Efektivitas Strategi Pembelajaran Active Learning Melalui Media Pembelajaran Dick Games Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Siswa Kelas XI SMK Dewantoro Purwosari
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.578Keywords:
Dick Games, Pembelajaran Aktif, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Dick Games dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran BTQ siswa kelas XI SMK Dewantoro Purwosari. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dengan menggunakan time series design with control. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar BTQ siswa kelas XI SMK Dewantoro Purwosari. Hal ini didasarkan pada hasil tes awal (pretest) sebelum diterapkannya media pembelajaran Dick Games dan hasil tes akhir (posttest) setelah diterapkannya media pembelajaran Dick Games. Hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan Product Moment dengan perolehan hasil yakni pada rtabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,468, sedangkan rhitung (rxy) yang diperoleh sebesar 0,873. Sehingga, rhitung lebih besar daripada r tabel yakni 0,873 > 0,468. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran Dick Games untuk meningkatkan Prestasi belajar pada mata pelajaran BTQ (Baca Tulis al-Qur’an) siswa kelas XI SMK Dewantoro Purwosari” diterima.
Downloads
References
Anwar, Syaiful. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 7, no. 1 (2016): 1–13.
Bagunda, Febrianty. “Penggunaan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama …,” 2020, 10. http://repository.iain-manado.ac.id/145/.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, 2008.
Didik Himmawan, & Lisnawati. (2023). Bimbingan Tahsin Dan Tahfidz Al-Quran Untuk Anak-Anak Di Desa Cadangpinggan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.61166/psy.v1i1.5
Fadila Hersita, Alfin, Aan Kusdiana, and Resa Respati. “Pengembangan Media Infografis Sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS Di SD.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 4 (2020): 192–98. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.
Fitri, Siti Fadia Nurul. “Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021): 1617–20.
Hidayat, Aziz Alimul. “Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Realibilitas. Cetakan Pertama.” In Health Books Publishing, 2021.
Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39
Iriani, Farida. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Materi PAI Di Sekolah Dasar.” DAYAH: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (2019): 168. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4164.
Moto, Maklonia Meling. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan.” Indonesian Journal of Primary Education 3, no. 1 (2019): 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060.
Nursafitri, Syifa, Muhammad Faiqul Huda, Alfa Solina, and Silfiyana. “Problematika Dalam Penerapan Media Pembelajaran Yang Berlaku Di MI / SD.” Prosiding SEMAI, 2021, 793–808.
Ono, Sugi. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation.” Jurnal Keterapian Fisik 5, no. 1 (2020): 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167.
Rica Anita, & Didik Himmawan. (2022). Efektivitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Hidayatul Ihsan Sindang Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(2), 100–105. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.64
Sabri, Shahnaz Shafiza. “Study On Academic Performance And Learning Strategies Of Tertiary Level Students,” 2020, 362–73. https://doi.org/10.15405/epsbs.2020.12.05.38.
Suwarni, Sri. “Peran Penggunaan Media Pembelajaran Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Di SMA Muhammadiyah 2 Metro,” 2020, 1–30.
Zaenuri, Zaenuri, and Andi Prastowo. “Peran Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 1734–44. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/654.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maya Ayu Arieska, Muhammad Abdullah, Achmad Yusuf, Siti Khurotin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.