Dampak Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Canva Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Yeni Indriyani IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Muslihudin IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Wawan Ahmad Ridwan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1369

Keywords:

Problem based Learning, Media Canva, Berfikir Kritis

Abstract

Problem Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis masalah dengan Langkah-langkah orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasi peserta didik untuk belajar, membimbing pengalaman individua tau kelompok, mengembangkan dan menyajikan karya serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan canva yang diterapkan pada mata pelajaran SKI kelas X di MAN 1 Kota Cirebon sudah sesuai dengan kurikulum merdeka yang mengharuskan pembelajaran dengan pendekatan student centered atau siswa yang harus aktif dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu Model Pembelajaran PBL ini menjadi menarik untuk dikaji dan diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan berfikir krits peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Canva mendapat respon yang tinggi dari peserta didik, terlihat dari peningkatan kemampuan berfikir kritis yang diamati melalui observasi dan angket. Sebelum penerapan Problem Based Learning, kemampuan berfikir kritis peserta didik termasuk dalam kategori kurang, dengan skor pretes terendah 10 dan rata-rata 43,75. Namun, setelah menggunakan Problem Based Learning, skor post tes menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan skor terendah 70, tertinggi 100, dan rata-rata 80,79. dan nalisis hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,017 dengan taraf signifikan α = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azil Alfathsa Toma, Reinita. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Canva Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan: Volume 32, No. 02, November 2023, hlm. 162–177.

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179-186.

Riyana dkk. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Penerbit Alfabeta

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja grafindo Persada.

Saharsa, Ulfi, Muhammad Qaddafi, and Baharuddin Baharuddin. (2018). "Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika." JPF (Jurnal Pendidikan Fisika

Sadiman, Arief S. dkk . (2005). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT. Raja Grafindo Persada

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.(Bandung: Alfabeta, cet ke-27 2018)

Sutarno. (2013). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Yeni Indriyani, Muslihudin, and Wawan Ahmad Ridwan. 2025. “Dampak Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Canva Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):694-709. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1369.

Issue

Section

Articles