Pengembangan Indikator untuk Survey Kepuasan Publik Terhadap Birokrasi Pendidikan Inklusif di Kabupaten Bandung

Authors

  • Nur Fadlan STES Bhakti Nugraha
  • Miftahul Hadi STISNU Nusantara
  • Herri Azhari STAI Pelabuhanratu
  • Yosal Iriantara Universitas Islam Nusantara
  • Usep Setiawan STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.420

Keywords:

Birokrasi Publik, Pendidikan Inklusif

Abstract

Pendidikan sangat dibutuhkan bagi anak-anak untuk mencapai kesejahteraan sosialnya. Tak terkecuali anak-anak yang kurang beruntung baik dalam segi fisik maupun mental. Namun kenyataan di lapangan, anak-anak yang kurang beruntung dan berkebutuhan khusus menjadi anak yang dapat dikatakan mendapat pengecualian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kepuasan public tentang birokrasi pendidikan inklusif beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Bandung. Kebijakan pemerintah tentang bergulirnya pendidikan inklusif, adalah sebagai dukungan tentang pentingnya pendidikan bagi semua anak tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus (ABK). Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan sosial anak penyandang Disabilitas. Pendidikan inklusi merupakan model pendidikan yang memberi kesempatan bagi siswa yang berkebutuhan khusus untuk belajar dengan melibatkan keberadaan mereka bergabung di sekolah-sekolah umum baik regular maupun swasta. Dalam hal ini bagaimana pemerintah setempat dan lembaga-lembaga sekolah, bagaimana sepenuhnya merealisasikan pendidikan inklusif berjalan di lapangan sesuai dengan falsafah “education for all” terselenggara dengan baik, sehingga anak berkebutuhan khusus dapat diterima dan dapat mengenyam pendidikan yang sama dengan peserta didik lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Pendidikan Luar Biasa, 2004. Buku Pedoman penyelenggaraan Inklusi Di sekolah

Fitria, Rona. (2012). Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus/JUPEKHU: Vol 1, No 1.

Haryono, dkk. (2015). Evaluasi Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan .Vol. 32 Nomor 2 Tahun 2015.

Indriani, Yulia (2019) Manajemen Program Pelatihan Guru Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Layanan Pendidikan Di Sekolah Inklusif Kabupaten Bandung. Tesis. Bandung: Universitas Islam Nusantara

Kustawan, Dedy dan Meimulyani, Yani. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus Dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya. Bandung: PT. Luxima Metro Media.

Mulat, Tri. (2015). Sekolah Inklusi: Solusi Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Artikel.

Oliver, Richard l, 1996. Satisfaction: A Behavioral Perpective On The Consumer, The McGraw-Hill Companise, Inc : New York

Permendiknas 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang memiliki Kelainan

Peraturan Presiden No. 29 Tahun 2014 Tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Repulik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis pelaporan kinerja

Pokja Kab. Bandung dan Pokja Kota Bandung https://portl.bandung.go.id

Undang-undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang penyandang cacat

Undang-undang no 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional di Indonesia

Suhendar (2018) Pengembangan Program Layanan Pendidikan Khusus Dalam Setting Inklusif Di Sekolah Ibnu Sina Kabupaten Bandung. Tesis: Universitas Pendidikan Indonesia

Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdiknas

Published

2023-03-27

How to Cite

Nur Fadlan, Miftahul Hadi, Herri Azhari, Yosal Iriantara, and Usep Setiawan. 2023. “Pengembangan Indikator Untuk Survey Kepuasan Publik Terhadap Birokrasi Pendidikan Inklusif Di Kabupaten Bandung”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):167-76. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.420.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)