Pengembangan Potensi Kecerdasan Manusia Menurut Al-Quran
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.850Keywords:
Pengembangan, Potensi, Kecerdasan Manusia, Al-QuranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep dan panduan yang terkandung dalam Al-Quran tentang pengembangan potensi kecerdasan manusia. Al-Quran, sebagai kitab suci dalam Islam, mengandung ajaran-ajaran yang mencakup berbagai aspek kecerdasan, termasuk intelektual, emosional, sosial, dan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada analisis teks Al-Quran, tafsir, dan literatur terkait untuk menggali pandangan Islam tentang pengembangan kecerdasan manusia. Metode penelitian melibatkan studi literatur mendalam tentang ayat-ayat Al-Quran yang terkait dengan kecerdasan manusia, serta analisis tafsir dan pandangan ulama Islam terkemuka. Data-data ini kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi konsep-konsep kunci yang berkaitan dengan pengembangan kecerdasan dalam Al-Quran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Quran mendorong manusia untuk mencari pengetahuan dan pemahaman, menjalani kehidupan yang taat kepada Allah, dan mengembangkan kepribadian yang baik. Konsep-konsep seperti takwa, moralitas, keadilan, kreativitas, dan empati terhadap sesama merupakan bagian integral dari pengembangan kecerdasan manusia menurut Al-Quran. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya keseimbangan dalam pengembangan berbagai aspek kecerdasan, sehingga manusia dapat mencapai kesempurnaan dalam kehidupan mereka sesuai dengan ajaran Islam. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan, pembangunan karakter, dan pengembangan pribadi dalam masyarakat Muslim.
Downloads
References
Abukari, A. (2014). Education of women in Islam: A critical Islamic interpretation of the Quran. Religious Education, 109(1), 4–23. https://doi.org/10.1080/00344087.2014.868203
Andika, M. (2018). Reinterpretasi Ayat Gender Dalam Memahami Relasi Laki-Laki Dan Perempuan (Sebuah Kajian Kontekstual Dalam Penafsiran). Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 17(2). https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/MUSAWA/article/view/172.137-152/1541
Arabi, A., Harahap, I., & Ekowati, E. (2023). Konsep Persaudaraan dalam Pandangan Islam dan Budha. Anwarul, 3(6), 1142–1154. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i6.1611
Darmadi, H. (2018). Kecerdasan Spiritual. Penerbit Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=56FqDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=kSI3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Duryat,+H.+Masduki.+Paradigma+Pendidikan+Islam:+Upaya+Penguatan+Pendidikan+Agama+Islam+di+Institusi+yang+Bermutu+dan+Berdaya+Saing.+Penerbit+Alfabeta,+2021.&ots=HeCOb9cyIu&sig=wVt
Faoziyah, S. (2023). Inklusi Sosial Dalam Perspektif Keislaman: Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Untuk Semua. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 5(1), 47–56. https://doi.org/10.54783/jin.v5i1.677
Guna Maharani, A. P., Rika Gamayuni, R., & Widiyanti, A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 973–989. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.472
Hakim, L. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(1).
Hasan, C. J. (2019). Bimbingan Dzikir dalam Meningkatkan Kecerdasan. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(2), 121–140.
Herwati, & Ainol. (2021). Emotional Qoutient (EQ) Perspektif Muhammad Ustman Najati Dalam Kitab al-Hadist an-Nabawiy al ‘Ilm an-Nafs. Conseils : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 58–70. https://doi.org/10.55352/bki.v1i2.97
Iryani, E. (2017). Al- Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan Eva Iryani 1. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 70. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/403/370
Islam, P. P., Muspiroh, N., & Islam, N. (2013). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, XXVIII(3), 484–498. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/70659848/557-libre.pdf?1636070497=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DINTEGRASI_NILAI_ISLAM_DALAM_PEMBELAJARAN.pdf&Expires=1699102153&Signature=Iqy9O642WJSoqaCdUzwo439gjMVm-8vJzdNOdP~fDE0Si33GWIV9ocRrlbwDY6MtO0m1kMVy97xQJAyj~vkkT2r-RGlYj6hwH3~hr-vd1~LzkYkb12eUhhj~rX8roqVTs9L1sW6aa-2xV7vk5WHVRD0r3268UNQE~fQPmTxjhQ2R0HL-j5ktnAfEWwZut95DLNf4LnVf7dWWrNoq1Z7NH2HiUIduqurrOilTef4RAYRTmmlvH7L8vj5qomUcO5tcd3B8-jKIhlSE7tm1IhrkPbmf6YTeU5vopinAbab47EmY2775513o1dYIi~TQIkeYcvFzgK4axGuNv0orgOAQnw__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Isnaini, M., & Iskandar, I. (2021). Akal Dan Kecerdasan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), 103–118. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.13
Lubis, S. A. (2011). Islamic counseling: The services of mental health and education for people. Religious Education, 106(5), 494–503. https://doi.org/10.1080/00344087.2011.613347
Manembu, A. E. (2018). Peranan perempuan dalam pembangunan masyarakat desa (suatu studi di desa Maumbi kecamatan Kalawat kabupaten Minahasa Utara). Politico: Jurnal Ilmu Politik, 7(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/view/16329
Nata, A. (2016). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Prenada Media.
Rahman, F. (2018). Tema-tema Pokok Al-Qur’an. Mizan Publishing.
Rohmah, N. (2018). Integrasi Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosi (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Dalam Meningkatkan Etos Kerja. Tarbiyatuna, 3(2), 77–102.
Romlah, S., & Rusdi. (2013). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral dan Etika. Al-Ibrah, 8, 67–85. http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/249#
Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510
Sari, & Purnama, D. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 1–24. http://repository.iaincurup.ac.id/727/#
Shihab, M. Q. (2007). Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama Al-Qur’an. Mizan Pustaka. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=-H3f0LXlFOAC&oi=fnd&pg=PA5&dq=Shihab,+M.+Quraish.+Secercah+cahaya+ilahi:+Hidup+bersama+al-quran.+Mizan+Pustaka,+2007&ots=RO8FlAgAIa&sig=AXQp8_UHrKGP6axDV3lN-tB8wQU&redir_esc=y#v=onepage&q=Shihab%2C M. Quraish. Secercah cahaya ilahi%3A Hidup bersama al-quran. Mizan Pustaka%2C 2007&f=false
Solehudin, M. (2018). Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa SMK Komputama Majenang. Jurnal Tawadhu, 2(3), 303–325. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/2/2
Tan, C., & Ibrahim, A. (2017). Humanism, Islamic Education, and Confucian Education. Religious Education, 112(4), 394–406. https://doi.org/10.1080/00344087.2016.1225247
Yudhiyantoro, Ilham, B., & Muhammad Juliansyah. (2022). Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Al-Qur’an. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).
Zulaikah, S. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 BANDAR LAMPUNG PENDAHULUAN Saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada permasalahan melemahnya karakter bangsa .( Anwar and Salim 2018 ) Karakter mulia , kesopanan dan religiusitas yang. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(I), 83–93.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hastuti, Kharisman, Ahmad Mujahid, Muhammad Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.