Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Tasawuf Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 7 Sawangan Depok

Authors

  • Supradijono Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.557

Keywords:

Rohis, Ekstrakurikuler, Tasawuf

Abstract

Di masa globalisasi seperti sekarang ini ternyata ada problematika  yang fatal dimana terkikisnya nilai-nilai etika dan moral di berbaqgai generasi, terutama para remaja kita, Dikalangan remaja banyak pergaulan bebas, tawuan, kekerasan, dan berbagai kerusuhan, dikalangan dewasa perilaku kehidupan yang menyimpang sperti kejahatan korupsi, kolusi dan nepotisme , paradigma materialis dan hedonis sangat terasa pada generasi umat pada saat ini, sehingga tidak berlebihan jika saat ini banyak tokoh ulama kita yang mengatakan bahwa saat ini terjadi krisis multi dimensi. Oleh karena masyarakat kita adalah muslim, maka ini adalah merupakan tanda-tanda kegagalan pada pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah menanamkan nilai-nilai tasawuf (akhlaq), menjauhkan para remaja dari paradigm materialism hedonis. Metode penelitian kualitatif  bercorak study pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field research), sumber data dari naskah dokumen dan data lapangan. Lokasi penelitian adalah SMA Muhammadiyah 7 Sawangan, Depok. “Tasawuf Modern” karya  Buya Hamka merupakan sumber data utama pada penelitian ini.. Sudah bukan rahasia lagi bahwa masalah pendidikan agama Islam pada hampir setiap sekolah (negeri) adalah sangat kurang dalam segalanya, kurang waktunya, kualitas pembinaannya dan sarananya, Untuk itu hperlu reorientasi pendidikan kearah holistik. Rohis dengan kegiatan ektrakurikuler tasawuf sebagai salah satu solusi. Sehingga tercipta integrasi dimensi ketaatan vertkal kepada Allah dan tercipta dimensi dialektikal  horizontal kepada sesame. Diharapkan siswa-siswa kelak menjadi orang yan mempunyai “karakter religius” yang tertermin dalam sikap kehidupannya diantaranya : 1).kekhusu’an komunikasi dengan Allah, 2) ketaatan dalam beragama, 3) keikhlasan, 4) selalu dalam kebaikan, 5)  mencintai sesama manusia saleh dan berakhlakul karimah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. (2000). Methodologi. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Abudin, N. (1996). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aceh, A. B. (1984). Pengantar Sejarah Sufi dan Tasawuf. Solo: Ramadlani.

Ahmad Warson Munawir. (1984). Al Munawir : Kamus Arab - Indonesia. Yogyakarta: PP Al Munawir.

Ahmad, M. (2015). Ahlak taswuf. Tesis.

Al-Abrasyi, M. A. (1993). Dasar Dasar Pokok Pendidikan Islam Terj.Bustami.

Al-Anbiya, Ayat 25. (n.d.). Ayat : 25.

Al-Ghazali. (1970). Khuluq al-Muslim, terjemahan Al-Kuds. Bandung: Al-Bayan.

Al-Ghazali. (2006). Minhaj Al-'Abidin terjemah Moh Syamsi Hasan . Surabaya: Penerbit Amelia.

al-Jayllani, S. '.-Q. (1996). Sir al Asror terjemah KH. Zezen Abidin . Tasikmalaya: Pondok Pesantren Suralaya.

Al-Juwayni. (1085). Al- 'Aqidah al Nizhamiyyah. Bayrut: Dar al-Masyriq.

Amin Syukur. (1985). Zuhud di Abad Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ananda. (2016).

Assegaf, A. R. (2011). Filsafat Pendidikan Islam :Paradigma Baru Pendidikan Hadhori Integratif - Interkononektif. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Azra, A. (2017). Historiografi Islam Kontemporer. Epistemologi Tasawuf Modern, 18.

Azra, A. (n.d.). Histografi Islam Kontemporer.

Chaniago, A. M. (2015, Januari 10). http:// alimargosimchaniago.blogspot.com/200 Mengenang Seratus Tahun Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amarullah (HAMKA).

Damami, M. (2000). Tasawuf Positif ( dalam Pemikiran Hamka). Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Dartim. (2017). Pemikiran Pendidikan Islam menurut Buya Hamka Tahun 1950-1980, telaah Buku Falsafah Hdup dan Pribadi Hebat. Surakarta: Tesis.

Departemen Agama. (2004). Kegiatan Pendidikan Ektrakurikuler Agama Islam. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam.

Dewi, R. A. (2017). Peranan Rohis Terhadap ....

Fahmi, A. H. (1979). Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Farikhah, K. (2017). Pendidikan Integral Perspektif Hamka (skripsi). Salatiga: Uin Salatga.

