Pelaksanaan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Berbasis Daring dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di SD Negeri Sukapura II Rawamerta Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.635Keywords:
Sarana dan prasarana, pandemicAbstract
Berhasilnya tujuan pendidikan dalam proses belajar mengajar salah satunya dipengaruhi oleh faktor ketersediaan sarana dan prasarana yang cukup dan memadai. Pandemi Covid-19 menjadikan permasalahan pada dunia pendidikan yaitu metode pembelajaran yang berubah dan harus dijalankan secara online atau daring. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana di masa pandemi dalam meningkatkan kualitas belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan ilmu kepada lembaga sekolah umumnya terkait pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas belajar. Adapun metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Penelitian ini berlokasi di SD Sukapura II Rawamerta Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sarana dan prasarana yang digunakan untuk menunjang berjalannya proses pembelajaran dengan teknologi (smart phone) dan memanfaatkan aplikasi seperti grup whatsapp, google classroom. Di lembaga pendidikan SDN Sukapura II ini banyak peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar yaitu jaringan internet yang kurang bagus, dan sebagian peserta didik ada yang tidak mempunyai smart phone, minimnya orang tua dan peserta didik dalam pengetahuan teknologi, pada saat penularan covid-19 sudah mereda pemerintah mengeluarkan kebijakan baru diperbolehkannya luring atau pembelajaran tatap muka dengan tetap mematuhi dan menyediakan sarana prasarana sesuai dengan standar protokol kesehatan, seperti SDN Sukapura II menyediakan wastafel, handsanitizer di setiap ruangan kelas, pengecekan suhu di depan gerbang sekolah.
Downloads
References
Apriliani Dwi, R & Roesminingsih, E. (2021). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(04), 952-964.
Arifa Nurul, F. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid19. Info Singkat Puslit, XII(7). 13- 18.
Dyah, S & Trihartoyo, S. (2021). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(3), 516-531.
Indrawan, Irjus. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish. Kingramli.com (2020). Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 (SE Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020). https://www.kingramli.com/2020/0 4/edaran-mendikbud-nomor36962mpkahk2020.html?m=1 Diakses 16 Mei 2022 Pukul 22:00
Putri Anggela, R. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Ristianah, N. (2018). Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Intizam, 2(1), hal 65-76.
Setyaningih , S. (2018). Pengelolaan Sarana Prasarana dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Universitas Negeri Semarang, 13(1), 62-71.
Sholihah, N. K. (2020). Management Of Education Facilities and Infrastructure. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 387(ICEI). 102-105.
Suharsimi, A. (1993). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejujuran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rahayu, S. M., & Sutama. (2016). Penyelenggaraan Tata Kelola Sarana dan Prasarana Pendidikan Lembaga Pendidikan Menengah Pertama. Jurnal Varidika, 27(2), 123-129.
Suryadi, B & Rahmawati, S. (2018). Otomatisasi Dan Tata Kelola Sarana dan Prasarana C3. Jakarta: Grasindo.
Putri, E. S. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Proses Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 1 Harau. Tesis: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ervina Sari, Oyoh Bariyah, M Makbul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.