Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Nahdhatul Mu’alimin Surakarta Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Mustofa Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Siti Rahimah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Meti Fatimah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.607

Keywords:

Bahasa Arab, Metode, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab penting bagi setiap umat Islam karena merupakan bahasa Al-Quran, Hadits, dan bahasa yang digunakan para ulama untuk menyusun disiplin ilmu dalam kajian Islam. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk menyelidiki metodologi pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Nahdhatul Mualimin Surakarta. Sebagaimana diketahui, ada tiga jenis metodologi penelitian: klasik, modern, dan campuran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa metodologi pembelajaran bahasa Arab pada subjek penelitian adalah pendekatan campuran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Profil NDM. https://ndmsurakarta.sch.id/profile-ndm/

Al-Batal, M., & Al-Tonsi, A. (2003). Al-Kitaab fii Ta'allum al-'Arabiyya: A Textbook for Beginning Arabic. Georgetown University Press

Acep Hermawan. (n.d.). (2007) Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Alwasilah, A. C. 2010. Pengantar ke dalam metode linguistik. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39

W. James Popham dan Eva L. Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terj. Amirul Hadi, dkk). Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD.

Marzano, R.J. (2003). Classroom management that works: Research-based strategies for every teacher. Virginia: Association for Supervision and Curriculum development (ASCD).

Meyers, C., & Jones, T. B. (1993). Promoting Active Learning: Strategies for the College Classroom. Jossey-Bass.

D. Hidayat. 2008. Dalam Syuja’i, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab ’Strategi dan Metode Pengembangan Kompetensi’. Semarang: Wali Songo Press

Akyuni, Qurrata. 2013. "Urgensi Reward dalam Pendidikan." Serambi Tarbawi 1.1.

Popham, W. J. (2018). Classroom assessment: What teachers need to know. Pearson.

Arief S. Sadiman, dkk. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatanya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012

Subur, Pendekatan Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol. 11, No. 2, 2006

Maksudin, & Nurani, Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Teori Dan Praktik. Yogyakarta: 2018

Nginayatul Khazanah, Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua. Kebumen: Institute Agama Islam Nahdhatul Ulama (IAINU) Kebumen, 2016

Muhammad Farid Wajdi, Ilmu Balaghah Dan Obyek Kajiannya, https://immimpangkep.ponpes.id/blogguru/blog/ilmu-balaghah-dan-objek-kajiannya/, 2021

Muhammad Mujiyanto, Memahami Ilmu Balaghah. Jakarta: Fahimna Publishing, 2021

Ansa Andriyani, Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Di Dunia Pendidikan. Tulungagung: Ta'llum Vol. 3, 2015

Arief S. Sadiman, dkk. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012

Subur, Pendekatan Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. (Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol. 11, No. 2, 2006

Hudaniati, Urgensi Bahasa Arab. Sorong: Institute Agama Islam Negri Sorong, 2019

Maksudin, & Nurani, Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Teori Dan Praktik. Yogyakarta, 2018

Nginayatul Khazanah, Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua, Institute Agama Islam Nahdhatul Ulama (IAINU. Kebumen. Kebumen, 2016

Busman Edyar, dkk (Ed.), Sejarah Peradaban Islam. Pustaka Asatruss, Jakarta, 2009

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Mustofa, Siti Rahimah, and Meti Fatimah. 2023. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Nahdhatul Mu’alimin Surakarta Dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1753-59. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.607.

Issue

Section

Articles