Ghazali, A. (1970). Khuluq Al Muslim, Terjemah Al- Quds. Bandung: Al Bayan.

Hadi, S. (1996). Metodologi Research. Jogyakarta : Yayasan Penerbitan Psikologi UGM.

Hamdani. (2001). Pendidikan Ketuhanan dalam Islam. Surakarta: UMS Press.

Hamka, R. (2017). Pribadi dan Martabat Buya Hamka.

Hamka, R. (2017). Pribadi dan Martabat Buya Hamka.

Hamka. (1962). Perkembangan Tasawuf dari Abad ke Abad. Jakarta: Pustaka Islam.

Hamka. (1990). Perkembanagn Tasawuf dan Pemurniannya. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hamka. (1990). Prinsip dan Kebijaksanaan Da'wah Islam . Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hamka. (1992). Pandangan Hidup Muslim. Jakarta: PT,Bulan Bintang.

Hamka. (1996). Tasawuf Modern. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hamka. (2012). Pelajaran Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Hamka. (2015). Tasawuf Modern ; Bahagia Itu Dekat Dengan Kita, Ada Dalam Diri Kita Edisi Revisi. Jakarta: Republika.

Hamka. (2017). Dari Hati ke Hati.

Hamka. (2017). Lembaga Hidup. Jkarta: Republika.

Hamka. (217). Falsafah Hidup. Jakarta: Republika.

Harry, M. (2006). Tokoh - Tokoh Islam. Jakarta: Gema Insani.

Hasan, A. H. (1954). Al-Tasawuf Fi Syi'r Al-Arabi (Terjemahan Al Ghifari). Mesir: Anjalu Al-Misriyah.

Hasan, A. H. (1954). Al-Tasawuf Fi Syi'r Al-Arabi, terjemahaq Al- Ghifari. Mesir: Al Anjalu al Misyriyah.

Hasan, H. b. (2019). Manhaj Tarbiyah Ibn Qoyim(Terjemahan Muzaidi). Agama danPendidikan Islam.

Husaini Adian & Setiawan, B. (2020). Pemikiran dan Perjuangan M.Natsir dan Hamka dalam Pendidikan. Jakarta: Gema Insani.

Irfan, H. (2014). Ayah (Kisah Buya Hamka). Jakarta: Republika Penerbit.

Iskarim, M. (2016). Dekadensi moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam menumbuhkan Moralitas Generasi bangsa). Jakarta: Edukasi Islamika.

Islam, D. R. (2017). Epistemologi Tasawuf Modern. 18.

Islam, D. R. (n.d.). Ensiklopedia Islam.

Koesmaryati. (2020).

Kurikulum ISMUBA. (2017).

Majid, N. (1997). Tradisi Islam Peran dan Fungsinya dalam pembangunan di Indonesia. Jakarta: Paramdina.

Malik, M. A. (2014). Tokoh Tokh Tasawuf dan Pembagiannya.

Marimba, A. (1984). Pengantar Pendidikan Islam.

Masnun, M. (2007). Pendidikan Agama Islam dalam Sorotan. Jurnal Pendidikan Islam Lektur Vol.13 Desember 2007, 231.

Muhadjir, N. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam - Mungurai Benang kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Munawir. (1984).

Nasarudin-Umar. (2021). Menjalani Hidup Salikin. Jakarta: Gramedia.

Nasarudin-Umar. (2022). Wawancara. Masjid istiqlal. Jakarta.

Nasution, H. (1983). Filsafat dan Mistisme Dan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Nasution, Y. (1983). Corak Pemikiran Kalam Tafsir Al-Azhar.

NoerAli dkk, A. (2017). Upaya Ekstrakulikuler Kerohanian Islam (Rois) ...

Ramadhan, S. (2022). Konsep Pendidikan Tasawuf ModernWwancara. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah.

Salihin. (2016). Pemikiran Tasawuf Hamka dan Relevansinya bagi Kehidupan Modern. Tesis.

Setiani, R. (2011). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan buku Tasawuf Modern Hamka.

Suharto, T. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aruzz Media.

Syukur. (1985).

Tafsir, A. (1994). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda Karya.

Tafsir, A. (2016). Filsafat Pendidikan Islam Integrasi Jasmani, Rohani dan Qalbu memanusiakan manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tayibnafis. (2000).

UU RI No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Yusup Yunan. (2017). Corak Pemikiran Kalam Tafsir Al-Azhar. 17.

Zul, D. R. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Buya Hamka. Tesis.

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Supradijono, Akhmad Alim, and Hasbi Indra. 2023. “Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Tasawuf Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 7 Sawangan Depok”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1652-66. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.557.

Issue

Section

Articles