Kultur Bahth Al-Masaail di Pesantren Buntet: Pengembangan Kompetensi Belajar Santri dan Relevansinya dengan Konsep Malakah Ibnu Khaldun

Authors

  • Afi Nur Afianti IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Septi Gumiandari IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Didin Nurul Rosidin IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1368

Keywords:

Bahth al masaail, Pesantren Buntet, kompetensi belajar, Ibnu Khaldun, Konsep malakah, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini membahas tentang budaya atau kultur dalam ruang lingkup kegiatan pembelajaran di Pesantren Buntet Cirebon. Kegiatan tersebut adalah bahth al masaail atau musyawarah umum yang membahas masalah-masalah, kegiatan ini memberikan manfaat bagi santri Buntet dalam pengembangan kompetensi belajarnya untuk mencapai kamampuan kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga santri di pandangan masyarakatnya menjadi manusia yang bermanfaat. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk merelevansikan konsep pendidikan dari tokoh filsuf Ibnu Khaldun yang menyematkan hasil dari sebuah belajar adalah sifat malakah, yaitu seseorang yang mampu memberikan pembiasaan dalam belajar dan menghasilkan kompetensi-kompetensi belajar, dengan kebiasaan pembelajaran yang ada di Pesantren Buntet antara konsep pendidikan Ibnu Khaldun dapat direlevansikan dan diimplementasikan melalui kegiatan bahtsul masail. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif grounded theory. Jenis penelitian grounded theory merupakan jenis penelian kualitatif yang berfokus pada teori, bukan untuk membuat teori baru tetapi mengembangkan teori yang sudah ada untuk dasar penelitian dan dijadikan sebagai tolok ukur fenomena yang akan dijadikan objek penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Muhammad Bin Khaldun Al Allamah Mukaddimah Ibnu Khaldun. 2013. Penerjemah: Masturi Ilham, Malik Supar, Abidun Zuhri. Pustaka Al-Kautsar. Jakarta

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. (Makasar: Syakir MediaPress,2021).

Afizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penenlitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT Raja Grafindo. Depok

Ahmadi, Abu. Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. 2013. Rineka Cipta. Jakarta

Anshor, Ahmad Muhtadi. 2012. Bahth Al-Masaail Nahdlatul Ulama Melacak Dinamika Madzab Kaum Tradisional. Teras. Yogyakarta

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2016. Rineka Cipta. Jakarta

Daryanti. 2014. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta, cet 8. Jakarta.

Dhiauddin, Nuruzzahri. 2019. Madzab Pendidikan Islam Kajian Pemikiran Ibnu Khaldun. Litersari Nusantara. Malang

Hakim, Atang Abd. Jaih Mubarok. Metodologi Pendidikan Islam. 2014. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-dasar Kependidikan: Komponen MKDK. Rineka Cipta. Jakarta

Iskandar. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Gaung Persada. Jakarta

Khoiriyah. Reorientasi Wawasan Sejarah Dari Arab sebelum Islam hingga Dinasti-dinasti Islam. Teras. Sleman, Yogyakarta.

Kosim, Muhammad. 2012. Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun: Kritis, Humanis, dan Religius. PT Rineka Cipta. Jakarta

Majalah Buletin IKPB (Ikatan Keluarga Pondok Buntet) Pesantren, edisi ke 1 , Oktober 2014

Moleong, Lexy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung

Murtiningsih, Wahyu. 2014. Para Filsuf Dari Plato sampai Ibnu Bajjah. IRCiSoD. Cet. 4. Yogyakarta.

Purwanto, Ngalim . 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Remaja Rosdakarya. Bandung

Qomar, Mujamil. 2012. Merintis Kejayaan Islam Kedua: Merombak Pemikiran dan Mengembangkan Aksi. Teras. Yogyakarta.

