IMPLEMENTASI KOMPETENSI DOSEN DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL MAHASISWA UNTUK KEBUTUHAN DUNIA KERJA

Authors

  • Juliastuti Universitas Cendekia Abditama

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.837

Keywords:

Kompetensi Dosen, Soft skill, Dunia Kerja

Abstract

Di era revolusi  industri 4.0, tuntutan kompetensi dosen semakin berat dan semakin sulit. Dunia kerja membutuhkan tenaga kerja yang memiliki soft skills yang baik, untuk itu dosen harus memiliki kompetesi dasar dosen dalam meningkatkan soft skills  mahasiswa guna memenuhi tuntutan dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi kompetensi dosen dalam meningkatkan soft skill mahasiswa untuk kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan library research. kualitatif deskriptif yakni suatu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan serta menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran, baik individu maupun kelompok. Sedangkan metode library research, digunakan untuk mempelajari berbagai artikel ilmiah, jurnal-jurnal penelitian, via internet, buku-buku, dan sumber-sumber data atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian atau yang terkait dengan pembahasan dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan data primer melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, dan data sekunder melalui bahan-bahan penelitian yaitu buku, artikel ilmiah, jurnal, majalah dan lain-lain. Hasil penelitian ini adalah dunia kerja membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai soft skill, maka kurikulum bermuatan soft skill di berlakukan di perguruan tinggi. Salah satu kemampuan soft skill yang di butuhkan di dunia kerja adalah: kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, bernegosiasi dengan orang lain, kemampuan menyelesaikan masalah dan keterampilan bekerja sama. Sejalan dengan itu ada empat kompetensi yang dimiliki oleh dosen dalam pembelajaran untuk meningkatkan soft skill diantaranya adalah kompetensi pedagogik, kompetensi profesional,  kompetensi kepribadian, dan kompetensi social. Implementasi kompetensi dosen tersebut dapat mempengaruhi peningkatan soft skill mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aly, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Ishraqi, 1(1), 18–30. https://doi.org/10.23917/ishraqi.v1i1.2926

Dau, Y. L. D. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI DOSEN, PERILAKU BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KUALITAS SOFT SKILL MAHASISWA STIPAS KEUSKUPANG AGUNG KUPANG. Jurnal Selidik, 1(2), 23–39.

Fatiyah, F., & HA Manap, M. T. (2015). Pengaruh Soft Skill Terhadap Pelaksanaan Praktik Industri Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 3(3), 33.

Firdaus, I. (2017). Urgensi Soft Skills Dan Character Building Bagi Mahasiswa. Jurnal TAPIs, 13(1), 60–73.

Haryati, S. (2015). Upaya Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Seminar Ilmiah Semesteran Korpri Sub Unit Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, 1(2), 66–75. http://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/upaya-peningkatan-soft-skill-mhs-PT.pdf

Hasibuan, S. (2020). 10 Atribut Soft Skill Yang Harus Dimilik. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/sitishasibuan2825/5f1bb087d541df60d05a7023/pentingnya-soft-skill

Helena, J., & Thomas, B. (2016). an Investigation Into the Soft Skills That Employers in Zimbabawe Expect Graduate Jobseekers To Possess: a Study of Five Companies Under the Industrial Development Corporation of Zimbabwe (Limited) Group. Global Journal of Human Resource Management, 4(2), 2053–5694. www.eajournals.org

Himmawan, D., & Kusmiatun. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Karier Dalam Meningkatkan Minat Siswa Yang Tidak Mampu Untuk Melanjutkan Studi. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31943/counselia.v2i2.9

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah Indonusa, 15(2), 330–338. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/2368

Murtianingsih, M. (2018). Upaya Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Project Dalam Mata Kuliah Business Practice. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 49–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.14

Muzawwir, A. (2022). KONTRIBUSI SOFT SKILL DAN HARD SKILL BAGI PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH AL WASHLIYAH KEDAI SIANAM KABUPATEN BATU BARA DI ERA DISRUPSI DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Al-Fathonah : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(5), 536-563.

Prayitno, H. J., Sutama, Fuadi, D., Nurhidayat, & Ratih, K. (2019). Desain dan Pedoman Pembelajaran. In Muhammadiyah University Press (Issue Februari).

Pulungan, D. R., & Arda, M. (2019). Kompetensi Dosen dan Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(2), 115–124. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3288

Rosmiaty, A. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Alauddin Makassar.

Schmidt-Wilk, J., & Lovelace, K. (2017). Helping Students Succeed through Engagement and Soft Skills Development. Management Teaching Review, 2(1), 4–6. https://doi.org/10.1177/2379298116687684

Siahaan, L., Milawati, Don Bosko, Y., & Bowleyn, E. F. (2022). Upaya Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Psikologi UM, 8(10), 1–8(April), 53–57. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/2848

Situmorang, B. (2014). Manajemen Peningkatan Soft Skills Mahasiswa Teknik FT UNIMED Melalui Implementasi Tujuh Kompetensi Kunci Dosen dalam Pembelajaran. Majalah/Jurnal Generasi Kampus, 7(2), 189–328.

Suarjana, A. A. G. M. (2022). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Dalam Upaya Mewujudkan Integrasi Kompetensi Hard skill, Soft Skill Lulusan Akuntansi. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 18(2), 125–137. https://doi.org/10.31940/jbk.v18i2.125-137

Sugraini, T., & Cerya, E. (2023). Pengaruh Persepsi Mahasiswa terkait Proses Pembelajaran dan Praktek Pelaksanaan Magang Terhadap Pengembangan Soft Skill Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17947–17954.

Tosepu, Y. A. (2019). Skills yang Harus Dimiliki Lulusan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0. In Kajian: The Future of Global Higher Education (Vol. 0).

Wahyudi, M. A. (2018). Karakter yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Plimbi. https://www.plimbi.com/article/170710/karakter-yang-dibutuhkan-dalam-dunia-kerja

Wikipedia. (2023). Role model. https://en.wikipedia.org/wiki/Role_model

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, April, 1–18.

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Juliastuti. 2024. “IMPLEMENTASI KOMPETENSI DOSEN DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL MAHASISWA UNTUK KEBUTUHAN DUNIA KERJA”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):544-59. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.837.

Issue

Section

Articles