Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Nahdhatul Mu’alimin Surakarta Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.607Keywords:
Bahasa Arab, Metode, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Pembelajaran bahasa Arab penting bagi setiap umat Islam karena merupakan bahasa Al-Quran, Hadits, dan bahasa yang digunakan para ulama untuk menyusun disiplin ilmu dalam kajian Islam. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk menyelidiki metodologi pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Nahdhatul Mualimin Surakarta. Sebagaimana diketahui, ada tiga jenis metodologi penelitian: klasik, modern, dan campuran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa metodologi pembelajaran bahasa Arab pada subjek penelitian adalah pendekatan campuran.
Downloads
References
Profil NDM. https://ndmsurakarta.sch.id/profile-ndm/
Al-Batal, M., & Al-Tonsi, A. (2003). Al-Kitaab fii Ta'allum al-'Arabiyya: A Textbook for Beginning Arabic. Georgetown University Press
Acep Hermawan. (n.d.). (2007) Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Alwasilah, A. C. 2010. Pengantar ke dalam metode linguistik. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39
W. James Popham dan Eva L. Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terj. Amirul Hadi, dkk). Jakarta: Rineka Cipta.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya
Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD.
Marzano, R.J. (2003). Classroom management that works: Research-based strategies for every teacher. Virginia: Association for Supervision and Curriculum development (ASCD).
Meyers, C., & Jones, T. B. (1993). Promoting Active Learning: Strategies for the College Classroom. Jossey-Bass.
D. Hidayat. 2008. Dalam Syuja’i, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab ’Strategi dan Metode Pengembangan Kompetensi’. Semarang: Wali Songo Press
Akyuni, Qurrata. 2013. "Urgensi Reward dalam Pendidikan." Serambi Tarbawi 1.1.
Popham, W. J. (2018). Classroom assessment: What teachers need to know. Pearson.
Arief S. Sadiman, dkk. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatanya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012
Subur, Pendekatan Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol. 11, No. 2, 2006
Maksudin, & Nurani, Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Teori Dan Praktik. Yogyakarta: 2018
Nginayatul Khazanah, Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua. Kebumen: Institute Agama Islam Nahdhatul Ulama (IAINU) Kebumen, 2016
Muhammad Farid Wajdi, Ilmu Balaghah Dan Obyek Kajiannya, https://immimpangkep.ponpes.id/blogguru/blog/ilmu-balaghah-dan-objek-kajiannya/, 2021
Muhammad Mujiyanto, Memahami Ilmu Balaghah. Jakarta: Fahimna Publishing, 2021
Ansa Andriyani, Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Di Dunia Pendidikan. Tulungagung: Ta'llum Vol. 3, 2015
Arief S. Sadiman, dkk. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012
Subur, Pendekatan Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. (Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol. 11, No. 2, 2006
Hudaniati, Urgensi Bahasa Arab. Sorong: Institute Agama Islam Negri Sorong, 2019
Maksudin, & Nurani, Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Teori Dan Praktik. Yogyakarta, 2018
Nginayatul Khazanah, Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua, Institute Agama Islam Nahdhatul Ulama (IAINU. Kebumen. Kebumen, 2016
Busman Edyar, dkk (Ed.), Sejarah Peradaban Islam. Pustaka Asatruss, Jakarta, 2009
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mustofa, Siti Rahimah, Meti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.