. (2019). Pengembanga kurikulum di Indonesia Mengadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta’lim. Vol.18 (1), 27-50.
Suryadi, R. A. (2018). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Tilar, H.A.R. (2011). Pedagogic Kritis, Perkembangan Substansi, dan Perkembagannya di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Wafi, Abdul. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.1, No.2, 113-139.
Winarso, Widodo. (2015). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Cirebon: CV. Confident
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novita Hidayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.