Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Antara Menggunakan Metode Ummi di SDSI Al Farabi dan Metode Qiroati di MI Al Washliyah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1414Keywords:
Kemampuan Membaca Al Qur’an, Metode Ummi, Metode Qiroati, Komparasi Metode Ummi dan Metode QiroatiAbstract
Tujuan penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Ummi di SDSI Al Farabi. Untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Qiroati di MI Al Washliyah. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Ummi dan Siswa yang menggunakan metode Qiroati. Dalam menguji validitas data, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif komparasi dengan menggunakan uji independen t-test melalui rumus uji mann whitney, dengan menggabungkan dua jenis yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan kajian literatur. Dalam pengujian hipotesis komparasi kemampuan membaca al qur’an antara menggunakan metode ummi di SDSI Al Farabi dan metode qiroati di MI Al Washliyah Perbutulan menggunakan uji t-test adalah dengan ketentuan membandingkan ttabel dan thitung dengan ketentuan jika thitung > ttabel maka Ha diterima, jika thitung < ttabel maka Ha ditolak, Hasil uji t-tes di tabel 4.10 menyatakan bahwa nilai ttabel dan thitung sebesar 0,939 > 0,3378 maka Ha diterima. Dari hasil perbandingan t tabel (0,939) dan t hitung (0,3378), kita lihat bahwa nilai t hitung lebih kecil dari t tabel. Nah, ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua variabel tersebut.
Downloads
References
Achrom, Nur shodiq, koordinator Malang III, 2019, Pendidikan dan Pengajaran Sistem Qoidah Qiro‟ati, Ngembul Kalipare: Pondok Pesantren Salafiyah Sirotul Fuqoha‟ II.
Administrasi Kepanitiaan EBTAQ MI Al Washliyah tahun 2024.
Administrasi Kepanitiaan Munaqosyah Metode Ummi SDSI Al Farabi tahun 2024.
Administrasi MI Al Washliyah tahun 2024
Afdal, 2016, “Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016,” Jurnal Pendas Mahakam, Vol.16, Jurnal Pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar, Universitas Widya Gama Mahakam.
Ahmad al-ghifari fajeri, 2015, “Studi Komparatif Antara Metode Ummi Dan Metode Qiroati Untuk Meningkatkan Kemampuanmembaca Al-Qur’an Pada Siswa SDSI Ukhuwah Dan Madrasah Ibtidaiyah Fita'limissibyan” jurnal Hadratul Madaniyah, vol 2, Jurnal Hadratul Madaniyah.
Ahmad, Susanto, 2016, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Prenadamedia Group.
Ahmadi, Abu, 2003, Psikologi Umum, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aiman Ruzydi, 2015, Panduan Ilmu Tajwid Bergambar, Solo: Zamzam.
Ajahari. 2018, Ulumul Qur’an (Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Al-Hafidz Ibnu katsir, 2018, Kitab Fadhail l Al-Qur’an, Kairo: Dar el-hadith.
Amri Darwis, 2014, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam: Pengembangan Ilmu Paradigma Islami, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Ananda, Rusydi and Fadhli, Muhammad, 2018, Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam Pendidikan, Medan: Widya Puspita.
Andi Suriadi, 2014, Buku Qiroah, Makassar: Yayasan Foslamic.
Arfah, M.A, 2020, Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an dengan metode Sima’I pada siswa kelas II Madrasah ibtidaiyyah negeri 2 Tanjab timur Talang Rimbo kec. Muara Sabak Barat, Jurnal Pendidikan guru, Vol. 1. No. 2, jurpendigu. V.1.i2.
Aziz, Mifathul, 2018, “Penerapan Metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur‟an di SDSI Assalamah Baturetno Wonogiri”, Yogyakarta: Uiversitas Islam Negeri Sunan kalijaga.
Cholil, Adam, 2014, Dahsyatnya Al-Qur’an, Jakarta : Amp Press.
Darmawan, Deni, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Deni Darmawan, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: RemajaRosdakarya.
Fatimah, I., Nikmatullah, C., Maesaroh, T., & Mussaddiq, A, 2022, Implementasi Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Di Sd It Irsyadul Ibad Dan Sd Bahriatul Ulum, Kabupaten Pandeglang: Qathrunâ
Fatma Sholikhatul, 2021, Akhir. "Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Program Unggulan Di Mi Ma'arif Al Falah Joyokusumo Parakancanggah Banjarnegara." Phd Diss: Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri.
Fatmasari, Yuni, 2019, “Efektifitas Pembelajaran Metode Ummi Terhadap Peningkatan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Pada Siswa Kelas II SD Taquma Surabaya" (On-line) Tersedia di: digilib.uinsby.ac.id/339/ (19 Januari 2019.
Hartati, Zainap, Dkk, 2016, Metodologi Baca Tulis Al-Qur’An: Refleksi Belajar Al-Qur’An Pada Mahasiswa Iain, Palangka Raya: Misykat,
Hasan, Iqbal, 2004, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara.
Hawi, Akmal, 2017, Kompetensi Guru PAI, Jakarta: Rajawali Pers.
http://www.gokkri.com/2010/01/sejarah-qiroati.html, pada Senin, 27 April 2023 Pukul. 10.26 WIB
https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/19DB3CE0B3CD44777230, diunduh pada Kamis, 16 Januari 2024 pukul 02.00 WIB.
https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/54?from=17&to=55 diakses pada Rabu, 13 Maret 2024, Pukul 09.15 WIB
https://sdsialfarabi.sch.id/sdsi/, diakses pada Rabu, 15 Mei 2024, Pukul 10.15 WIB.
https://sdsialfarabi.sch.id/sdsi/?tz=bb479741f33cbdca9cee917a24278e96acfb64d5e5012510419a0475aa3b84a0, diunduh pada Hari Minggu, 12 Mei 2024 Pukul. 11.33 WIB
Indrawan, Rully, 2014, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran, Bandung: Rafika Aditama.
