Manajemen Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Islam Terpadu Permata Gemilang BSD Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.608Keywords:
Manajemen Supervisi Akademik, Kinerja Guru, SMP Islam TerpaduAbstract
Berbicara pendidikan tidak akan lepas dengan istilah mutu. Indikator mutu itu sendiri dapat diukur dengan kegiatan supervisi yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pimpinan lembaga yang ada pada sekolah yang di pimpin. Peran kepala Sekolah mampu melakukan terobosan dalam hal pengelolaan kinerja guru dan untuk meningtkan profesionalisme guru. Penelitian yang dipilih penulis merupakan penelitian kepustakaan atau library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber pustaka yang dilakukan dengan cara menelusuri dan menelaah literatur-literatur primer maupun sekunder buku-buku tentang supervisi akademik, peran kepala sekolah, membangun iklim kerjasama serta karangan ilmiah lainnya. Keberhasilan kepalasekolah dan komite sekolah dalam peningkatan kinerja guru sangat bergantung dari manajemen pengawasan yang dilakukan meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindaklanjut. Kemampuan kepala sekolah membangun iklim kerjasama yang baik dengan komitesekolah akan memudahkan lembaganya mencapai kebijakan dan tujuan bersama dalam hal mengontrol mutu pendidikan di lembaganya secara berkesinambungan. Artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan manajemen supervisi akademik kepala sekolah dan menganalisis peran kepala sekolah dan komite sekolah dalam peningkatan kinerja guru.
Downloads
References
Cookson,Maria Dimova, and Peter M.R.Stirk. Mengenal Supervisi Manajerial, 2019. Febriana, Lilys. “Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN1 Palembang.” Jurnal PAIRaden Fatah1,no. 2(2019): 152–63.
Iskandar, Azis. Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management 5, no.1 (2020):69–82. https://doi.org/10.15575/isema. v5i1. 5976.
Muriah, Siti. Peran Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Dinamika Ilmu 12, no. 01 (2012): 1–15.
Muslim. Peran Supervisi Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: StudiPada Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tasikmalaya. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review1,no.1 (2017):55–62.https://jurnal. unigal. ac.id/index. php/ijemar/article/view/936/831.
Ningsih, Kartini Dewi, Edi Harapan, and Destiniar Destiniar. Pengaruh Komite Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 6, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31851/jmksp. v6i1.3921.
Nursanti, Ristu,Yari Dwikurnaningsih, and Mawardi Mawardi. Evaluasi Kinerja KomiteSekolah Di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 7, no. 1(2020):73–85. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020. v7.i1.p73-85.
Pendidikan, A Proses Supervisi. Proses Dan Teknik Supervisi, 2019,1–5.
Praja, Riyuzen Tuala.Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Yunus Rangkuti, H.R. Supyan Sauri, Jonisar, Miftahul Hadi, Anwar Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.