Pemikiran Pendidikan Islam Imam Al-Zarnuji dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Era Modern
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.410Keywords:
Al-Zarnuji, Pendidikan Islam, Era ModernAbstract
Pemikiran seorang tokoh ulama terdahulu tentunya tidak selalu relevan apabila diimplementasikan pada era modern saat ini. Akan tetapi pemikiran konsep pendidikan Islam Imam Al-Zarnuji apabila diterapkan pada pendidikan Islam pada era modern ini masih cukup relevan. Terlihat dari masih banyak pakar pendidikan Islam yang menggunakan pemikiran al-Zarnuji yang tertuang dalam kitabnya sebagi referensi dalam menuntut ilmu di Indonesia. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran dari tokoh ulama Al-Zarnuji mengenai pendidikan Islam serta relevansinya terhadap pendidikan era modern. Penulisan ini menggunakan studi kepustakaan (library research) yang difokuskan pada rumusan masalah yang menggali lebih dalam mengenai pemikiran Imam Al-Zarnuji tentang Pendidikan Islam dan bagaimana relevansinya terhadap pendidikan di era modern. Sumber primer penulisan ini menggunakan kitab Burhanul Islam Al-Zarnuji yang berjudul “Ta’lim al-Muta’allim”. Sedangkan sumber sekunder yang digunakan yaitu data yang bisa diperoleh dari literatur-literatur pendukung sumber primer, seperti jurnal, buku dan referensi lainnya yang terpercaya. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa Al-Zarnuji termasuk kepada aliran konservatif-religius. Al-Zarnuji menafsirkan bahwa semua yang menyangkut tujuan menuntut ilmu harus berpangkal dari ajaran agama. Seluruh kegiatan peserta didik dalam memperoleh ilmu harus berdasarkan agama. Konsep-konsep pendidikan al-Zarnuji yang meliputi tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, kurikulum dan metode pembelajaran masih relevan untuk dditerapkan pada era modern sekarang.
Downloads
References
’Aliyah, Endranul, and Noor Amirudin. 2020. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’Lim Muta’Allim Karangan Imam Az-Zarnuji.” Tamaddun 21(2):161. doi: 10.30587/tamaddun.v21i2.2113.
Darajat, Zakiah. 1982. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.
Farida Jaya. 2019. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM AL-ZARNUJI.” TAZKIYA 8(5):55. doi: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v8i1.451.
Fathorrozy, and Mad Sa’i. 2020. “KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM TELAAH PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI.” Halima Journal of Education 5(3):120–38.
Fatkhurrozi, Fuad, Ngarifin Shidiq, and Siti Lailiyah. 2016. “Konsep Pendidikan Karakter Perspektif.” Jurnal Profesi Pendidikan Dan Keguruan ALPHATEACH 1(2):29–57.
Hidayat, Rahmat. 2019. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Masyarakat Islam (Studi Pemikiran Burhanuddin Al-Zarnuji).” Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan 3(2):1. doi: 10.31958/jsk.v3i2.1692.
Iqbal, Abu Muhammad. 2015. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kambali. 2015. “Relevansi Pemikiran Syekh Al-Zarnuji Dalam Konteks Pembelajaran Moderen.” Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1(1):17–30. doi: https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.8.
Kurniawan, Syamsul, and Erwin Mahrus. 2013. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mahsun, Moch, and Danish Wulydavie Maulidina. 2019. “Konsep Pendidikan Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syekh Al-Zarnuji Dan Kitab Washoya Al-Aba’ Lil-Abna’ Karya Syekh Muhammad Syakir.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 2(2):164. doi: 10.36835/bidayatuna.v2i2.438.
Malang, TIM Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Malik Ibrahim. 2009. Pendidikan Islam Dari Paradigma Klasik Hingga Kontemporer. Malang: UIN Malang Press.
Manan, Abdul, Oyoh Baria, and Khlid Ramadhan. 2022. “ILMU BERMANFAAT : DALAM PERSPEKTIF IMAM BURHANUL ISLAM AZ-ZARNUJI.” LMU BERMANFAAT: DALAM PERSPEKTIF IMAM BURHANUL ISLAM AZ-ZARNUJI 9(4):386–404.
Maragustam. 2014. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Bandung: Pustaka Nasional.
Nasihin, Khoirun. 2018. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Az-Zarnuji.” Tarbawi: Jurnal Stusi Pendidikan Islami 6(2):102.
Nazmudin, Diding, Ahmad Asmuni, and Saefudin Zuhri. 2022. “Konsepsi Pendidikan Karakter Menurut Al-Zarnuji Dan Thomas Lickona.” Al-Tarbawi Al-Haditsah Jurusan Pendidikan Agama Islam vol, 3:hlm, 3-15.
Noor, Tajuddin. 2018. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum Dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf.” Universitas Singaperbangsa Karawang (20):123–44.
Nuriman, Khayat. 2021. “KONSEP PEMIKIRAN BURHANUDDIN AZ ZARNUJI MENGENAI PENDIDIKAN.” Jurnal Tawadhu 3(2):861–73.
Rika, Fahrudin, dan Elan Sumarna. 2020. “Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Al - Muta’allim Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Taklim:Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1):23–36.
Saifudin, Ahmad, and Toha Ma’sum. 2022. “KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SYEH AL-ZARNUJI DAN K.H.M. HASYIM ASY’ARI.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 6(2):hlm, 80-91. doi: 10.24042/alidarah.v5i2.785.
Saihu. 2020. “ETIKA MENUNTUT ILMU MENURUT KITAB TA’LIM MUTA’ALIM Saihu.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3(1):99–112. doi: 10.25134/fjpbsi.v12i1.1517.
Salim, Nur Zaid, Maragustam Siregar, and Mufrod Teguh Mulyo. 2022. “Rekonstruksi Pendidikan Karakter Di Era Globalisasi: Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7(1):28–39. doi: 10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9468.
Shilviana, Khusna Farida. 2020. “Pemikiran Imam Al-Zarnuji Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam vo. 12 no.:50. doi: 10.47498/tadib.v12i01.332.
Sobry, M. 2022. “Tahapan Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam Menurut Al-Zarnuji: Kajian Literatur.” JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 7(3):hlm, 671-683.
Zaim, Muhammad. 2020. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-ZARNUJI (Rekontruksi Epistimologi Pendidikan Modern Berbasis Sufistik-Etik).” Muslim Heritage 5(2):305. doi: 10.21154/muslimheritage.v5i2.2360.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ummi Choiriyah, Hoirul Anam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.