Pendidikan Multikultural Dalam Al-Qur'an

Authors

  • Muh. Kharisman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Hastuti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Titi Mildawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Yusuf Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ahmad Mujahid UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.847

Keywords:

Pluralitas, Multikulturalitas, Keanekaragaman

Abstract

Al-Qur’an sebagai petunjuk universal berisi pedoman serta berbagai pokok aturan hingga sejarah yang sangat dibutuhkan manusia demi keberlangsungan hidup yang teratur. Keteraturan tersebut dapat berupa tingkah laku dan tata cara hidup manusia baik secara individual atau personal hingga kelompok atau komunal. Pesan-pesan yang disampaikan al-Qur’an diharapkan dapat menjadi pedoman bagi manusia dalam ber-mu’amalah sebagai bentuk upaya menjaga kerukunan serta kedamaian multicultural. Untuk itu, bagaimana pada dasarnya prinsip dari konsep multikultural dalam pendidikan Islam? Dan bagaimana efektivitas dari konsep pendidikan multikultural apabila diterapkan di Indonesia dengan landasan Islami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif disertai pendekatan metode tafsir tematik (Maudhu’i). Pendidikan mulitkultural dikenal dengan sistem pendidikan yang membiasakan jiwa siswa untuk dapat menghargai akan keragaman budaya masyarakat. Paradigma1multikultural secara implisit1juga menjadi1salah satu fokus1dari Pasal 4 Undang-undang N0. 20 Tahun 2003 tentang Sistem1Pendidikan1Nasional, terkhusus pada1Bab III yang1membahas prinsip1penyelenggaraan pendidikan. Berdasarkan konsepm Islami pendidikan multicultural telah diajarkan sejak pertamakali manusia diciptakan, hal ini sebagaimana telah difirmankan Allah SWT didalam QS. Al-Hujurat ayat 11, 12 dan 13 serta al-Hijr, asy-syura ayat 40 yang menngajarkan untuk toleransi, menghargai dan juga dapat meahami satu sama lain untuk saling menyayangi walaupun dengan keanekaragaman etnis di dunia termasuk keanekaragaman dalam berbudya. Islam secara garis besar memiliki landasan perspektif pluralitas dan multikulturalitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Audah, Abd al-Qadir. at-Tasyri’ al-Jinaiy al-Islamiy (Beirut: Dar al-Fikr al-Arabi, t.t.), Juz. II, h. 498.

Al-Wahhab Khalaf, Abd 'Ilm Ushul al-Fiqh. Kuwait: Dar al-Qalam, 1978

Departemen Agama RI. Al-qur’an dan terjemahannya, Jakarta, Maghfiroh Pustaka, 2018

Mustari, Mohammad. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Raja Grafindo Persada: 2014

Mahfud, Choirul Pendidikan Multikultural, Cetakan VIII, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2016

Mustari, Mohammad. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Raja Grafindo Persada:2014

Musa’id, Thayyar. Fushul fi Ushul at-Tafsīr, Riyaḍ Saudi Arabia: Dar al-Nasyr ad-Dauli. 1993

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbāh: Pesan. Kesan Dan Keserasian AlQur‟an, 2006

Sulalah, Pendidikan Multikultural : Didaktika Nilai-nilai, Universalitas Kebangsaan, Malang : UIN Maliki Press, 2014

Suryana, Yaya dan H. A.Rusdiana, Pendidikan Multikultural (Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa. Bandung: Pustaka Setia, 2015

Agustina, Devi. Sari, Nopita. Toriyono, Muhammad Dwi. Tinjauan Pendidikan Multikultural Dalam Al Hujurat Ayat 13. Ta‟limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No 2 April (2022) hlm. 121-122

Achmaduddin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural: Konsep, Karakteristik, dan Pendekatan. Jurnal Edukasi. Vol. 4. No. 1. (2018). Hlm. 3

Anam, Sa’bah Chamidil. Alhamuddin, Khambali. Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 11-13. Prosiding Pendidikan Agama Islam. (2020) Hlm. 55-56 http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26206

Ismail, Shalahudin. Zahrudin, Ma’mun. Ruswand, Uus. dkk. Konsep Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 213. Jurnal Asatidza: Vol 1, No.3 2020

James Bankes “Multicultural Education: Historical Development. Dimensions, and Practice”, Review of Research in Education, 2018.

L.Tiedt, Pamela dan Iris M. Tiedt, Multicultural TeaclJing: A Handbook of Activities Information and Research, USA: 2020

Nasihin, Sirajun. Pendidikan Multikultural (Problem dan Solusinya) dalam Perspektif AlQur’an dan Hadits. Jurnal AlMuta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang. Vol. I No. 1, (2019) Hlm. 162–177.

Nasihin, Sirajun. Pendidikan Multikultural (Problem dan Solusinya) dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, (2017). Hlm. 162–177

Na‟im, Zaedun. “Membumikan Pendidikan Multikultural Dalam Bingkai Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan dan Keislaman, Vol. 9 No. 1 (2020), Hal. 39

N, Nurkholis. Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, vol. 3 no. 3, (2020) hlm. 87-105. https://doi.org/10.51476/dirasah.v3i3.151

Nurmalia. Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif al-Qur’an. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, (2020). 01(1), 209–234

Purwaningsih, E. Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (2018). Vol. 7 No. 2, Hlm. 1699–1715. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17

Ratini, Yuli, “Nilai-nilai Pendidikan Multikultural (Telaah Al Qur‟an Surah Al Hujurat Ayat 13)”, Skripsi, IAIN Salatiga, 2019

Rif’atul Mahfudhoh, M. Y. A. ‘Multikulturalisme Pesantren di antara Pendidikan Tradisional dan Modern, Religi:Jurnal Studi Islam, (2015) hlm. 100–129

Rosyada, D. Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, (2019) Vol. 1 No. 1. https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200

Siregar, Rahmayani. Nilai Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Alquran (Studi Analisis Tafsir Al-Maraghi). Tesis Magister. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Medan Sumatera Utara Medan 2018. Hlm. 22-25

Stavenhagen, Rudolfo., Education for Multikultural World dalam Jasque Delors. Learning: the Treasure Within. (Paris: UNESCO), 1996.

Suparman, Heru. Multikultural Dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Studi Alqur’an dan Hadis, Volume 1, Nomor 2, (2018). Hlm. 12

T., Waskito, & M, Rohman. Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Quran. Jurnal Ilmu Pendidikan, (2018). 14(02), 29–43

Zulaiha, Eni dan Radiana, Aan. Kontribusi Pendekatan Semantik pada Perkembangan Penelitian Alquran, dalam al-Bayan: Jurnal Jurnal Studi Alquran dan Tafsir . Bandung: Ushuluddin Press: 2019

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Muh. Kharisman, Hastuti, Titi Mildawati, Muhammad Yusuf, and Ahmad Mujahid. 2024. “Pendidikan Multikultural Dalam Al-Qur’an”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):461-76. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.847.

Issue

Section

Articles