Dampak Penggunaan Metode Belajar Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Media Pembelajaran Gambar Digital Terhadap Peningkatan Nilai Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqh

Authors

  • Aditya Firmansyah UIN SSC (Siber Syekh Nurjati Cirebon)
  • Didin Nurul Rosidin UIN SSC (Siber Syekh Nurjati Cirebon)
  • Muslihudin UIN SSC (Siber Syekh Nurjati Cirebon)

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1371

Keywords:

Dampak, Metode STAD, Gambar Digital

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)   menggunakan media gambar digital terhadap hasil belajar siswa  pada pembelajaran Fiqih di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan. Mengetahui Implementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Eksperimen / Tindakan kelas Pada penelitian ini kelas VIIA dan kelas VIIB dijadikan sampel, kelas VIIA yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas VIIB yang akan dijadikan kelas kontrol. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Hasil analisis terlihat bahwa metode pembelajaran STAD memiliki pengaruh positif  terhadap nilai belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 6,772 > 1.696.  2) Metode STAD berbantuan media pembelajaran gambar digital membantu dalam pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran fiqih. Hasil analisis mayoritas siswa merespon sangat setuju sebanyak 26 siswa atau 78,8%. 3) Dari hasil pengujian hipotesis penelitian terdapat pengaruh menyenangkan pada pembelajaran dengan menggunakan metode STAD berbantuan media pembelajaran gambar digital yang telah dilakukan dalam pembelajaran Fiqih Menyenangkan. Hasil analisis mayoritas siswa merespon sangat setuju sebanyak 26 siswa atau 78,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Zuchri. (2021) Metode Penelitian Kualitatif. (Cet. I ) Syakir Media Press: Makassar.

Rudi Susilana, Media Pembelajaan, (Bandung: Wacana Prim, 2009)

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)

Robert. E Slavin, Cooperative Learning, .......,

Buchari Alma,dkk, Pendidik Profesional, (Bandung: Alfabeta, 2009)

Nana Sudjana, Proses Belajar Mengajar, (Bandung:PT Remaja Roesdakarya, 1991)

Ardianto, Elvinaro. (2011) Metode Penelitian Untuk Publik Relations Kuantitatif dan

Hutabarat, Rugun Romaida., “Problematika Lembaga Pemasyarakatan Dalam Sistem Peradilan Pidana Terpadu,” Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni 1, no. 1 April 2017 (2017): 46, https://journal.untar.ac.id/index.php/ jmishumsen/article/view/333

Imas Kurniasih & Berlin Sani, Ragam Pengembangan, ...., hal. 22-23

Mel Silberman. (2020) Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani: Yogyakarta

Maya. (2021) Psikologi Perkembangan Anak. Penerbit Cemerlang : Yogyakarta.

Enung Nurjannah. (2019) Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Penerbit Yrama Media : Bandung.

Endang Komara. (2019) Teori Sosiologi dan Antropologi. PT Refika Aditama : Bandung

Ikbal, M. Fiqih Siyasah. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1992.

M. Miftahussiroyudin (eds.), Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Esensial Rukun Iman (INOVASI), (Surabaya, Balai Diklat Keagamaan, 2013), hal. 291

Imas Kurniasih & Berlin Sani, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Pendidik, (Yogyakarta: Kata Pena, 2015), hal. 23-24

Abuddin Nata, Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2011), 181

Muslich Anshori dan Sri Iswati, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Surabaya: Airlangga University Press, 2009),hlm. 11.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014), hlm. 22.

Depertemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: Pustaka Al-Hanan, 2009), hlm. 250

Budiyono, Statistika Untuk Penelitian (Surakarta: UNS Press, 2009),hlm. 4.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2015), hlm. 114.

Andi Prastowo, Memahami Metode-Metode Penelitian (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011),hlm. 158.

Widya, Mayasari.”Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran dalam perspektif Sistem Pembelajaran.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.(2021)

Nanang Martonono, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Jakarta: Rajawali Pers, 2016),hlm. 61.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Mdrasah bab VII, h. 48

Tengku Muhammad Hasbi Ash Shiddiieqy, Falsafah Hukum Islam, ( Semarang:Pustaka Rizki Putra,2001), h.29

Mahmud Yunus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, ( Jakarta: Hidaya Agung,1990), h. 321

Mullis, I. V. S., & Martin, M. O. (Eds.). (2015). PIRLS 2016 Assessment Framework (2nd ed.). Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. website: http://timssandpirls.bc.edu/pirls2016/framework.html ,hlm. 18-21

Sudjana, Nana. Penilaian hasil proses belajar mengajar. 2010

Suardi, Moh. Belajar & Pembelajaran. Deepublish, 2018.

Dimyati Mudjiono, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006, hlm.18-32

Syaiful Bahri,Op. Cit, 194

Mu’awanah, Strategi Pembelajaran Cet 1 (Kediri: Stain Kediri Press, 2011), 27.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Aditya Firmansyah, Didin Nurul Rosidin, and Muslihudin. 2025. “Dampak Penggunaan Metode Belajar Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Media Pembelajaran Gambar Digital Terhadap Peningkatan Nilai Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqh”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):937-45. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1371.

Issue

Section

Articles