Kultur Bahth Al-Masaail di Pesantren Buntet: Pengembangan Kompetensi Belajar Santri dan Relevansinya dengan Konsep Malakah Ibnu Khaldun
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1368Keywords:
Bahth al masaail, Pesantren Buntet, kompetensi belajar, Ibnu Khaldun, Konsep malakah, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini membahas tentang budaya atau kultur dalam ruang lingkup kegiatan pembelajaran di Pesantren Buntet Cirebon. Kegiatan tersebut adalah bahth al masaail atau musyawarah umum yang membahas masalah-masalah, kegiatan ini memberikan manfaat bagi santri Buntet dalam pengembangan kompetensi belajarnya untuk mencapai kamampuan kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga santri di pandangan masyarakatnya menjadi manusia yang bermanfaat. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk merelevansikan konsep pendidikan dari tokoh filsuf Ibnu Khaldun yang menyematkan hasil dari sebuah belajar adalah sifat malakah, yaitu seseorang yang mampu memberikan pembiasaan dalam belajar dan menghasilkan kompetensi-kompetensi belajar, dengan kebiasaan pembelajaran yang ada di Pesantren Buntet antara konsep pendidikan Ibnu Khaldun dapat direlevansikan dan diimplementasikan melalui kegiatan bahtsul masail. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif grounded theory. Jenis penelitian grounded theory merupakan jenis penelian kualitatif yang berfokus pada teori, bukan untuk membuat teori baru tetapi mengembangkan teori yang sudah ada untuk dasar penelitian dan dijadikan sebagai tolok ukur fenomena yang akan dijadikan objek penelitian.
Downloads
References
Abdurrahman, Muhammad Bin Khaldun Al Allamah Mukaddimah Ibnu Khaldun. 2013. Penerjemah: Masturi Ilham, Malik Supar, Abidun Zuhri. Pustaka Al-Kautsar. Jakarta
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. (Makasar: Syakir MediaPress,2021).
Afizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penenlitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT Raja Grafindo. Depok
Ahmadi, Abu. Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. 2013. Rineka Cipta. Jakarta
Anshor, Ahmad Muhtadi. 2012. Bahth Al-Masaail Nahdlatul Ulama Melacak Dinamika Madzab Kaum Tradisional. Teras. Yogyakarta
Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2016. Rineka Cipta. Jakarta
Daryanti. 2014. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta, cet 8. Jakarta.
Dhiauddin, Nuruzzahri. 2019. Madzab Pendidikan Islam Kajian Pemikiran Ibnu Khaldun. Litersari Nusantara. Malang
Hakim, Atang Abd. Jaih Mubarok. Metodologi Pendidikan Islam. 2014. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-dasar Kependidikan: Komponen MKDK. Rineka Cipta. Jakarta
Iskandar. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Gaung Persada. Jakarta
Khoiriyah. Reorientasi Wawasan Sejarah Dari Arab sebelum Islam hingga Dinasti-dinasti Islam. Teras. Sleman, Yogyakarta.
Kosim, Muhammad. 2012. Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun: Kritis, Humanis, dan Religius. PT Rineka Cipta. Jakarta
Majalah Buletin IKPB (Ikatan Keluarga Pondok Buntet) Pesantren, edisi ke 1 , Oktober 2014
Moleong, Lexy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung
Murtiningsih, Wahyu. 2014. Para Filsuf Dari Plato sampai Ibnu Bajjah. IRCiSoD. Cet. 4. Yogyakarta.
Purwanto, Ngalim . 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Remaja Rosdakarya. Bandung
Qomar, Mujamil. 2012. Merintis Kejayaan Islam Kedua: Merombak Pemikiran dan Mengembangkan Aksi. Teras. Yogyakarta.
Sanusi, Anwar. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Syekh Nurjati Press. Cirebon
Taqiyuddin. 2013. Pendidikan Islam Dalam Lintas Sejarah Nasional. CV Pangger. cet. 2. Cirebon.
Wahab, Abdul. 2017. Menggagas Penelitian Pendidikan Pendekatan Studi Kasus. Kalimedia. Yogyakarta
Sumber Karya Ilmiah, Tesis, Jurnal , dan Artikel
Agusta, Ivanovich “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif”. https://www.academia.edu/download/34265413/ivan-pengumpulan-analisisdata-kualitatif.pdf
Al Manaf. 2020. “Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Dunia”. Jurnal: As Salam I, Vol. IX (1). https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.116. Diunduh 16 Desember 2022
Alaby, Muhammad Awin. 2020. “Menumbuhkan Kepribadian Bangsa yang Berkarakter Pancasila”, Jurnal Pendidikan Terintegrasi, Vol. 1 (1) https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/1282
Alizza, Alfu Naim. Eko Heri Widiastuti. dan Nuryanti. 2021. “Penggunaan Metode Bahtsul Masail Fiqhiyyah dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Muhlasin Magelang”, Jurnal: Pendidikan Terintegrasi, Vol. 1(1) 2021. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/historica
Gazali, Erfan. 2019. “Bahasa dan Konsep Kebahasaan Dalam Muqaddimah Karya Ibnu Khaldun (1332 M – 1406 M)”, Indonesian Journal of Arabic Studies, Vol. 1 (2) 2019. https://dx.doi.org/10.24235/ijas.v1i2.4900
Hidayatullah, M. Syarif. 2018. “Pembelajaran Kontekstual dalam Kegiatan Bahtsul Masail Santri di Pondok Pesantren al Muhibbin Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam: Nazhura, Vol. 1(2) 2018.https://ejournal.uac.ac.id.index.php/NAZHRUNA/article/view/0
https://kbbi.kemendikbud.go.id
