Implementasi Metode Qiroati dan Metode Irfani dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Terjemah Al-Qur’an bagi Santri Pondok Pesantren Raudatul Irfan

Strategi

Authors

  • Inriyani IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Septi Gumiandari IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Suklani IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1399

Keywords:

Metode Qiroati, Metode Irfani, Kemampuan Membaca dan Menghafal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1)Implementasi pembelajaran al-Qur’an dengan mengunakan metode Qiroati, dan implementasi metode Irfani dalam pembelajaran terjemah al-Qur’an. 2) Efektifitas pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode Qiroati dan metode Irfani. 3) Faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode Qiroati dan metode Irfani dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dan kemapuan menghafal terjemah al-Qur’an.

Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya pimpinan Pondok Pesantren,Guru Qiroati, dan santri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu Reduksi Data, Penyajian Data dan  verivikasi data. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi, teknik ini terbagi menjadi tiga bagian; triangulasi sumber, triangulasi data dan triangulasi waktu.

Hasil dari penelitian in yaitui: (1)Implementasi pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode Qiroati menggunakan teknik klasikal dan individual. Pelaksanaan dilakukan menjadi tiaga bagian, klasikal hafalan surat pendek, do’a yaumiyah, Juz amma (disesuaikan dengan jadwal), individual, dan setoran hafalan materi klasikal. Evaluasi terdiri dari empat tahap, yakni evaluasi kenaikan jilid, Tas-Q lembaa, Tas-Q Koorcam, dan Tas-Q Koorcab. Implementasi pembelajaran metode Irfani diawali dengan membaca surah al-Fatihah, membaca ayat yang akan diterjemahkan dan dihafalkan terjemahnya, Ustadz menjelaskan tafsirnya, dan setoran hafalan terjemahan kepada wali kelas masing-masing. (2) Menurut peneliti pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode Qiroati sudah bisa dikatakan efektif, dengan banyaknya santri yang sudah bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan tartil. Sedangkan untuk penggunaan metode Irfani, diketahui bilum bisa dikatakan efektif karena pembelajaranpun masih dilaksanakan secara bersamaan (kelas gemuk), dan kurangnya tenaga pengajar. (3)Faktor pendukung penggunaan metode Qiroati yaitu semua guru Qiroati sudah bersyahadah, fisik santri semuanya dalam keadaan sempurna, santri memiliki minat dan motivasi yang tinggi, dan memiliki pengalaman belajar al-Qur’an di jenjang sebelumnya. Sedangkan untuk pembelajaran terjemah al-Qur’an metode Irfani didukung oleh ketersedian media pembelajaran yaitu modul terjemah al-Qur’an metode Irfani, minat dan motivasi santri dalam menhafal terjemah al-Qur’an metode Irfani. Faktor penghambat penggunaan metode Qiroati yaitu ketidak tersedian media pembelajaran yaitu buku Qiroati, santri yang belum memiliki pengalaman belajar al-Qur’an di jenjang sebelumnya, kurannya disiplin santri saat pembelajaran akan dimulai. Sedangkan faktor penghambat penggunaan metode Irfani ialah, pembelajaran masih dilaksanakan secara bersamaan, kurangnya guru yang mampu mengajar terjemah al-Qur’an menggunakan Bahasa Inggris.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahim, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap (Bandung: Diponegoro, 2016).

Agustinova. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Pratik. (Yogyakarta: Calpulis)

Alam, Ilmu Tajwid (Jakarta: Amzah, 2018).

Anggito, Albi. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat : CV Jejak),

B. Suryosubroto. 2009. Prosel Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta).

Drajat, Amroeni. 2017. Ulumul Qur’an Pengantar Ilmu-Ilmu al-Qur’an.(Rawamangun : Kencana).

Festiawan, Rifqi. Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran." Universitas Jenderal Soedirman 11 (2020).

Fitrah. 2017. Metodologi Penelitian, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat : CV Jejak.

Hadari Nabawi. 2005. ”Metode Penelitian Bidang Sosial”, Gajah Mada Press, Yogyakarta).

Hafsari, ‘Pengaruh Metode Pendidikan al-Qur’an Orang Dewasa Terhadap Kemampuan Membaca al-Qur’an’, Journal Of Islamic Education, 2018.

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif.Kuningan : Hidayatul Quran Kuningan.

Herry, Hernawan, Asep. Hakikat Strategi Pembelajaran." Strategi Pembelajaran Di Sd (2018): 1-1

Hidayat, Rahmad. 2022. Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Terjemah al-Qur’an Di Sd, Smp, Dan Sma Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan.

Kementrian Agama Republik Indonesia, 2011: 400

Kunaedi, Abu Ya’la. 2013. Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i (Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i,).

Laila, Aisyiyah Zamzami Nur, And Mila Faila Shofa. Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca al-Qur’an Di Paud Islam Terpadu Mutiara Hati Klaten Jawa Tengah. Diss. Uin Raden Mas Said, 2023.

Murdianto, Eko. 2020. Penelitian Kualitatif (Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal) (Yogyakarta: LP3M UPN Veteran Yogyakarta Press).

Rusmaini. 2013. Ilmu Pendidikan. (Yogyakarta : Pustaka Felicha,).

Robert E. Stake. 2010. Qualitative Research Studying How Things Work (New York: The Guilford Press).

Sudiarjo, Aso, ‘Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf Dan Makharijul Huruf Berbasis Android.’, Jurnal Sisfotek Global, Vol 5 (2015), 54.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta,)

Syukron, Affani. 2019. Tafsir al-Qur’an Dalam Sejarah Perkembangannya. (Jakarta : Kencana)

Sofiyanti, F., & Pramono, S. 2023. Analisis Implementasi Kebijakan Penanggulangan Stunting Di Kabupaten Situbondo Tahun. Soetomo Magister Ilmu Administrasi.

Wahidin, U., Sarbini, M., Maulida, A., & Wangsadanureja, M. 2023. Implementasi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Multimedia Di Pondok Pesantren. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam.

Yusuf , Azhar, M. Peningkatan Hasil Hafalan Dengan Metode Odoa (One Day One Ayat) Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Di Mtsn 2 Bandar Lampung. Diss. Uin RadenMandiri

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Inriyani, Septi Gumiandari, and Suklani. 2025. “Implementasi Metode Qiroati Dan Metode Irfani Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menghafal Terjemah Al-Qur’an Bagi Santri Pondok Pesantren Raudatul Irfan: Strategi”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):787-800. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1399.

Issue

Section

Articles