Implementasi Reward-Punishment Dan Pembinaan Rohani Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru SMP Al-Qolam Muhammadiyah Gemolong

Authors

  • Amir Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muthoifin Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.667

Keywords:

Implementasi, Reward, Punishment, Pembinaan Rohani, Motivasi

Abstract

Makalah ini membahas penerapan reward and punishment serta bimbingan spiritual dalam meningkatkan motivasi guru di SMP Al-Qolam Muhammadiyah Gemolong. Sekolah ini menekankan pendekatan religius pada reward dan punishment, dengan fokus pada aspek hati dan psikologis para guru. Penerapan reward and punishment dilakukan secara proporsional, dengan fokus pada pemberian penghargaan pada perilaku yang baik daripada menghukum perilaku yang buruk. Mazhab juga menekankan pentingnya bekerja untuk akhirat, bukan hanya untuk keuntungan duniawi. Makalah ini menyimpulkan bahwa penerapan reward and punishment, serta bimbingan spiritual, telah menghasilkan lingkungan kerja yang positif dan termotivasi bagi guru di SMP Al-Qolam Muhammadiyah Gemolong dan dapat diterapkan di lembaga lain untuk kualitas sumber daya manusia jangka panjang. Sekolah harus terus meningkatkan mutu dan standarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Basir, Bimbingan Rohani Islam Bagi Pasien, (Yogyakarta: Mahameru Press, 2010), hal. 01.

At-Taqaddum Speak With Data, Peningkatan Mutu Keilmuan dan Kependidikan Islam, Jurnal Volume 5, Nomor 1, Juli 2013, (Semarang: LPM IAIN Walisongo, 2013), hal. 54.

Komaruddin Hidayat, Tuhan Begitu Dekat (Jakarta : Paramadina, 2002), 11

Mushaf Al-Itqan (Bandung, Cordoba, 2019), 252

R.M.Panekenan.,W.J.F.A.Tumbuan,F.S.Rumokoy, 2019. The Influence Of Reward And Punishment Toward Employee’s Performance At Bank Indonesia Branch Manado, Jurnal EMBA Vol.7 No.1 Januari, Hal. 471 – 480

Fadli, Rinekso, 2021, Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SDIT Al Muhsin Metro. Lampung, Diss. Uin Raden Intan

Fadlilah, Azizah Nurul, Martina Sylviarini Suryawidarti, and Nyamiatik Nyamiatik, 2021, "Strategi Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD." JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 4.1

Firdaus, 2020, Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam At-Thariqah, Vol 5, Januari – Juni

H Djaali, 2008, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara

Hidayat, Fauzi, and Ahmad Muhibbin.2021, Penerapan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta,

https://iainsalatiga.ac.id/web/2018, 03/4-tingkatan-bekerja/, 18 Maret

https://www.bernas.id/2018/01/50568/58242-metode-pemberian-hadiah-rewards-dan-pemberian-hukuman-punishment-sering-anda-gunakan-inilah-prinsip-kelebihan-dan-kekurangannya/

https://www.republika.id/posts/38021. 2023,mengajak-pada-kebaikan, 23 Februari

Ilham Wahyu Pratama, Gendut Sukarno, 2023, Jurnal STEI Ekonomi (JEMI), Volume 30 Number 02, Desemberx

M. Ngalim Purwanto, 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Muhammad Yafiz, Mohammed Yousif Oudah Al-Muttar, Saman Ahmed Shihab, Qurratul Aini, Anna Gustina Zainal. Yousef A. Baker El-Ebiary, Rasha Abed Hussein, Tayseer Rasol Allahibi, Ngakan Ketut Acwin Dwijendra, 2022 , Islamic religiosity and job satisfaction among Muslim teachers in Malaysia,

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Amir, and Muthoifin. 2023. “Implementasi Reward-Punishment Dan Pembinaan Rohani Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru SMP Al-Qolam Muhammadiyah Gemolong”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1119-25. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.667.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)