Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di SD Negeri Sukapura 2 Rawamerta Karawang

Authors

  • Wina Nengsih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oyoh Bariyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.630

Keywords:

Implementasi kurikulum 2013, Peningkatan, Efektivitas pembelajaran

Abstract

Pembelajaran produktif dengan acuan Kurikulum 2013 bisa dikatakan efektif apabila memenuhi kaidah-kaidah pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dan memenuhi kualifikasi pembelajaran efektif sesuai dengan standar proses yang ditetapkan pemerintah disertai dengan pendapat para ahli pembelajaran tentang efektivitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui cara pengimplemetasian pelaksanaan proses pembelajaran pada kurikulum 2013 di SDN Sukapura 2, untuk Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas dan guru mata pelajaran. Instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Cara pengimplementasian kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di SDN Sukapura 2 yaitu dengan guru memerintahkan siswa untuk berdoa lalu mengabsen, selanjutnya sumber belajar siswa yang di gunakan adalah buku paket sedangkan sumber belajar guru yang digunakan adalah buku paket dan internet yang mendukung materi belajar, untuk penutupan proses pembelajaran guru akan mereview dari awal materi pembelajaran selanjutnya melakukan penilaian (evaluasi). 2). peda pengimplemensian kurikulum 2013 di SDN Sukapura ini hambatan yang alami para guru yaitu penerapannya yang harus di dukung dengan media pembelajaran dan sarana prasarana di sekolah yang masih terbatas. 3). Efektivitas kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SDN Sukapura 2 sudah efektif karena siswa sudah mulai mengalami kemajuan dalam pembelajaran, sikap dan juga keterampilan, karena rata-rata nilai prestasi belajar siswa sudah mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulaya, E. (2018). Implemetasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Permendikbud No. 81A. (2013). Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ardhian, Singgih, Pamungkas. (2017). Implemetasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SD Negeri Siyono 1 Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi. Yogyakarta: Univeritas Negeri Yogyakarta.

Cici, Alfiana. (2019). Efektivitas Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas XI SMA Negeri 5 Bone. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ikhlima, Yaumil, Fitri, Bansu. (2017). Efektivitas penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 2 Wonomulyo Provinsi Sulawesi Barat. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hidayati, Wiji. (2016). Manajemen Kurikulum Pendidikan agama islam dan budi pekerti jenjang SMA Bermuatan keilmuan integritas interkoneksi. Jurnal manajemen Pendidikan islam. Vol 1, No. 2, November 2016. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sutama, Gilang Ary Sandy, Djalal Fuadi. (2017). Pengelolaan penilaian autentik kurikulum 2013 mata pelajaran matematika di SMA. Jurnal manajemen Pendidikan. Vol 12, No. 1, januari 2017, hlm: 105.ma Islam

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Wina Nengsih, Oyoh Bariyah, and M Makbul. 2023. “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Di SD Negeri Sukapura 2 Rawamerta Karawang”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1618-25. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.630.

Issue

Section

Articles