Sanusi, Anwar. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Syekh Nurjati Press. Cirebon

Taqiyuddin. 2013. Pendidikan Islam Dalam Lintas Sejarah Nasional. CV Pangger. cet. 2. Cirebon.

Wahab, Abdul. 2017. Menggagas Penelitian Pendidikan Pendekatan Studi Kasus. Kalimedia. Yogyakarta

Sumber Karya Ilmiah, Tesis, Jurnal , dan Artikel

Agusta, Ivanovich “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif”. https://www.academia.edu/download/34265413/ivan-pengumpulan-analisisdata-kualitatif.pdf

Al Manaf. 2020. “Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Dunia”. Jurnal: As Salam I, Vol. IX (1). https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.116. Diunduh 16 Desember 2022

Alaby, Muhammad Awin. 2020. “Menumbuhkan Kepribadian Bangsa yang Berkarakter Pancasila”, Jurnal Pendidikan Terintegrasi, Vol. 1 (1) https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/1282

Alizza, Alfu Naim. Eko Heri Widiastuti. dan Nuryanti. 2021. “Penggunaan Metode Bahtsul Masail Fiqhiyyah dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Muhlasin Magelang”, Jurnal: Pendidikan Terintegrasi, Vol. 1(1) 2021. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/historica

Gazali, Erfan. 2019. “Bahasa dan Konsep Kebahasaan Dalam Muqaddimah Karya Ibnu Khaldun (1332 M – 1406 M)”, Indonesian Journal of Arabic Studies, Vol. 1 (2) 2019. https://dx.doi.org/10.24235/ijas.v1i2.4900

Hidayatullah, M. Syarif. 2018. “Pembelajaran Kontekstual dalam Kegiatan Bahtsul Masail Santri di Pondok Pesantren al Muhibbin Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam: Nazhura, Vol. 1(2) 2018.https://ejournal.uac.ac.id.index.php/NAZHRUNA/article/view/0

https://kbbi.kemendikbud.go.id

Huda, Mualim. 2017. “Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI)”, Jurnal Penelitian, Vol. 11 (2) 2017. https://dx.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Insyiyah, Jauharotul. Dkk. 2020. “Implementasi Metode Bahstul Masail Berbasis Pendidikan Pesantren Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kemampuan Menganalisis Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika di SMA”. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika: Radiasi, vol. 13 (2) 2020. https://doi.org/10.37729/radiasi.v13i2.299

Jauhari, Muhammad Insan. 2020. “Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Era Modern”. Komunikasi dan pendidikanIslam. https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/138

Kaawoan, Selviyanti. 2014. “Membangun Kultur Masyarakat Sekolah”, Jurnal Irfani, Vol. 10 (1) 2014. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php.ir

Khualid, Moh. “Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Di Pesantren Buntet Pada Masa Kepemimpinan K.H Abdullah Abbas”, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam: Tsaqafatuna, Vol 1 (2), 2019. https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/

Muhakamurrohman, Ahmad. 2014. “Pesantren: Santri, Kiai, dan Tradisi”, Jurnal Kebudayaan Islam: Ibda, vol. 12 (2). https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.440

Mustofa, Muhammad Dkk. Metode Penelitian kepustakaan (Library Research). https://getpress.co.id/product/metode-penelitian-kepustakaan-library-research

Nafizah, Azizatun. Munawir. 2022. “Implementasi Metode Bahtsul Masail Terhadap Motivasi Belajar PAI”, Jurna; Studi dan Pendidikan Agama Islam: Ta’dibuna, Vol. 5 (1) 2022 http://dx.doi.org/10.30659/jpai.5.1.44-51

Nahrowi, Moh. 2018. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun”, (Jurnal: Falasifa vol. 9 (2). https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.123. Diunduh 20 Desember 2022

Nasih, Ahmad Munjih. 2009. “Bahstul Masail dan Problematikanya di Kalangan Masyarakat Muslim Tradisional”, jurnal: al-Qanun, Vol. 12 (2) 2009. https://doi.org/10.15642/alqanun.2009.12.1.106-129

