Implementasi Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakater Religius pada Siswa di SDIT Bengkulu Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.532Keywords:
Aqidah, Akhlak, Karakter, Religius, SDITAbstract
Aqidah Akhlak merupakan salah satu pokok bahasan yang sangat penting dalam pendidikan mata pelajaran karena berkaitan dengan pembentukan pribadi siswa. Sehingga dengan adanya pendidikan Aqidah Akhlak, ini dapat dapat membentuk pada karakter yang mulia, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pada keimanan serta pengabdian pada Allah SWT. Untuk mencapai pada tujuan tersebut, tentu dalam memberikan pengajaran terhadap peserta didiknya haruslah menggunakan metode pembelajaran yang dapat diterima oleh kalangan siswa-siswinya, dengan mengikuti pada adanya perkembangan terhadap peserta didiknya. Agar dapat diterimanya. Salah satu sekolahan yang berhasil dalam mengimplementasikan karakter religius terhadap siswa siswinya, ialah di SDIT Bengkulu Selatan. Bentuk nayata karakter kereligiusan yang dimiliki oleh siswa-siswa di SDIT Bengkulu Selatan meliputi pada Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun atau biasa disebut dengan 5S, mencium tangan para guru maupun orang tua ataupun orang yang lebih dewasa darinya, berdoa sebelum memulai pada mata pelajaran, sholat dhuha, sikap tolong-menolong antar sesama dalam masalah kebaikan. Tujuan dari pada penelitian ini, tidak lain bertujuan untuk mengetahui prihal bentuk-bentuk pada metode yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menerapkan karakter religius pada siswa-siswinya. Sedangkan metode penelitian ini yang digunakan oleh penulis, menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan mengguenkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis, meliputi pada dua hal, yakni wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini, bahwa metode yang digunakan oleh guru-guru SDIT Bengkulu Selatan dalam membentuk pada karakter religius pada siswa-siswinya terdapat delapan hal. Meliputi pada diskusi, ceramah, memberikan contoh yang baik, pembiasaan, pemeberian hadiah dan hukuman, drama atau role playing, praktek secara langsung atau demonstrasi, tanya jawab.
Downloads
References
Abdul Majid dkk. 2019. “Strategi Pendidikan.” Jurnal Studi Pendidikan Islam 3(2):03. doi: https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.1999.
Ahsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2(1). doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.
ALATAS, ALI RIDHO. 2015. “Liberalisasi Kebijakan Pendidikan Di Indonesia Terhadap Metode Targhib Tarhib.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 8(2):201–30.
Azhar Nasution, Azhar, Rusydi AM, and Widia Fithri. 2021. “Nilai Tolong-Menolong Dalam Tradisi Pengajian Parkahanggian Marga Di Desa Pidoli Lombang Kabupaten Mandailing Natal (Kajian Living Al-Qur’an).” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah 3(2):125–46. doi: 10.32939/ishlah.v3i2.73.
Azmi, Shofiyatul. 2018. “Pendidikan Kewarganegaraan Merupakan Salah Satu Pengejawantahan Dimensi Manusia Sebagai Makhluk Individu, Sosial, Susila, Dan Makhluk Religi.” LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 18(1):77–86.
Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar, Cet. 5. Bandung: Citra Umbara Bandung.
Fikra, Wiko. 2023. Wawancara.
Francisca, Lidia. 2023. Wawancara.
Hidayatullah, M. Furqo. 2010. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat & Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Insani, Enggar Hani. 2023. Wawancara Dengan.
Istiyani, Dwi. 2017. “Tantangan Dan Eksistensi Madrasah Diniyah Sebagai Entitas Kelembagaan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia.” Edukasia Islamika 2(1):127. doi: 10.28918/jei.v2i1.1665.
J, Brenen. 2004. Memadu Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khunaifi, Aan Yusuf, and Matlani Matlani. 2019. “Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 13(2):81. doi: 10.30984/jii.v13i2.972.
Nurjanah, Septi, Nurilatul Rahma Yahdiyani, and Sri Wahyuni. 2020. “Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Karakter Peserta Didik.” EduPsyCouns 2(1):366–77.
Permana, Dian, and Hisam Ahyani. 2020. “Implementasi Pendidikan Islam Dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik.” Dian Permana, Hisam Ahyani Jurnal Tawadhu 4(1):997.
Putra, Muhammad Agiel Dwi, Ajat Rukajat, and Khalid Ramdhani. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Di SMP Negeri 1 Karawang Timur.” Islamika 4(3):476–90. doi: 10.36088/islamika.v4i3.1966.
Samani, Muchlas, and Hariyanto. 2013. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosda Karya.
Sapirin, Sapirin, Adlan Adlan, and Candra Wijaya. 2019. “Implementasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Tapanuli Tengah.” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) 4(2):211. doi: 10.24114/antro.v4i2.12030.
Shaleha, Ummi. 2023. Wawancara.
Silkyanti, Fella. 2019. “Analisis Peran Budaya Sekolah Yang Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Indonesian Values and Character Education Journal 2(1):36. doi: 10.23887/ivcej.v2i1.17941.
Susanti, Ria. 2022. “Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Simpang Nungki Kecamatan Cerbon Kabupaten Batola.” Adiba: Journal of Education 2(1):11–22.
Susetya, Wawan. 2010. Sebuah Kerinduan Sholat Khusuk. Yogyakarta: Tugu Pulisher.
Ulfah, Siti Mariyah, Erhamwilda, and Adang M. Tsaury. 2021. “Peran Guru PAI Dalam Bimbingan Dan Konseling Terhadap Perkembangan Akhlak Siswa Di SMA X Cimahi.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 1(2):85–89. doi: 10.29313/jrpai.v1i2.361.
Wahyudi, Dedi. 2017. Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya, Cet. 1. Panggungharjo: Lintang Rasi Aksara Books.
Zubaedi. 2011. Design Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hoirul Anam, M. Wasith Achadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.