Penggunaan Media Grafis Dalam Mempermudah Pemahaman Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 Di MI Darut Taqwa Purwosari
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.1323Keywords:
Pemahaman, Peserta Didik, Media GrafisAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan terhadap penggunaan media grafis, mencakup jenis, langkah-langkah dalam penggunaannya serta kelemahan dan kelebihan penggunaan media grafis. Namun, artikel ini lebih memfokuskan kajiannya terhadap penggunaan media grafis yang dirasa dapat mempermudah pemahaman pada mata pelajaran fiqih kelas 1. Dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik fokus perhatian peserta didik dikelas akan lebih tertuju pada satu hal yang lebih kongkrit, hal ini merupakan salah satu faktor untuk mempermudah pemahaman mereka dalam proses belajar. Metode pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. penggunaan media grafis dalam penyampaian pembelajaran fiqih di kelas 1 terbukti dapat mempermudah pemahaman mereka mengenai apa yang sampaikan dan mengurangi kesulitan pendidik dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan media grafis juga mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya adalah dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman peserta didik dan dilengkapi warna-warna yang menarik sehingga peserta didik tidak bosan saat pembelajaran. Sedangkan kelemahannya adalah terlalu sulit untuk pembagian sub bab materi yang banyak dalam kelaompok besar dan membutuhkan kejelian pendidik untuk memanfaatkan media grafis tersebut.
Downloads
References
Agustiningrum, Indah Auliya, Pinkan Amita Tri Prasasti, and Ivayuni Listiani. “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (2023): 1596. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2628.
Alti, Rahmi Mudia, Putri Tipa Anasi, Dumaris E Silalahi, Lina Arifah Fitriyah, Hafidhah Hasanah, Muh. Rijalul Akbar, Teguh Arifianto, et al. Media Pembelajaran, 2022.
Amari, Rizqa Oktavia. “Penggunaan Media Grafis Dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Mempermudah Pemahaman Siswa Kelas 9 Di MTsN Karo” 3, no. 4 (2023): 31–41.
Didik Himmawan, Syaefulloh, Sofyan Sauri, & Azi Khoirurrahman. (2023). Peran Tenaga Pendidik Dalam Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Emas Indonesia. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.3
Efendi, Syafrizal. “Penggunaan Media Grafis Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 24 Koto Malintang.” Jurnal Sosial Sains, 2021. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i7.155.
Faujiah, N, Septiani. A.N, T Putri, and U Setiawan. “Kelebihan Dan Kekurangan Jenis-Jenis Media.” Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik 3, no. 2 (2022): 81–87.
Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, HarahapTuti Khairani, and Tasdin Tahrim. Media Pembelajaran. Tahta Media Group, 2021.
Kristanto, Andi. “Media Pembelajaran.” Bintang Sutabaya, 2016, 1–129.
Muhammad Nur Hadi, Syaifullah, and Wiwin Fachrudin Yusuf. “Inovasi Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Mu’allim 4, no. 1 (2022): 53–66. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i1.2948.
Naimah, Sulfatun, M Anang Sholikudin, Wiwin Fachrudin Yusuf, and Achmat Mubarok. “Implementasi Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mapel Fiqih Siswa Kelas IV Di MI Roudlotul Mubtadiin” 30, no. 02 (2023): 82–91.
Nova Ardiana, & Didik Himmawan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media Smart Spinner Di SDN 1 Kedokanbunder. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.11
Pagarra, Hamzah, Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto, and Sayidiman. Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, 2022.
Permadi Affan, and Muhajir. “Faktor Pendukung Dan Penghambat Media Pembelajaran Seni Budaya Di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi Affan Permadi Muhajir.” Jurnal Pendidikan Seni Rupa 3 (2015): 203–10.
Pramusinta, Yulia. “Penggunaan Media Grafis (Peta Konsep) Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Mempermudah Pemahaman Siswa Kelas V Mi Darul Ulum Bojonegoro.” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 1 (2020): 69. https://doi.org/10.30736/atl.v1i1.77.
Romadhon, Shoimatul Hikmah, Program Studi, Pendidikan Agama, Universitas Yudharta Pasuruan, Wiwin Fachrudin Yusuf, Program Studi, Pendidikan Agama, et al. “Video Pada Pembelajaran Pai Di Smk Darut Taqwa” 13 (2023): 14–20.
Wardoyo, Eko Hardi. “Efektivitas Media Grafis Dalam Menunjang” 4 (2017): 179–89.
Wiwin Fachrudin Yusuf, Sofia Imro’atus Solikha. “Manajemen Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Cerdas Cermat Agama Islam Di SDN Glagahsari 1 Sukorejo Pasuruan.” Journal Multicultural of Islamic Education Volume 6, no. 1 (2022): 4–12.
Wiwin Fachrudin Yusuf, Wiwin Fachrudin Yusuf. “Media Limbah Botol Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pai Di Ra Miftahul Khoir I Karangrejo Purwosari.” Jurnal Al-Murabbi 1, no. 1 (2017): 117–40. https://doi.org/10.35891/amb.v1i1.390.
Wuni, Yusti Aulia, Wiwin Fachrudin Yusuf, Anang Sholikhudin, Achmad Yusuf, and ... “Implementasi Inquiry Learning Pada Materi PAI Kelas X DI SMK Darul Ulum Purwodadi Pasuruan.” Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9, no. 2 (2023): 494–504. http://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/570.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Faiza, Wiwin Fachrudin Yusuf, Achmad Yusuf, Askhabul Kirom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.