Nasrowi, Bagas Mukti. 2017. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Muqaddimah Ibnu Khaldun”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 8 (2). https://doi.org/10.35891/sa.v8i2.1763

Ok, Azizah Hanum . 2021. “ Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun Terhadap Konsep Pemikiran Islam”. Jurnal Pendidikan Islam: Edukasi Islami, Vol. 10 (2). https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2332

Rijali, Ahmad “Analisis Data Kualitatif”. 2018. Jurnal Ilmu Dakwah: Alhadharah, Vol. 17 (33), https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rindanah, Rina “Geneologi Pesantren Benda Kerep dan Pesantren Buntet Cirebon; Suatu Perbandingan”, jurnal: Holistik, Vol. 14 (2), 2013, https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/

Rizqillah, Muhammad Arief. “Sejarah Haul Buntet Pesantren”, https://mtsnupoesat.sch.id/read/23/sejarah-haul-buntet-pesantren , 2021. Diakses pada 26 Februari 2024

Sari, Milya “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian IPA”. Jurnal Penelitiam Biang IPA dan Pendidikan IPA: Natural Science, vol. 6 (1) 2020. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555

Sismarwoto, Edy . “Urgensi Masail Fiqhiyah dalam Dunia Modern”. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dplr/article/view/9727/5016

Suherman, Erman. 2008. “Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: Educare, Vol. 5 (2). 2008. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/62

Suparlan. 2019. “Metode dan Pendekatan Dalam Kajian Islam”. Jurnal: Fondatia , Vol. 3 (1). https://doi.org/10.36088/fondatia.v.3i1.185.

Syaubari, Mohd. Dkk. “Konsep Malakah Ibnu Khaldun Dalam Konteks Pengajaran yang Menerapkan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi (KBAT)” , Jurnal of Islamic and Contemporary issues: Al Irsyad. Vol 2 (2), 2017. https://al-irsyad.kuis.edu.my/index.php/alirsyad/article/view/15/13

Unsi, Baiq Tuhfatul. 2018. “Konsep Metode Pembelajaran Ibn Khaldun Dalam Pengajaran Bahasa Arab”. Jurnal Ilmu Pendidikan: Murobbi, Vol. 2 (1). https://doi.org/10.52431/murobbi.v2i1.125

Winaruati, Eny. “Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21”, https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/pns12012010/article/view/4070

Ya’cub, Mihmidaty. Nurul Lailiyah. dan Nur Hani’ah. 2020. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Bahtsul Masail Pada Mata Pembelajaran Fiqih Ibadah di Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam: Al-Idaroh, Vol. 4 (1) 2020. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/145

Zainol, Muhamad Zarkhan. Dkk. 2018. “Persepsi Guru Pendidikan Islam terjadap Ilmu menurut Konsep Malakah Ilmiyyah Ibnu Khaldun”. Jurnal: Pandangan dan Inovasi dalam Studi Islam. Jil. 10 (2-3). https://doi.org/10.11113/sh.v10n3-4.1545

Sumber Internet

https://www.smadwiwarna.sch.id/model-pembelajaran-klasikal/

Akun Instagram Resmi Buntet Pesantren Cirebon, https://ww.instagram.com/p/C4YJVnAptwG/?igsh=NW02MnRuMWE3bmp6

Sumber Lain

Arief Idrus Awaly. 2024. 24 thn. Pukul 16:10-17:13 WIB. 19 April 2024

Salman Al Farisi. 2024

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Afi Nur Afianti, Septi Gumiandari, and Didin Nurul Rosidin. 2025. “Kultur Bahth Al-Masaail Di Pesantren Buntet: Pengembangan Kompetensi Belajar Santri Dan Relevansinya Dengan Konsep Malakah Ibnu Khaldun”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):724-43. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1368.

Issue

Section

Articles