Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Peserta SD Islam Amanah Ummah Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.575Keywords:
Peindidikan, Agama Islam, Nilai ReiligiuisAbstract
Agama merupakan sumber dari nilai religius dan mempuinyai keterkaitan yang sangat irat untuk masuk kedalam jiwa seseorang. Untuk membentuk manusia yang agamis dan mempunyai nilai-nilai religius dalam dirinya diperlukan pendidikan yang terarah. Sebuah lembaga pendidikan hendaknya mengenalkan dan menanamkan tauhid atau akidah kepada peserta didik sebagai pondasi awal sebelum peserta didik mengenal banyaknya disiplin ilmui lainnya. Deingan begitu para guru umumnya dan guru pendidikan agama Islam khususnya untuk berupaya menciptakan budaya religius dan meningkatkan potensi religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak. Pertanyaan dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah SD Islam Amanah Ummah Surakarta dan pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di SD Islam Amanah Ummah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Penguimpulan data dilakuikan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil dari peneilitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religiuis di lingkungan SD Islam Amanah Ummah Surakarta dilakukan deingan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti membiasakan mengucapkan salam, berjabat tangan, santun dalam berbicara, sopan dalam bersikap, dan saling menghormati baik dengan guru maupun sesama teman. Kemudian terkait program-program dalam kurikulum khusus mengenai keagamaan, seperti diadakannya TPA, kemudian sholat dhuha berjamaah, sholat dhihur berjamaah, kemudian adanya pembinaan bakat seperti tahfid, pidato, kultum bagi laki- laki dan juga adanya ceramah atau kajian, infaq dan juga menghafalkan surat-surat pilihan dalam Al-Qur’an, kemudian keteladan dan kidisiplinan yang diberikan oleh semua warga sekolah. Pembelajaran intrakurikuler pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius peserta didik SD Islam Amanah Ummah Sirakarta dilakukan dengan cara sistematik dengan menggunakan kurikulum 2013 dan sesuai dengan unsur-unsur pembelajaran. Dan pembelajaran intrakurikuler juga dilakukan dengan berpusat pada peserta didik dan dimaksimalkan pada aspek-aspek materi konseptual dan ilustrasi serta pemberian contoh-contoh yang kontekstual. Kemudian untuk pengamalannya dilakuikan dengan penilaian sikap dan kontrol perkembangan sikap serta praktik-praktik keagamaan.
Downloads
References
Abdul Latif. (n.d.). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Refika Aditama.
Abdul Majid. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama islam. Remaja Rosdakarya.
Ahmad Tafsir. (2004). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. PT.Remaja Rosdakarya.
Ali Ashraf Bukhari Umar. (n.d.). Ilmu Pendidikan Islam.
Daradjat, Z. (2010). Ilmu Jiwa Agama. Bulan Bintang.
Deddy Mulyana. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT Remaja Rosdakarya.
JS Badudu, & Zain, S. M. (2004). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan.
Lexy J. Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fandriyanto, Uswatun Khasanah, Meti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.