Relevansi Kurikulum Merdeka terhadap Tujuan Pendidikan Islam Berdasarkan Q.S. Al-Qashas Ayat 77

Authors

  • Mas'ady Ashabul Kahfi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Dzikrul Akbar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ahmad Yusam Thobroni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1412

Keywords:

Pendidikan Islam, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Nasional

Abstract

Kurikulum merdeka ialah kuriklum sebagai respon atas evaluasi kurikulum 2013 dan kurikulum darurat dan sebagai penyempurna dari kurikulum sebelumnya yang memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran. Indonesia tergolong negara yang sering berganti-ganti kurikulum. Tidak semua perubahan membawa proses dan hasil yang baik, oleh karena itu sebagai respon atas pergantian kurikulum ini, penelitian ini bertujuan untuk menemukan relevansi antara kurikulum merdeka sebagai kurikulum terbaru negara terhadap tujuan pendidikan islam berdasarkan Q.S. al-Qashas ayat 77. Manfaat daripenelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana posisi pendidikan islam dalam kurikulum merdeka. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode studi literatur dan kualitatif dengan teknik mengumpulkan data dari buku, artikel jurnal, wawancara, dan observasi secara langsung di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, pendidikan nasional yang memuat kurikulum di dalamnya tidak dapat terpisahkan dari pendidikan islam. Negara dengan pancasila sebagai dasar bernegara yang menempatkan sila ketuhanan dan sila kemanusiaan di dalam nya menunjukkan betapa pentingnya pendidikan islam dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu penanaman dan peningkatan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta membentuk akhlakul karimah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadi, M. W., Uin, D., & Kalijaga, S. (2018). PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Al Ghazali, 1(2), 152–167. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/72

Aditya Putri, F., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). STUDI LITERATUR TENTANG PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DI SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.561

Afandi, Muksin, & M. Fardatul, R. (2023). RELEVANSI KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. Dalam Journal of Early Childhood Islamic Education (Vol. 10). https://jurnal.insida.ac.id/index.php/atthiflah/article/view/444/257

Amanda, D., & Nuzul, A. (2023). Kurikulum Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadits Tarbawi. https://doi.org/10.62515/staf

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (TELAAH EPISTEMOLOGI TERHADAP PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM). Dalam Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA (Vol. 19, Nomor 1).

BSKAP Kemendikbudristek. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1711503412_manage_file.pdf

Daradjat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Darise, G. N. (2021). Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks “Merdeka Belajar.” Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization, 2(2), 2721–2149. https://doi.org/10.30984/JPAI.V2I2.1762

Fahham, A. M. (2012). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DI KOTA YOGYAKARTA. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/255/196

Hasbullah. (2016). Kapita Selekta Pendidikan. Rajawali Press.

Irsyadiah, N., & Rifa’i, A. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Cooperative E-Learning Di Masa Pandemi. Syntax Idea, 3(2), 347–353. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i2.1011

Kurniawan, S., & Mahrus, E. (2013). Jejak pemikiran tokoh pendidikan Islam (2 ed.). Ar-Ruzz Media.

Muhajir, A. (2011). TUJUAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. https://www.e-jurnal.com/2017/02/tujuan-pendidikan-dalam-perspektif-al.html

Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M. A. (2005). Tokoh-tokoh pembaruan pendidikan Islam di Indonesia / Abudin Nata ; kata pengantar, Azyurmardi Azra. 454. https://books.google.com/books/about/Tokoh_tokoh_pembaruan_pendidikan_Islam_d.html?hl=id&id=rGudAAAAMAAJ

Rifa’i, A., Kurnia Asih, N. E., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 1006–1013. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.471

Rita Fiantika, F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (1 ed.). PT. Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Shihab, M. Q. (2017). Tafsir al-mishbah : pesan, kesan, dan keserasian Al Qur’an. Lentera Hati.

Sinomba Rambe, M., Perawironegoro, D., & Dahlan Yogyakarta, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Akhlak dalam Kehidupan Masyarakat Islam. Tadarus Tarbawy, 5(1). https://jurnal.umt.ac.id/index.php/JKIP/article/download/8533/4299

Thobroni, A. Y. (2014). Tafsir dan Hadis Tarbawi. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2927/1/Ahmad%20Yusam%20Thobroni_book_%20Tafsir%20dan%20Hadis%20Tarbawi.pdf

Wahid, A., Tinggi, S., Islam, A., & Parepare, N. (2015). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam. Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(1). https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/241

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Mas’ady Ashabul Kahfi, Dzikrul Akbar, and Ahmad Yusam Thobroni. 2025. “Relevansi Kurikulum Merdeka Terhadap Tujuan Pendidikan Islam Berdasarkan Q.S. Al-Qashas Ayat 77”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):526-39. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1412.

Issue

Section

Articles