Penerapan Metode Tamyiz Dalam Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Ridha Klaten
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.778Keywords:
Pembelajaran, Metode Tamyiz, Terjemah Al-Qur'anAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tamyiz dalam upaya peningkatan hasil pembelajaran terjemah Al-Quran. Pembelajaran terjemah Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tamyiz mempunyai prinsip pengajaran tersendiri. Prinsip pengajarannya menggunakan Neuro Linguistic dan pengajar harus fun and active teacher. Pengajarmya jauh dari perilaku kasar dan menakutkan bagi para peserta didik. Syarat belajar Tamyiz, sudah bisa membaca Al-Quran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pesantren ar-ridha klaten. Data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumenter. Sedangkan sumber data didapat dari peserta didik, waka kurikulum, tutor tamyiz dan pimpinan pondok ar-ridha klaten. Analisis data terdiri dari Reduksi data, Display atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian ditinjau berdasarkan teori yang ada. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui proses triangulasi sumber. Hasil penelitian ini pertama : penerapan metode tamyiz dalam upaya peningkatan hasil pembelajaran terjemah Al-Qur’an menggunakan model pembelajaran Quantum yaitu sebuah model yang membiasakan belajar menyenangkan demi meningkatkan minat belajar sampai hasil belajar peserta secara menyeluruh. Kedua : Hasil penilaian observasi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran tamyiz terbilang evektif dan efesien sebab kemampuan santri-santri dalam pembelajaran terjemah Al-Qur’an keseluruhannya sudah mencapai nilai KKM (75).
Downloads
References
‘Amarah, Mushtafa Muhammad, Jawahirul Bukhari, Syarah Al-Qasthalaniy 700 Hadis Masyruhah, Surabaya: Darul Kitab Islami, t.t
A. Widyamartaya, Seni Menerjemahkan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1989
Abaza, MM., Tamyiz, Terjemah Qur’an 30 Juz dan Kitab Kuning, Jakarta: Tamyiz Publising, Cek. II, 2011
Alam, Sei. H. Datuk Tombak, Metode Menterjemah Al-Qur’ānul Karim 100 Kali Pandai, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1983
al-Bukhari, Abi Abdirrahman Muhammad bin Isma’il, Matan Al Bukhari, Bandung: CV Diponegoro, No. hadits 4704, Juz III, tth
al-Qaradhawi, Yusuf, Berinteraksi dengan Al-Qur’ān, Ter. Abdul Hayyie alKattani, Jakarta: Gema Insani Press, 1999
al-Qaththan, Syaikh Manna’, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’ān, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006
al-Utsaimin, Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih, Bagaimana Kita Memahami AlQur’ān, Malang: Cahaya Tauhid Press, 2006
Anwar, Rosihon, M.Ag., Ulum Al-Qur’ān, Bandung: CV Pustaka Setia, Cet III, 2012
Arista Kustyamegasari. (2020). Agung Setyawan. Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 SDN Banyuajuh 6 Kamal. Jurnal Prosiding Nasional pendidikan. Vol. 1, No. 1. Pp.528-529.
Chudzaifah, Ibnu & Hikmah, Nailil. A, 2019. “Pengembangan RPP (Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran) Berbasis Pendidikan Karakter”. Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan Islam. Vol. 3, No. 1.
Departemen Agama RI, Al-Qur’ān dan Terjemahnya, Bandung: Jumanul ‘Ali Art, 2004
Effendy, Ahmad Fuad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
el Fauzy, Hafiyya Izdihaar. 2018. “Andragogi Pembelajaran Bahasa Arab Metode “Tamyiz” dalam Prespektif Pendidikan Non Formal”. Jurnal Pembelajaran Bahasa, Sastra dan Budaya Arab. Universitas Negeri Malang.
Fitrah, Muh & Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisa Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Kristi Purwandari. (2011). Penfekatan Kualitatif Untuk Manusia, (Jakarta: Mugi Eka Lestari, 2005). hlm.127.
Khoirul Wildani dan A. Jauhar Fuad. Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Baca Kitab Kuning. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies. Volume III, Nomor 1, Juni 2018; p-ISSN: 2541-2051
Lexy J Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Rasyad, Rasdiyan. (2002). Metode Statistik Deskriptif untuk Umum. Jakarta: Grasindo
Raswan. “Tamyiz: Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning And Teaching VI, no. 1 (2017): 18–28.
Ratih, Arini Rena, Studi Penerapan Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Terjemah Al-Qur’ān di Mi Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta, Naskah Publikasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Agama Islam, 2014
Romayani, Dina. Efektifitas Metode Tamyīz dalam menterjemahkan Al-Qur’ān sebagai pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Satu Atap I Lelea. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 13 No. 2 – 2015
Subandi. Diskripsi Kualitatif sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. HARMONIA, Volume 11, No.2 / Desember 2011
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sidiq, Umar & Choiri, M. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: cv. Nata Karya.
Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Pemula.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sunhaji. 2013. Pembelajaran Tematik-Integratif PAI dengan Sains. Yogyakarta: STAIN Press.
Suyanto, Bagong. 2010. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana Prenada Group. Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.
Ulfah Nur’aini Nandawati. 2021. “Pengaruh Metode Tamyiz terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Nahwu-Shorof Siswa Kelas VII SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 syahriyanto syahri, meti fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.