Motivasi Belajar Perspektif Al-Qur’an dan Hadits

Authors

  • Ahmad Yusam Thobroni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Amelia Khoirunisa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Fitri Ullynda Sari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Indri Aulia Safitri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1374

Keywords:

Motivasi Belajar, Al-Qur'an, Hadits

Abstract

Rendahnya motivasi belajar dapat menghambat proses belajar dan pencapaian prestasi. Hal ini terlihat dari fenomena rendahnya minat belajar di kalangan siswa, seperti banyaknya siswa yang tidak menyelesaikan tugas, tidak fokus saat belajar, dan mudah teralihkan perhatiannya. Rendahnya motivasi belajar ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan, tidak memiliki tujuan belajar yang jelas, metode belajar yang tidak efektif, lingkungan belajar yang tidak kondusif, dan faktor internal lainnya seperti rasa malas atau tidak percaya diri .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi pustaka dengan analisis kualitatif terhadap konsep-konsep motivasi belajar yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dalam perspektif al-Qur’an dan Hadis mendorong terhadap pencapaian ilmu pengetahuan yang setinggi-tingginya. Oleh karena ia merupakan kunci untuk meningkatkan derajat yang mulia di hadapan Allah SWT. Dengan demikian adanya dorongan ini memberikan wawasan baru dan strategi yang efektif bagi para pendidik dalam membimbing siswa menuju motivasi belajar yang tinggi dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apnilelawati, N. (2022). MOTIVASI DALAM PENDIDIKAN AL-QUR’AN DAN HADITS . PROSIDING UNIVERSITAS DHARMAWANGSA, 2, 35–44.

Muallifin, M. F. (2018). IMPROVING STUDENT MOTIVATION AND RELIGIOUS BEHAVIOR MI (LITERACY STUDY). ABDAU: JURNAL PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH, 1(2).

Mulyaningsih, E. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI REAKSI REDOKS MELALUI ANIMASI INTERAKTIF PADA SISWA DI SMA NEGERI 86 JAKARTA SELATAN. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 6(1).

PS, A. M. B. K., & Yustika, G. P. (2019). MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF QS. AL RA’D: 11 MENURUT KITAB TAFSIR AL-JALALAIN KARYA IMAM JALALUDDIN AL-MAHALLI DAN IMAM JALALUDDIN AL-SUYUTI. SUHUF, 31(2), 134–160.

Rusdiansyah, M. (2019). MOTIVASI BELAJAR YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-MUJADALAH AYAT 11. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA .

Sarnoto, A. Z., & Abnisa, A. P. (2022). MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 210–129.

Shihab, M. Q. (2009). Tafsir Al-Misbah (13th ed.).

Siregar, Y. (2022). Motivasi Belajar Dalam Pandangan Al-Qur’an. Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(3), 279–291.

Sudirman, M., & Amin, A. (2022). MOTIVASI BELAJAR MENURUT AL QUR’AN: ANALISIS SURAT AR-RAD AYAT 11. Annizom, 7(3), 186. https://doi.org/10.29300/nz.v7i3.8852

Syahril. (2017). MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF HADITS. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(2), 56–62.

Yana, V., Dani, M., & Purnomo, E. (2022). Menumbuhkan motivasi belajar perspektif Hadits Sunan Ibnu Majah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 369. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.7620

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ahmad Yusam Thobroni, Amelia Khoirunisa, Fitri Ullynda Sari, and Indri Aulia Safitri. 2025. “Motivasi Belajar Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):904-15. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1374.

Issue

Section

Articles