Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Agama Islam Di Desa Karangjati Kecamatan Pandaan Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1352Keywords:
Persepsi Masyarakat, Pendidikan, Pendidikan Agama IslamAbstract
Persepsi merupakan suatu proses yang dipelajari melalui interaksi dari lingkungan sekitar. Persepsi diberikan seseorang bisa menjadi tanggapan positif dan negatif. Tanggapan positif yang berarti tanggapan yang baik berupa rasa senang sehingga dalam memberikan respon dan selanjutnya akan menampakkan kecenderungan untuk berbuat. Latar belakang penelitian ini yakni pendidikan merupakan hak dari setiap anak yang seharusnya diberikan oleh orang tua terhadap anaknya dalam keluarga terutama pendidikan Agama Islam. Akan tetapi realitanya hal tersebut tidak dapat diberikan karena kesibukan orang tua dalam bekerja untuk mencukupi kebutuhan dalam rumah tangga, selain itu masyarakat juga memiliki minat rendah pada lembaga pendidikan yang berbasis Agama dan juga kurangnya pengetahuan masyarakat tentang lembaga pendidikan yang berbasis Agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pendidikan Agama Islam di Desa Karangjati Kecamatan Pandaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan latar Masyarakat muslim Desa Karangjati Kecamatan Pandaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian ujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pemahaman Masyarakat tentang Agama Islam di Desa Karangjati Kecamatan Pandaan terbilang cukup baik. Mereka memiliki pandangan bahwasannya Agama Islam tidak hanya berkaitan dengan ibadah saja melainkan juga untuk kehidupan bermasyarakat. 2) Tanggapan Masyarakat Desa Karangjati Kecamatan Pandaan tentang pendidikan Agama Islam, pendidikan Agama Islam akan menghasilakan anak-anak yang berakhlak baik berpengetahuan Islami serta pendidikan ini merupakan tanggungjawab bersama. 3) Peran dalam pelaksanaan pendidikan Agama Islam berjalan dengan baik, hal ini telihat dari kegiatan masyarakat yang ikut dalam kegiatan keagamaan dan anak-anak yang ikut kegiatan TPQ dan Madrasah Dniyah setiap hari.
Downloads
References
Asiyah, Nur. 2021. “Analisis Kritis Pemikiran Pendidikan Progresif Abdurrahman Wahid.” Journal of Islamic Studies and Humanities 6(1):32–43. doi: 10.21580/jish.v6i1.8147.
bidin A. 2017. “Опыт Аудита Обеспечения Качества и Безопасности Медицинской Деятельности в Медицинской Организации По Разделу «Эпидемиологическая БезопасностьNo Title.” Вестник Росздравнадзора 4(1):9–15.
Djamal, Samhi Muawan. 2017. “Pelaksanaan Nilai-Nilai Ajaran Islam Dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.” Jurnal Adabiyah 17(2):161–79. doi: 10.24252/jad.v17i1i2a5.
Heni, Nur. 2017. “Kesehatan Mental Perspektif.” 107.
Islam, Pendidikan Agama. 2020. “Al-Hikmah : Jurnal Studi Agama-Agama.” 6(1):129–39.
Mubailah, Amiroh, and Achmad Yusuf. 2021. “Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Keagamaan Di Madrasah Diniyah Islamiyah Pateguhan Gondangwetan Pasuruan.” Jurnal Mu’allim 3(2):132–45. doi: 10.35891/muallim.v3i2.2638.
Muhammad Minan Nur Rohman, and Ahmad Ma’ruf. 2020. “Model Pendidikan Karakter Religius Dalam Perspektif Syaih Musthofa Al-Ghalayaini.” Al Murabbi 5(2):83–101. doi: 10.35891/amb.v5i2.2155.
Munjiat, Siti Maryam. 2018. “Peran Agama Islam Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Usia Remaja.” Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam 3(1):170–90. doi: 10.24235/tarbawi.v3i1.2954.
Nuzulia, Atina. 1967. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(2):5–24.
Paranti, Nikita Dian, Zulhanan, Umi Hijriah, and Muhammad Akmansyah. 2021. “Persepsi Masyarakat Tentang Pendidikan Agama Islam.” Geneologi PAI 8(02):395–409.
Sada, Heru Juabdin. 2016. “Manusia Dalam Perspektif Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 7:131–33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faizatul Qolbiyah, Muhammada, Ahmad Ma’ruf, Achmad Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.