Manajemen Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk Meminimalisir Kegiatan Negatif Peserta Didik (Studi Kasus di SMK Negeri 3 Kota Bekasi )
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1409Keywords:
Manajemen, Praktek Kerja Lapangan, MinimalisirAbstract
Tujuan praktek kerja lapangan (PKL) yang dilakukan di SMK Negeri 3 Kota bekasi agar terbiasa dengan keadaan dunia kerja yang sebenarnya, sehinga membentuk kepribadian yang baik. Dilihat begitu penting suatu lembaga pendidikan salah satunya SMK Negeri 3 Kota Bekasi melaksanakan Praktek Kerja diberbagai DUDI dan juga Instansi sebagaimana menjadi bekal bagi siswa kedepanya mengingat praktek kerja industry adalah program wajib para siswa SMK Negeri 3 Kota Bekasi untuk menentukan naik tidaknya siswa di kelas berikutnya sebab praktek kerja industry adalah nilai laporan hasil belajar siswa. Sehubungan dengan lingkungan sehari-hari siswa dampak negative dikalangan siswa, maka peneitian ini akan membahasa bagaimana manajemen yang dilakukan pihak sekolah kepada siswa PKL SMK Negeri 3 Kota Bekasi sehingga dapat meminimalisir kegiatan negatif dan kenakalan siswa. Metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. penelitian ini menggunakan tiga metode yang biasa digunakan dalam penelitian kualitatif pada umumnya, yaitu (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) studi dokumentasi. Sedangkan sumber data yaitu Kepala Sekolah, Kepala Jurusan Teknik Komputer dan jaringan, WakaHUMAS Pokja Dan PKL, Siswa Praktek Kerja Lapangan, DUDI Dan Instansi. Hasil penelitian ini bahwa program Praktik Kerja Lapangan (PKL) apabila diatur dengan baik maka akan memberikan dampak positif terhadap siswa PKL. Nilai-nilai pendidikan karakter tertanam dalam diri peserta didik berjumlah 18 butir yaitu: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, cinta damai, Gemar membaca, Peduli linkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab. Sehingga nilai positif ini akan meminimalisir kegiatan yang negatif dilakukan oleh siswa PKL.
Downloads
References
Azhar, P. N., Widiada, I. K., & Affandi, L. H. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran IPS dalam Materi Peran Ekonomi di Masyarakat Pada Siswa Kelas V di SDN 30 Ampenan Tahun Ajaran 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 507–515.
Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391–404.
Dewi, N. K. C., Dantes, K. R., & Widiana, I. W. (2023). Evaluation on The Implementation of Field Work Practice (PKL) Program for Students of Xi Grade in Culinary Department. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 14(1), 54–65.
Doringin, F., Umami, N. Z., Sasia, K., & Pangalila, T. (2023). Towards the Model of Learning Management System for Elementary and Secondary Education. Technium Social Sciences Journal, 49, 330–337.
Giroth, L. G. J., Lengkong, J. S. J., Lumapow, H. R., Tuerah, R. M. S., Sumual, S. D. M., Tiwa, T. M., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementation of Digitalization Education Policy in Indonesia in the Era of Pandemic. Promoting Adaptive System to the Current Turbulence within Crisis Environments, 34.
Heatubun, A., Mua, M. M., Sumual, T., & Sumual, S. D. M. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Zaman Kompetitif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4392–4396. Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Pemerintah Republik Indonesia.
Lonto, A. L., Wua, T., Pangalila, T., & Sendouw, R. H. E. (2018). Moral work, teaching profession and character education in Forming Students’ Characters. SPC. Masengi, E. E., Lumingkewas, E., & Supit, B. F. (2023). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 2 Tondano. Academy of Education Journal, 14(2), 1084–1095. https://www.atlantispress.com/proceedings/unicssh-22/125984016
Mogonta, E. A. P., Lengkong, J. S. J., & Sumual, S. D. M. (2023). Implementasi Kebijakan Ujian Sekolah Berbasis Proyek Pada SMA Kristen 1 Tomohon Di Kota Tomohon. Jurnal Mirai Management, 8(3).
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya. Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun kesiapan kerja calon tenaga kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1).
Retno, E. K. (2013). Pengaruh pendidikan dan kemiskinan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).
Rismawanda, R., & Khasanah, L. A. I. U. (2021). Penerapan Metode Kooperatif pada Kompetensi Afektif dan Kongnitif Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 1 Sukodadi. MANAZHIM, 3(2), 253–262.
Roti, R. S., Lumapow, H. R., & Sumual, S. D. (2020). Implementation academic supervision of principals at Taraitak public elementary school Langowan district, Indonesia. IJAR, 6(7), 106–111.
Rotty, V. N. J., Giroth, L. G. J., Ruata, K. E., Undap, T. R., & Tengker, A. C. C. (2021). Typology of teacher development. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 670–677.
Sumual, S. D. M. (2023). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12(1), 95–99.
Sumual, S., Kewo, C. L., Dengah, L., Solang, J., & Koloay, D. S. (2023). Peningkatan Kesiapan Siswa SMK Negeri 3 Bitung Dalam Memasuki DUnia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2489–2495.
Sapan, A., Rusdi, M., Yusri Rizki, M., Chayatun Machsunah, Y., Zahruddin, A., Mitra Purba, P., Jendral Sutoyo, M., Kramat jati, K., Jakarta Timur, K., Khusus Ibukota Jakarta, D., Selatan, J., Jambi, K., PGRI Adi Buana Surabaya, U., Dukuh Menanggal XII, J., Menanggal, D., Gayungan, K., Timur, J., Universitas Baturaja, F., Ratu Penghulu No, J., … Utara, S. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Meminimalisir Pengaruh Negatif Teknologi Era Digital. Jl. Sersan Muslim No.RT, 06(01), 3162–3167.
Syur’aini, S., Setiawati, S., & Sunarti, V. (2019). Penanaman Nilai Karakter sebagai Upaya Mereduksi Dampak Negatif Era Digital. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101344
Walukow, M. R., Steward, L. E., Sumual, S. D. M., Sumual, T. E. M., & Mandey, L. J. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif Dan Kreatif Pembelajaran Seni Budaya Studi Kasus: Pentas Seni Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tomohon 2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3607–3617.
Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gawi Yulianti, Hanafiah, Faiz Karim Fatkhullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.