Manajemen Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk Meminimalisir Kegiatan Negatif Peserta Didik (Studi Kasus di SMK Negeri 3 Kota Bekasi )

Authors

  • Gawi Yulianti Universitas Islam Nusantara
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara
  • Faiz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1409

Keywords:

Manajemen, Praktek Kerja Lapangan, Minimalisir

Abstract

Tujuan praktek kerja lapangan (PKL) yang dilakukan di SMK Negeri 3 Kota bekasi agar terbiasa dengan keadaan dunia kerja yang sebenarnya, sehinga membentuk kepribadian yang baik. Dilihat  begitu penting  suatu  lembaga  pendidikan  salah satunya   SMK Negeri 3 Kota Bekasi   melaksanakan   Praktek   Kerja   diberbagai   DUDI   dan   juga   Instansi sebagaimana  menjadi  bekal  bagi  siswa  kedepanya  mengingat  praktek  kerja  industry  adalah program  wajib  para  siswa SMK Negeri 3 Kota Bekasi untuk  menentukan  naik tidaknya  siswa  di  kelas  berikutnya sebab praktek kerja industry adalah nilai laporan hasil belajar siswa. Sehubungan dengan lingkungan sehari-hari siswa dampak negative dikalangan siswa, maka peneitian ini akan membahasa bagaimana manajemen yang dilakukan pihak sekolah kepada siswa PKL SMK Negeri 3 Kota Bekasi sehingga dapat meminimalisir kegiatan negatif dan kenakalan siswa. Metode penelitian   deskriptif   dengan   menggunakan   pendekatan kualitatif. penelitian  ini menggunakan  tiga  metode  yang  biasa  digunakan dalam  penelitian  kualitatif  pada  umumnya,  yaitu  (1)  wawancara,  (2)  observasi, dan  (3)  studi dokumentasi. Sedangkan sumber data yaitu Kepala Sekolah, Kepala Jurusan Teknik Komputer dan  jaringan, WakaHUMAS  Pokja  Dan  PKL, Siswa  Praktek  Kerja  Lapangan, DUDI  Dan Instansi. Hasil penelitian ini bahwa program Praktik Kerja Lapangan (PKL) apabila diatur dengan baik maka akan memberikan dampak positif terhadap siswa PKL. Nilai-nilai pendidikan karakter tertanam dalam diri peserta didik berjumlah 18 butir yaitu: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, cinta damai, Gemar membaca, Peduli linkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab. Sehingga nilai positif ini akan meminimalisir kegiatan yang negatif dilakukan oleh siswa PKL.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar, P. N., Widiada, I. K., & Affandi, L. H. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran IPS dalam Materi Peran Ekonomi di Masyarakat Pada Siswa Kelas V di SDN 30 Ampenan Tahun Ajaran 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 507–515.

Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391–404.

Dewi, N. K. C., Dantes, K. R., & Widiana, I. W. (2023). Evaluation on The Implementation of Field Work Practice (PKL) Program for Students of Xi Grade in Culinary Department. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 14(1), 54–65.

Doringin, F., Umami, N. Z., Sasia, K., & Pangalila, T. (2023). Towards the Model of Learning Management System for Elementary and Secondary Education. Technium Social Sciences Journal, 49, 330–337.

Giroth, L. G. J., Lengkong, J. S. J., Lumapow, H. R., Tuerah, R. M. S., Sumual, S. D. M., Tiwa, T. M., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementation of Digitalization Education Policy in Indonesia in the Era of Pandemic. Promoting Adaptive System to the Current Turbulence within Crisis Environments, 34.

Heatubun, A., Mua, M. M., Sumual, T., & Sumual, S. D. M. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Zaman Kompetitif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4392–4396. Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Pemerintah Republik Indonesia.

Lonto, A. L., Wua, T., Pangalila, T., & Sendouw, R. H. E. (2018). Moral work, teaching profession and character education in Forming Students’ Characters. SPC. Masengi, E. E., Lumingkewas, E., & Supit, B. F. (2023). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 2 Tondano. Academy of Education Journal, 14(2), 1084–1095. https://www.atlantispress.com/proceedings/unicssh-22/125984016

Mogonta, E. A. P., Lengkong, J. S. J., & Sumual, S. D. M. (2023). Implementasi Kebijakan Ujian Sekolah Berbasis Proyek Pada SMA Kristen 1 Tomohon Di Kota Tomohon. Jurnal Mirai Management, 8(3).

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya. Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun kesiapan kerja calon tenaga kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1).

Retno, E. K. (2013). Pengaruh pendidikan dan kemiskinan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

Rismawanda, R., & Khasanah, L. A. I. U. (2021). Penerapan Metode Kooperatif pada Kompetensi Afektif dan Kongnitif Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 1 Sukodadi. MANAZHIM, 3(2), 253–262.

Roti, R. S., Lumapow, H. R., & Sumual, S. D. (2020). Implementation academic supervision of principals at Taraitak public elementary school Langowan district, Indonesia. IJAR, 6(7), 106–111.

Rotty, V. N. J., Giroth, L. G. J., Ruata, K. E., Undap, T. R., & Tengker, A. C. C. (2021). Typology of teacher development. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 670–677.

Sumual, S. D. M. (2023). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12(1), 95–99.

Sumual, S., Kewo, C. L., Dengah, L., Solang, J., & Koloay, D. S. (2023). Peningkatan Kesiapan Siswa SMK Negeri 3 Bitung Dalam Memasuki DUnia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2489–2495.

Sapan, A., Rusdi, M., Yusri Rizki, M., Chayatun Machsunah, Y., Zahruddin, A., Mitra Purba, P., Jendral Sutoyo, M., Kramat jati, K., Jakarta Timur, K., Khusus Ibukota Jakarta, D., Selatan, J., Jambi, K., PGRI Adi Buana Surabaya, U., Dukuh Menanggal XII, J., Menanggal, D., Gayungan, K., Timur, J., Universitas Baturaja, F., Ratu Penghulu No, J., … Utara, S. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Meminimalisir Pengaruh Negatif Teknologi Era Digital. Jl. Sersan Muslim No.RT, 06(01), 3162–3167.

Syur’aini, S., Setiawati, S., & Sunarti, V. (2019). Penanaman Nilai Karakter sebagai Upaya Mereduksi Dampak Negatif Era Digital. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101344

Walukow, M. R., Steward, L. E., Sumual, S. D. M., Sumual, T. E. M., & Mandey, L. J. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif Dan Kreatif Pembelajaran Seni Budaya Studi Kasus: Pentas Seni Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tomohon 2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3607–3617.

Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45–59.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Gawi Yulianti, Hanafiah, and Faiz Karim Fatkhullah. 2025. “Manajemen Praktek Kerja Lapangan (PKL) Untuk Meminimalisir Kegiatan Negatif Peserta Didik (Studi Kasus Di SMK Negeri 3 Kota Bekasi )”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):847-61. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1409.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)