Penerapan Manajemen Guru Berbasis Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Umi Azizaturrosyidah Mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Muhammad Faiz Amali Mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Suklani Dosen Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Moh. Ahsan Dosen Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.408

Keywords:

Manajemen, Mutu Pendidikan, Madrasah

Abstract

Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah (MPBM) merupakan suatu konsep pengelolaan madrasah dalam meningkatkan pengelolaan madrasah berdasarkan prinsip kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Pengawasan MPBM. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, yaitu sebuah prosedur penulisan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan, serta orang-orang dan perilaku yang dapat diamati serta diarahkan pada latar alamiah secara menyeluruh. Data primer diperoleh dari wawancara, sedangkan sumber data sekunder melalui observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data menggunakan trianggulasi. Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah (MPBM) yang baik haruslah sesuai dengan prinsip MPBM, yaitu partisipasi, transparansi, dan akuntabel. Berdasarkan hasil analisis penelitian MPBM di MI-HM Tegalgubug Lor dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan MPBM pada MI-HM Tegalgubug Lor sudah berjalan dengan baik. perencanaan MPBM sudah sesuai dengan prinsip MPBM. Perencanaan dilakukan secara demokratis yang secara tidak langsung telah melibatkan seluruh stakeholder yang ada di MI-HM Tegalgubug Lor. 2). Pelaksanaan MPBM pada MI-HM Tegalgubug Lor telah berjalan dengan baik, semua perencanaan program telah dilaksanakan dengan baik, walaupun ada beberapa program yang belum terlaksana, hal ini disebabkan keterbatasan waktu, biaya, dan hal yang tidak terduga. 3). Pengawasan MPBM pada MI-HM Tegalgubug Lor berjalan dengan baik. walaupun ada kekurangan hal ini disebabkan kurangnya komunikasi antara stakeholder yang ada di MI-HM Tegalgubug Lor.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Faiz Amali, Mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

 

 Nama                          : Muhammad Faiz Amali

TTL                                : Cirebon, 22 juni 1997

Jenis Kelamin               : laki-laki

Nama Bapak                : Imron Rosyadi

Nama Ibu                     : Iin Minatul Maula

Telp/ Hp                       : 089502720252

e-mail                           : amalifaiz2@gmail.com

Alamat Lengkap         : Blok 04 Al-Anwariyah Ds. Tegalgubug Lor Rt 002 / Rw 003 Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon

 

Riwayat Pendidikan:

  1. MI-HM Al-Anwariyah pada tahun 2002-2007
  2. MTsN Palimanan pada tahun 2008-2010
  3. Sekolah Salaf Pondok Pesantren Al-Anwariyah pada tahun 2011-2012
  4. Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Tanggir Singgahan Tuban JATIM pada tahun 2012-2014
  5. Paket C PPS Al-Anwariyah pada tahun 2016
  6. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, pada tahun 2016-2021
  7. Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, pada tahun 2021-2023

References

A. Muhammad, Komunikasi Organisasi. Ed.1, Cet.4, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

A. Samana, Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Abdul Rahman Assegaf. Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Suka Press, 2007.

Abdul Rahman Shaleh, Penyelenggaraan Madrasah. Jakarta: Dharma Bakti, 1981.

Abdullah, Husain dkk, JK Ensiklopedia. Cet. I, Jakarta; Ideal Group, Yayasan Kalla, 2012.

Abdullah, Husain. Neneng Herbawati dan Andi Suruji, JK Ensiklopedia. Cet. I; Jakarta; Ideal Group, Yayasan Kalla, 2012.

Abdulsyani, Manajemen Organisasi. Jakarta: Bina Aksara, 2007.

Agama, Departemen. Menuju Madrasah Mandiri. Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam, 2007.

Agung, Iskandar. Peningkatan Kreativitas Pembelajaran bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni, 2010.

Ahmad Fadli HS, Organisasi dan Administrasi. Cet. III; Kediri: Manhalun Nasiin Press, 2002

Al-Quran al-Karim

Anis, Ibrahim. Mu’jam al-Wasīt, juz I;. cet. II; Mesir: Dār al-Ma’ārif, 2002.

Arcaro, Jerome S. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Cet. IV: Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2007.

Arifin, Anwar. Tinjauan tenteng Undang-undang Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2005.

Armstrong, Michael. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Elex Media Koputindo. 1997

Arsyad, Azhar. Pokok-pokok Manajemen Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan dan Eksekuti. Morteal, Exekutive Institute Fakulty Of Managemen Mc Gill University, 2006.

Atoner, James A.F. dan R. Edwar Feeman, Management Sixty Edition. Cet. I; New Jersey: Prentice Hall, 2005.

Aziz, Shālih Abdul. al-Tarbiyah wa Turuq al-Tadrīs. mesir: Dār al-Ma’arif, 2000.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Cet. I, Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2012.

Bafadal dan A. Imron, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Malang: Kerjasama FIP UM dan Ditjen-Dikdasmen, 2004.

Baharuddin dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar- Ruz Media, 2012

Bariyah, N. Oneng Nurul. Kontekstualisasi Total Quality management dalam Lembaga Pengelola Zakat untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010.

Damopolii, Muljono. Pembaruan Pendidikan Islam di Makassar; Studi Kasus Pesantren Modern Pendidikan Al-Qur’an IMMIM Makassar, Disertasi. Jakarta: Programpascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2006.

Danim, Sudarwan. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Cv. Alfabeta, 2011.

Daradjat, Zakiah. Kepribadian Guru (Jakarta: Bulan Bintang, 2005. Davis, Goetsch dan Strategic Qualty Management. Cet. I; Londong: departement of Education, 2000.

Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, tahun 2007.

Djokopranoto, R. Eko Indrajid & R. Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Cet. I; Yogyakarta: C.V. Andi Offset, 2007.

Djuwaeli, M. Arsyad. Pembaruan Kembali Pendidikan Islam,. Jakarta : Yayasan Karsa Utama Mandiri.

Echols, John dan Hassan Shadili, Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2001.

Effendi, Muchtar. Manajemen Suatu Pendekatan berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta : Bharata, 1996.

Fahrān, Ishāq Ahmad. al-Tarbiyah al-Islāmiyah bayn al-Ahālah wa al- Ma’āhirah. Cet. II; t.tp: Dār al-Furqān, 2003.

Fatah, Nanang. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah. Cet. I; Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005.

Hadi, Abdul dan Nurhayati. B, Manajemen Mutu Pendidikan. Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2010.

Hamalik, Oemar. Evaluasi Kurikulum,. Cet. II; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2. Yogyakarta: BPEF, 1992.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia; Landasan Sejarah, Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.

Kloter, Philip. Marketing Management. Alih bahasa Agus Hasan. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta. PT.Prenhallindo, 2013.

Komaruddin, Kamus Istilah Skripsi dan Tesis. Bandung: Angkasa, 1999.

Kreitner, Robert. Management. 4th Edition; Boston: Houghton Mifflin Company, 2009.

Maksum, Madrasah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Mulyasa, E, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet.II, Jakarta : Bumi Aksara, 2012. Murgatroyd, Stephen and Colin Morgan, Total Quality Management and The School,. Open University Press, Buckingham–Philadelphia, 2004.

Munandar, Utami. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Petunjuk bagi para guru dan orang tua. Jakarta: Grasindo, 1992.

Murni, Veithzival Rivai dan Silviansa. Educational Management, Analisa Teori dan Praktek. Cet. II Jakarta: Rajawali Pers, 2010) h. 479.

Nafis, Ahmadi Syukran. Pendidikan Madrasah, Dimensi Profesional dan Kekinian. Yogya-karta: LaksBang PRESSindo, 2010.

Nasution, M.N. Manajemen Mutu Terpadu . Total Qulity Management. Cet. II; Bogor: Galia Indonesia, 2010.

Nasution, S. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Panglaykim dan Hazil Tanzil, Manajemen Suatu Pengantar. Cet. XV ; Jakarta : Ghalia Indonesila, 2011.

Partanto, Pius A dan M Dahlan al-Barry, Kamus llmiah Poputer. Surabaya : Arkola, 2004.

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah. Jakarta: CV. Novindo Pustaka Mandiri, 2000. Pongtuluran, Aris. “Manajemen Mutu Total dalam Pendidikan”, Makalah disampaikan dalam Konfrensi Nasional Manajemen Pendidikan,. Jakarta : 2002.

Prawirosentono, Suyadi. Filosofi Baru tentang Manajemen Mutu Terpadu; Total Quality Management Abad 21; Studi Kasus dan Analisis. Cet. I; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2002.

Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam. Cet. X. Malang, Erlangga, 2007.

Rapar, J. H. Filsafat Politik; Plato, Aristoteles, Agustinus,Machiavenlli. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2002

Republik Indonesia, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 20 Tahun 2003, Rusyan, Tabrani dkk. Pendekatan dalam Proser Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya, 2010.

Sahertian, Piet A Profil Pendidikan Profisional. Cet. II; Yogyakarta: Andi Offset, 2009. Salindeho, John. Peranan Tindak Lanjut dalam Manajemen . Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Sallis, Edward. Total Quality Management In Education dan diterjemahkan oleh Ahma Ali Riyadi dan Fahrurrozi Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Cet. IV; Yogyakarta: IRCiSoD, 2011.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. 9, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Shaleh, Abdul Rahman. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Visi, Misi, dan Aksi). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada. 2004.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al- Qur’an volume 11. Cet. IV; Jakarta: Lentera Hari 2005.

Slamet dan Field, Joseph, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi dan Aplikasi, Terjemahan oleh Syafaruddin. Cet. I; Jakarta: PT Grasindo, 2000.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Stoner, James A.F. dan Edward Freeman, Manajemen. Jakarta: Intermedia, 2002

Suhardan, Dadang. Supervisi Profesional, Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah . Cet. VI; Bandung : Alfabeta, 2010.

Suryadi, Ace dan H.A.R. Tilaar, Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar,. Cet. II; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Cet. II; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2003.

Tampubolon, Daulat P. Perguruan Tinggi Bermutu : Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Abad ke-21. Cet. I; Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama : 2001.

Tampubolon, Daulat P. Perguruan Tinggi Bermutu : Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Abad ke-21. Cet. I; Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama : 2001.

Terry, George R. Principle of Management. 6th Edition; Georgetown: Richard D. Irwing Inc., 2002.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. Total Quality Management (TQM). . Ed. Revisi. Yogyakarta;Andi, 2003.

Umairso dan Imam Gojali, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan, Menjual mutu pendidikan dengan pendekatan Quality Control bagi Pelaku Lembaga Pendidikan. Cet. II; Yogjakarta; IRCiSoD, 2011.

Usman, Husaini. Manajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan.. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Published

2023-03-31

How to Cite

Umi Azizaturrosyidah, Muhammad Faiz Amali, Suklani, and Moh. Ahsan. 2023. “Penerapan Manajemen Guru Berbasis Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):431-46. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.408.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)