Huda, Mualim. 2017. “Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI)”, Jurnal Penelitian, Vol. 11 (2) 2017. https://dx.org/10.21043/jupe.v11i2.3170
Insyiyah, Jauharotul. Dkk. 2020. “Implementasi Metode Bahstul Masail Berbasis Pendidikan Pesantren Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kemampuan Menganalisis Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika di SMA”. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika: Radiasi, vol. 13 (2) 2020. https://doi.org/10.37729/radiasi.v13i2.299
Jauhari, Muhammad Insan. 2020. “Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Era Modern”. Komunikasi dan pendidikanIslam. https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/138
Kaawoan, Selviyanti. 2014. “Membangun Kultur Masyarakat Sekolah”, Jurnal Irfani, Vol. 10 (1) 2014. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php.ir
Khualid, Moh. “Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Di Pesantren Buntet Pada Masa Kepemimpinan K.H Abdullah Abbas”, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam: Tsaqafatuna, Vol 1 (2), 2019. https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/
Muhakamurrohman, Ahmad. 2014. “Pesantren: Santri, Kiai, dan Tradisi”, Jurnal Kebudayaan Islam: Ibda, vol. 12 (2). https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.440
Mustofa, Muhammad Dkk. Metode Penelitian kepustakaan (Library Research). https://getpress.co.id/product/metode-penelitian-kepustakaan-library-research
Nafizah, Azizatun. Munawir. 2022. “Implementasi Metode Bahtsul Masail Terhadap Motivasi Belajar PAI”, Jurna; Studi dan Pendidikan Agama Islam: Ta’dibuna, Vol. 5 (1) 2022 http://dx.doi.org/10.30659/jpai.5.1.44-51
Nahrowi, Moh. 2018. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun”, (Jurnal: Falasifa vol. 9 (2). https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.123. Diunduh 20 Desember 2022
Nasih, Ahmad Munjih. 2009. “Bahstul Masail dan Problematikanya di Kalangan Masyarakat Muslim Tradisional”, jurnal: al-Qanun, Vol. 12 (2) 2009. https://doi.org/10.15642/alqanun.2009.12.1.106-129
Nasrowi, Bagas Mukti. 2017. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Muqaddimah Ibnu Khaldun”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 8 (2). https://doi.org/10.35891/sa.v8i2.1763
Ok, Azizah Hanum . 2021. “ Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun Terhadap Konsep Pemikiran Islam”. Jurnal Pendidikan Islam: Edukasi Islami, Vol. 10 (2). https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2332
Rijali, Ahmad “Analisis Data Kualitatif”. 2018. Jurnal Ilmu Dakwah: Alhadharah, Vol. 17 (33), https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rindanah, Rina “Geneologi Pesantren Benda Kerep dan Pesantren Buntet Cirebon; Suatu Perbandingan”, jurnal: Holistik, Vol. 14 (2), 2013, https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/
Rizqillah, Muhammad Arief. “Sejarah Haul Buntet Pesantren”, https://mtsnupoesat.sch.id/read/23/sejarah-haul-buntet-pesantren , 2021. Diakses pada 26 Februari 2024
Sari, Milya “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian IPA”. Jurnal Penelitiam Biang IPA dan Pendidikan IPA: Natural Science, vol. 6 (1) 2020. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555
Sismarwoto, Edy . “Urgensi Masail Fiqhiyah dalam Dunia Modern”. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dplr/article/view/9727/5016
Suherman, Erman. 2008. “Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: Educare, Vol. 5 (2). 2008. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/62
Suparlan. 2019. “Metode dan Pendekatan Dalam Kajian Islam”. Jurnal: Fondatia , Vol. 3 (1). https://doi.org/10.36088/fondatia.v.3i1.185.
Syaubari, Mohd. Dkk. “Konsep Malakah Ibnu Khaldun Dalam Konteks Pengajaran yang Menerapkan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi (KBAT)” , Jurnal of Islamic and Contemporary issues: Al Irsyad. Vol 2 (2), 2017. https://al-irsyad.kuis.edu.my/index.php/alirsyad/article/view/15/13
Unsi, Baiq Tuhfatul. 2018. “Konsep Metode Pembelajaran Ibn Khaldun Dalam Pengajaran Bahasa Arab”. Jurnal Ilmu Pendidikan: Murobbi, Vol. 2 (1). https://doi.org/10.52431/murobbi.v2i1.125
Winaruati, Eny. “Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21”, https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/pns12012010/article/view/4070
Ya’cub, Mihmidaty. Nurul Lailiyah. dan Nur Hani’ah. 2020. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Bahtsul Masail Pada Mata Pembelajaran Fiqih Ibadah di Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam: Al-Idaroh, Vol. 4 (1) 2020. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/145
Zainol, Muhamad Zarkhan. Dkk. 2018. “Persepsi Guru Pendidikan Islam terjadap Ilmu menurut Konsep Malakah Ilmiyyah Ibnu Khaldun”. Jurnal: Pandangan dan Inovasi dalam Studi Islam. Jil. 10 (2-3). https://doi.org/10.11113/sh.v10n3-4.1545
Sumber Internet
https://www.smadwiwarna.sch.id/model-pembelajaran-klasikal/
Akun Instagram Resmi Buntet Pesantren Cirebon, https://ww.instagram.com/p/C4YJVnAptwG/?igsh=NW02MnRuMWE3bmp6
Sumber Lain
Arief Idrus Awaly. 2024. 24 thn. Pukul 16:10-17:13 WIB. 19 April 2024
Salman Al Farisi. 2024
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afi Nur Afianti, Septi Gumiandari, Didin Nurul Rosidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.