Implementasi Standar Penilaian SMP Negeri 1 Cangkuang Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.423Keywords:
Pelaksanaan Standar Penilaian, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana implementasi dari penilaian pendidikan yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian yang dijadikan sebagai sumber data adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa yang ada di SMPN I Cangkuang. Metode penelitian menggunakan kuaitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan implementasi standar penilaian yang dilakukan, diketahui implementasi standar proses pada aspek perencanan pembelajaran, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan termasuk dalam kategori sangat efektif. Lebih lanjut diketahui bahwa implementasi standar di sekolah didukung oleh lingkungan kelas yang kondusif, peserta didik kooperatif, dan peran kepala sekolah. Inovasi media pembelajaran, proses memotivasi peserta didik, perolehan informasi baru tentang materi tambahan, dan pengidentifikasian kemampuan peserta didik merupakan faktor yang menghambat pelaksanaan standar proses.
Downloads
References
Arikunto, S, 1993, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta Jakarta
Angghi Dwi Putri Pratiwi. (2017). Analisis pemasalahan dalam penilaian pembelajaran di sekolah, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vol. 2 No. 1 Th. Jan-Des 2017, Tanggal 16 September 2017, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.
Dirman dan Cicih Juarsih. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsp Pembelajaran yang mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hari Setiadi, (2016). Pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 2, Desember 2016 (166-178).
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Sudjana, Nana (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Usman, H. (2014). Manajeman: teori, praktik, dan riset pendidikan (4th ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yulianto Kadji, (2015), Formulasi dan implementasi kebijakan publik (kepemimpinan dan perilaku birokrasi dalam fakta dan realitas), UNG Press, Gorontalo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agus Hermawan, Drajat, Usep Setiawan, Hanafiah, Sri Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.