Iswah Ardiana, 2017, “Perubahan Bunyi Pada Bacaan-Bacaan Gharib Dalam Al-Qur‟an Menurut Tinjauan Finologi Arab”, Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol,1, No. XI, Mei.
Joni, R., Rahman, A., & Yanuarti, E, 2020, Strategi Guru Agama Desa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Warga Desa. Joeai (Journal Of Education And Instruction),
Juliansyah, Noor, 2015, Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah, Jakarta: Prenadamedia Group.
Jurnal Pendidikan Islam,
Keterampilan Membaca Al Quran Peserta Didik Di Lppt Ulul Abshor Banyumanik, Semarang: Universitas Islam Sultan Agung
Lembaga Ummi Foundation
Maftuh Basthul Birri, 2017, Tajwid Jazariyah, lirboyo: Madrasah Murottilil Qur’an.
Maftuh Basthul Birri, 2017, Sirojuddin, Panduan Buku Turutan Jet Tempur, Kediri: Pondok Pesantren Murottil Qur’Anil Karim Cet Revisi.
Manna Khalil Al-Qathan, 2017, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Manna Khalil Al-Qattan, 2016, Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, Bogor: Litera Antar Nusa, Cet.17
Manna Khalil Qattan, 2015, Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.
Masruri dan A. Yusuf MS. 2017, Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi, Surabaya: Lembaga Ummi Foundation.
Masruri Dkk, 2017, Belajar Muda Membaca Al- Qur’an Metode Ummi, Surabaya,
Muftiya Azizah, 2018, “Studi Komparatif Antara metode Qiroati dan Metode Ummi Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Nurul Qomar dan Sekolah Dasar semarang”, Semarang: Repository UNISULA.
Muhadjir Sulthan, 2022, Al-Barqy Belajar Baca Tulis Huruf Al-Qur’an, Surabaya: Sinar Wijaya.
Muhammad Rizkhan, 2023, Efektivitas Penerapan Metode Dalam Percepatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Sekolah Dasar Di Tpq Ar-Rasyid Lingkungan Gegutu Timur Kelurahan Rembiga Tahun 2021/2022, Mataram:Universitas Islam Negeri ( Uin ) Mataram.
Muzakky, Ahmad, 2016, “Standarisasi Mutu Pembelajaran Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Kresna Mlilir Dolopo Madiun dengan Metode Ummi” Tesis, IAIN Ponorogo, Ponorogo.
Nasution, Muhammad Nasir, 2016, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Al-Hira Di Pengajian Darul Muta’allimin Desa Panyabungan. Padangsidimpuan: Undergraduate Thesis, Iain Padangsidimpuan
Nu’man, Mulin, 2016, Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Alquran. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 1, UIN Sunan Kalijaga: Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Nunu A. Hamijaya, 2015, Bergembira bersama Al-Qur’an, Bandung: Marja.
Nurhadi, 2016, Teknik Membaca, Jakarta: Bumi Aksara.
Oktia Nur Cahyani, 2022, Pengaruh Metode Tahsin Bagdadiyah Jadidah Terhadap
Priatna, T, 2020, Prosedur Penelitian Pendidikan, Cet. II, Bandung: CV. Insan Mandiri..
Qowim, Agus Nur, 2019, Internalisasi Karakter Islami Dengan Tartil Al-Qur'an.
Ramayulis, 2015, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: kalam mulia.
Riska Purnama Sari, 2021, Metode Al Tibyan Karya Abdurrahman Bakr Untuk Pembelajaran Maharah Al Qira’ah Berbasis Al Qur’an, Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Saiful Bahri, Mohammad, 2022, Implementasi Metode An-Nahdliyah Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Santri Tpq Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Ponorogo: Undergraduate (S1) Thesis, Iain Ponorogo.
Silalahi S, 2018, Sitorus M. Pengaruh Tunjangan Kinerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Medan, Medan: Journal Of Management Science (Jmas).
Sita, Tri Astuti, 2023, Komunikasi Antarpribadi Pengajar Dan Murid Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Tpa Arafah Pekon Podomoro Kecamatan Ppringsewu Kabupaten Pringsewu. Lampung: Diploma Thesis, Uin Raden Intan.
Sudjana, Nana, 2014, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, 2017, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab cet- 1, Jakarta: PT Grafindo Persada.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2022, kamus besar bahasa Indonesia, ed-3 cet.2, Jakarta: Balai Pustaka
Tri Wahyudi, 2015, Metode Al Husna, Solo; Maulana Media.
Umi, S. S., Subekti, A., & A’yun, Q, 2022, Upaya Guru Pai Dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
Ummi Foundation, 2015, Modul Sertifikasi Guru Al-Qur'an Metode Ummi.
www.jejakpendidikan.com/2017/12/sejarah-metode-qiroati.html, diunduh pada Senin, 12 Februari 2024 Pukul 08.32 WIB.
Yuliana Siti Julaeha dan Dedih Surana, 2018, Pengelolaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an melalui Metode AlBarqy, Vol. 4, No. 2, Jurnal Tawadhu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rosinah, Septi Gumiandri, Wawan Ahmad Ridwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.