Motivasi Belajar Perspektif Al-Qur’an dan Hadits
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1374Keywords:
Motivasi Belajar, Al-Qur'an, HaditsAbstract
Rendahnya motivasi belajar dapat menghambat proses belajar dan pencapaian prestasi. Hal ini terlihat dari fenomena rendahnya minat belajar di kalangan siswa, seperti banyaknya siswa yang tidak menyelesaikan tugas, tidak fokus saat belajar, dan mudah teralihkan perhatiannya. Rendahnya motivasi belajar ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan, tidak memiliki tujuan belajar yang jelas, metode belajar yang tidak efektif, lingkungan belajar yang tidak kondusif, dan faktor internal lainnya seperti rasa malas atau tidak percaya diri .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi pustaka dengan analisis kualitatif terhadap konsep-konsep motivasi belajar yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dalam perspektif al-Qur’an dan Hadis mendorong terhadap pencapaian ilmu pengetahuan yang setinggi-tingginya. Oleh karena ia merupakan kunci untuk meningkatkan derajat yang mulia di hadapan Allah SWT. Dengan demikian adanya dorongan ini memberikan wawasan baru dan strategi yang efektif bagi para pendidik dalam membimbing siswa menuju motivasi belajar yang tinggi dan berkelanjutan.
Downloads
References
Apnilelawati, N. (2022). MOTIVASI DALAM PENDIDIKAN AL-QUR’AN DAN HADITS . PROSIDING UNIVERSITAS DHARMAWANGSA, 2, 35–44.
Muallifin, M. F. (2018). IMPROVING STUDENT MOTIVATION AND RELIGIOUS BEHAVIOR MI (LITERACY STUDY). ABDAU: JURNAL PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH, 1(2).
Mulyaningsih, E. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI REAKSI REDOKS MELALUI ANIMASI INTERAKTIF PADA SISWA DI SMA NEGERI 86 JAKARTA SELATAN. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 6(1).
PS, A. M. B. K., & Yustika, G. P. (2019). MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF QS. AL RA’D: 11 MENURUT KITAB TAFSIR AL-JALALAIN KARYA IMAM JALALUDDIN AL-MAHALLI DAN IMAM JALALUDDIN AL-SUYUTI. SUHUF, 31(2), 134–160.
Rusdiansyah, M. (2019). MOTIVASI BELAJAR YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-MUJADALAH AYAT 11. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA .
Sarnoto, A. Z., & Abnisa, A. P. (2022). MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 210–129.
Shihab, M. Q. (2009). Tafsir Al-Misbah (13th ed.).
Siregar, Y. (2022). Motivasi Belajar Dalam Pandangan Al-Qur’an. Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(3), 279–291.
Sudirman, M., & Amin, A. (2022). MOTIVASI BELAJAR MENURUT AL QUR’AN: ANALISIS SURAT AR-RAD AYAT 11. Annizom, 7(3), 186. https://doi.org/10.29300/nz.v7i3.8852
Syahril. (2017). MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF HADITS. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(2), 56–62.
Yana, V., Dani, M., & Purnomo, E. (2022). Menumbuhkan motivasi belajar perspektif Hadits Sunan Ibnu Majah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 369. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.7620
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Yusam Thobroni, Amelia Khoirunisa, Fitri Ullynda Sari, Indri Aulia Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.