Sifat-Sifat Pemimpin Pendidik dalam Perspektif Al-Qur’an Surah Ali Imran Ayat 159
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.344Keywords:
Pendidik, Al-Qur’an, Ali ImranAbstract
Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini membahas tentang sifat-sifat tentang apa saja yang harus ditulis oleh seorang pemimpin dalam perspektif AL-Qur’an. Hal tersebut dikarenakan seorang pemimpin dalam sebuah organisasi memiliki tanaggung jawab yang tinggi, untuk mensukseskan pada organisasi yang ia pimpin. Sehingga ia memimiliki keperibadian sesuai dengan al-Qur’an yang pernah ada Rasulullah contoh dalam semasa ia hidup, yang telah berhasil dalam mempimpin umatnya, tentu saja keberhasilan tersebut tidak lepas dari kontribusi sifat-sifat serta akhlak yang dia tampilkan kepada para umatnya. Oleh karena itu seorang pemimpin merupakan wajah dalam sebuah organisasi, jika seorang pemimpin tersebut baik, maka organisasi yang ia pimpin juga ikut baik, begitu juga dengan sebalaiknya. Maka dari itu seorang pemimpin harus memahami sifat-sifat yang harus dimiliki dalam perspektif al-Qur’an. Artikel ini ditulis untuk menguraikan pada sifat-sifat seorang pemimpin dalam perspektif al-Qur'an yang terdapat dalam surat Ali-Imran ayat 159. Dimana dalam surat tersebut dijlaskan bahwa seorang pemimpin harus memiliki empat sifat yang meliputi pada Lemah lembut, pemaaf dan berdoa, Memiliki kemauan yang kuat, Musyawarah, Tawakkal.
Downloads
References
Abduh, M., & Ridha, R. (1367). Tafsir al-Manar. Dar al-Manar.
Abdul Rahman, A., Hj Siren, N. R., & Md Yusoff, Y. (2021). Kaedah Komunikasi Keluarga dalam Surah Āli ‘Imrān Ayat 159: Kajian Amalan Mualaf Cina di Selangor. Journal of Usuluddin, 49(1), 27–53. https://doi.org/10.22452/usuluddin.vol49no1.2
Adnan. (2021). Konstruksi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Al- Quran ( Tinjauan Fungsi Bki Berbasis Qurani ). Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam, 11(2), 103–120. https://grahajurnal.id/index.php/liwauldakwah/article/view/261
Amdani, Y., & Krisna, L. A. (2019). Konsep Meminta Maaf Sebagai Hukuman Dalam Perkara Pidana. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 26(1), 67–90. https://doi.org/10.20885/iustum.vol26.iss1.art4
asy-Sya’rawi, M. M. (1991). Tafsir asy-Sya’rawi. Akhbar al-Yawm.
Damis, R. (2014). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Ajaran Cinta Dalam Tasawuf Rahmi. Al-Ulum, 14(1), 127–152. https://journal.uii.ac.id/IUSTUM/article/view/10703/9005
Fuziah, M. (2020). Sifat-Sifat Da’i Dalam Al-Qur’an (Kajian Surah Ali Imran Ayat 159). Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 126–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jim.v17i1.7910
Giantara, F. (2022). Sifat-Sifat Pendidik Prespektif Hadis Nabi. SYMFONIA Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2, 61–76. https://symfonia.iaiqi.ac.id/index.php/symfonia/article/view/18
Hakim, M. N. (2018). Upaya Kepala Madrasah Dalam Membina Budaya Religius. IMProvement, 5(1), 74–88. https://doi.org/10.21009/Improvement.051.07
Hamka. (2003). Tafsir al- Azhar (jilid 2, c). Pustaka Nasional.
Hamka. (2013). Tasawuf Modern. Pustaka Panji Mas.
Herawati, E., & Warsah, I. (2021). Peran Guru PAI Dalam Membina Buta Baca Al-Quran Di Panti Sosial Tresna Werdha Amanah Manna Bengkulu Selatan. Jurnal NUANSA, XIV, 114–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/njsik.v14i2.6295
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Ilyas, Y. (2007). Kuliah Akhlaq. LPPIUMY.
Jafar, I., & Amrullah, M. N. (2018). Bentuk-Bentuk Pesan Dakwah dalam Kajian Al-Qur’an. Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), 41–66. https://doi.org/10.15642/jki.2018.8.1.41-66
Langeningtias, U., Ulfa, N., & Novitasari, A. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Menurut Prespektif Al-Qur’an. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3, 481–495. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i3.1220
M. Dahlan, H. (2020). Komunikasi Lemah Lembut Dalam Studi Hadits. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 11, 48–62. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.351
Markarma, A. (2014). Komunikasi Dakwah Efektif Dalam Perspektif Alquran. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11(1), 127–151. https://doi.org/10.24239/jsi.v11i1.344.127-151
Maulana, M. A., & Rodiya, Y. (2022). Karakter dan Adab Pendidik Perspektif Al-quran dan Hadis. 4(01), 29–48. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/amf.v4i1.2669
Muhammad, Y. (2021). Konsep Dasar Karakteristik Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 157–169. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i2.1668
Nafisah Nor Saumi, Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892
Nawawi, I. (2003). syarah Shahih Muslim. Maktabah shafa.
Nurhartanto, A. (2017). Nilai–Nilai Pendidikan Akhlak dalam QS Ali Imran Ayat 159-160. Jurnal Pedagogy, 8, 6–24. http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/63/59
Nurhartanto, Armin. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 159-160. Jurnal Studi Islam Profetika, 16(2), 155–166. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/profetika.v16i2.1851
Qurtubi, I. A. al-A. al-. (1867). al-Jami‟ul Ahkam al-Quran. Darul Hud.
RI Agama, K. (3561). Alquran dan Terjemahnya. Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Alquran.
Rohmatullah. (2019). Sifat sifat pendidik berdasarkan surat al ahqaf ayat 34-35 dalam tafsir marohu labid. 102682, 102682–102686.
Sada, H. J. (2015). Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an Heru. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 93–105. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i1.1486
Sahabuddin, M., & Syahrani. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Perspektif Manajemen Pendidikan. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(Februari), 102–112. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/72
Salim, S. D. (2016). Politik Islam Dalam Al-Qur’an (Tafsir Siyasah Surat Ali Imran Ayat 159). Journal of Islam and Plurality, 1(1), 43–52. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/AJIP/article/view/499
Suprihat, A., & Nurhasan. (2019). Tafsir Ayat Tentang Siyasah ( Qs . Ali-Imran : 159 ). At-Tarbiyah, 1(2), 24–31. http://jurnal.staisabili.net/index.php/At-Tarbiyah/article/view/32
Umam, M. K. (2018). Paradigma Pendidikan Profetik dalam Pendekatan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah. Proceedings the Anual International Concerence on Islamic Education, 3(3), 120–132. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceeding2018/article/view/262
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan,. Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hoirul Anam, Supardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.