Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Aqidah Akhlak Di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.772Keywords:
Gaya Belajar, V-A-K, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, sedangkan variabel prestasi belajar Akidah Akhlak menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai rapor. Metode analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Gaya Belajar Visual terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak, yang berarti bahwa semakin baik Visual maka Prestasi Belajar akan meningkat (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Gaya Belajar Auditori terhadap Prestasi Belajar, yang berarti bahwa semakin baik Auditori maka Prestasi Belajar akan meningkat (3) Ada pengaruh yang signifikan antara Gaya Belajar Kinestetik terhadap Prestasi Belajar, yang berarti bahwa semakin baik Kinestetik maka Prestasi Belajar akan meningkat (4) Hasil pengujian analisis regresi linear berganda diperoleh nilai F hitung sebesar 7,235 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya hipotesis yang menyatakan “Visual, Auditori dan Kinestetik secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar” diterima. Berdasarkan analisis regersi linear berganda menunjukkan besarnya koefisien determinasi (r2 square) = 0,191, artinya variabel bebas secara bersama–sama mempengaruhi variabel tidak bebas sebesar 19,1% sisanya sebesar 80,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.
Downloads
References
DePorter dan Hernacki, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa, 2013.
M. N. Ghufron dan R. Risnawati, Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Sugiharto, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.
Nasution, Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Masganti, Perkembangan peserta didik. Depok: Prenadamedia Group, 2017.
U. Machmudah dan A. W. Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press, 2008.
T. Tulus, Peran Disipiln pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2004.
S. Wirawan, Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
S. Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
WS Wingkel, Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo, 2004.
T. Tulus, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo , 2004.
M. Chatib, Sekolahnya Manusia. Bandung : KAIFA, 2012.
B. Dalyono dan E. D. Lestariningsih, “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah ,” Jurnal Bangun Eka Prima, vol. 03, hlm. 33, Okt 2017.
Kemendiknas, “Pembinaan Pendidikan Karakter di SMP ,” dalam BSNP, Jakarta, 2010, hlm. 2.
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2007.
Hamzah. B. Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran . Jakarta: Sinar Gtafika Offset, 2016.
N. Subini, Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera, 2012.
A. Ahmadi dan W. Supriyono, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurdin Arifin, Mutohharun Jinan, Muthoifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.