Pengukuran Kinerja Pemimpin Pendidikan Menggunakan Metode Balance Score Card pada Pengembangan Perspektif Pelanggan (Studi Pada MTs Yaspida Sukabumi Jawa Barat)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.625Keywords:
Pemimpin Pendidikan, Balace Score Card (BSC), Perspektif Pelanggan, MTs Yaspida SukabumiAbstract
Organisasi dituntut untuk saling berkopetisi, tidak hanya mempertahankan kelangsungan hidupnya tetapi organisasi juga harus unggul secara berkelanjutan, tak terkecuali organisasi sektor publik yang bertugas melayani masyarakat. Dalam menghadapi persaingan yang ketat seperti saat ini, suatu organisasi harus mempertahankan aset-aset yang dimilikinya agar mampu menghadapi persaingan itu. Salah satu aset yang tak luput menjadi perhatian adalah sumber daya manusia dalam suatu organisasi. Manusia menjadi aset yang unik, karena merupakan satu-satunya aset yang bernyawa, sehingga diperlukan treatment khusus untuk menjaga loyalitasnya kepada organisasi. Salah satu unsur yang cukup menentukan dalam upaya manajemen sumber daya manusia pada suatu organisasiadalah manusianya. penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara puposive, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/ kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini, Balance scorecard memperluas perspektif yang harus diperhatikan dalam pengukuran kinerja. Tiga perspektif yang harus mendapatkan perhatian yakni pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Kemapanan Lembaga harus melalui tiga tahap, Growth (berkembang), Substain Stage (bertahan) kemudian Harvest (panen) terhadap investasi mereka.
Downloads
References
Abdurrahmat Fathoni, Organisasi & Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), hlm.8
Amirudin dan Zainal Asikun, Pengantar Metode Penelitian Hukum, (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2003, hlm. 3
Azhar Arsyad, Pokok-Pokok Manajemen: Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan dan Eksekutif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003), hlm. 68
Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian(Jakarta: Bumi Aksara, 2007), hlm. 83
Didik Himmawan, Syaefulloh, Sofyan Sauri, & Azi Khoirurrahman. (2023). PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.61166/manajia.v1i1.3
Fredi Rangkuti, SWOT BALANCE SCORECARD( Jakarta:PT Gramedia Utama, 2011), Hlm. 3
Hadari Nawawi, Op. Cit, hlm. 248
Indria S T, Pengaruh Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Perguruan Tinggi: Perspektif Non Financial. Yogyakarta. 2020
Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2004), hlm. 19
Prasetya Irawan, “Logika dan Prosedur Penelitian Pengantar Teori dan Panduan Praktis Penelitian Sosial Bagi Mahasiswa dan Peneliti Pemula”, (Jakarta : Pengembangan STLALAN, 1998), hlm. 86.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008), hlm. 15
Sutrisno Hadi, Metode Research jilid 2, (Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1983), hlm. 65
Syaefulloh, Didik Himmawan, Sofyan Sauri, & Ujang Cepi Barlian. (2023). PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI MELALUI PENJAMINAN MUTU INTERAL PERGURUAN TINGGI. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.61166/manajia.v1i1.2
Veithzal Rivai dan Ella Jauvani Sagala, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, ( Jakarta: PT RajaGrapindo Persada, 2009), hlm.610
Vivi Febrian, Evaluasi Kinerja Fakultas Teknologi Industri Universitas Atmajaya Yogyakarta Dengan Pendekatan Balance Scorecard, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2011
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iim Wasliman, Uce Gunawan, Muhammad Firman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.