Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Peserta Didik SDN Harapan Jaya III Kota Bekasi

Authors

  • Ratu Oktafian Wulandari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Jaenal Abidin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ferianto Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1360

Keywords:

Guru, Pendidikan Agama Islam, Nilai, Karakter Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui informasi dan membahas tentang bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai karakter religius pada peserta didik SDN Harapan Jaya III Kota Bekasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Sumber data utama di dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan agama islam, sedangkan sumber data pendukung yaitu peserta didik kelas IV, V dan VI. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai karakter religius dapat dikategorikan menjadi upaya di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. Upaya yang dilakukan di dalam pembelajaran berupa sholat dhuha secara berjamaah, membaca/muraja’ah Al-Qur’an, mengucapkan salam dan berdo’a, menjaga kebersihan kelas, literasi Al-Qur’an, berinfaq. Sedangkan penanaman nilai karakter religius di luar pembelajaran yaitu melalui program tahfidz juz 30, memberikan nasihat kerohanian dan melakukan komunikasi dengan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1).

Daryanto, D. S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik (d. 1, Cet.). Bumi Aksara.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. ar-Ruzz Media.

Lickona, T. (2013). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo. Bumi Aksara.

Marzuki. (2019). Pendidikan Karakter Islam.

Permendiknas No 22 Tahun 2006. (n.d.). Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah.

Prayitno & Afriva Khaidir. (2011). Model Pendidikan Karakter-Cerdas. Padang: UNP Press.

Rosita, L. (2018). Peran Pendidikan Berbasis Karakter dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VIII (1).

Sumarno. (2016). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Peserta Didik. Jurnal Al Lubab, 1(1).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ratu Oktafian Wulandari, Jaenal Abidin, and Ferianto. 2025. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius Pada Peserta Didik SDN Harapan Jaya III Kota Bekasi”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):896-903. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1360.

Issue

Section

Articles