Pembelajaran PAI di PTN (Penelitian di Universitas Singaperbangsa Karawang)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.492Keywords:
Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Tinggi NegeriAbstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai mata kuliah wajib di perguruan tinggi memiliki peran yang penting dan strategis dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, akan tetapi pada pelaksanaanya pembelajaran PAI di di Perguruan Tinggi Umum (PTU) memiliki berbagai permasalahan baik dari sisi pengelolaan maupun proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran PAI di salah satu perguruan tinggi umum yaitu Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PAI di PTU memiliki landasan yang kuat baik secara historis maupun yuridis, 2) Pengelolaan Mata Kuliah PAI di UNSIKA dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNSIKA, 3) Proses pembelajaran PAI di UNSIKA dilaksanakan dengan mengintegrasikan seluruh komponen pembelajaran walaupun masih banyak celah masalah yang harus dievaluasi secara menyeluruh.
Downloads
References
Ali, A., & Ruswandi, U. (2022). Pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi Umum. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1). https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.867
Ashraf, M. A. (2018). Islamized ideologies in the Pakistani education system: The need for religious literacy. Religious Education, 113(1). https://doi.org/10.1080/00344087.2017.1384971
Asyafah, A. (2014). The Method of Tadabur Qur’an: What Are the Student Views? International Education Studies, 7(6). https://doi.org/10.5539/ies.v7n6p98
Basit, A. (2016). The ideological fragmentation of Indonesian Muslim students and da’wa movements in the postreformed era. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 6(2). https://doi.org/10.18326/ijims.v6i1.185-208
H.M. Sulthon, M. K. (2006). Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspekftif Global. Yogyakarta:PRESSindo.
Hamalik, O. (1999). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanum, F. (2016). Evaluasi Penyelenggarakan Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Penamas (Jurnal Penelitian Keagamaan Dan Kemasyarakatan), 29(3).
Hasbullah. (2010). Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Lastary, L. D., & Rahayu, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial dan Self Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Perantau yang Berkuliah Di Jakarta. Ikraith-Humaniora, 2(2).
Lowenstein, M. (2015). General Education, Advising, and Integrative Learning. The Journal of General Education, 64(2). https://doi.org/10.5325/jgeneeduc.64.2.0117
Mariyana, R. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.
Muhaimin. (2002). Peradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saepudin, J. (2018). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG. Al-Qalam, 24(2). https://doi.org/10.31969/alq.v24i2.525
Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suryadi, A. (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Outlook: Permasalahan, Tantangan & Alternatif Kebijakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Terry, G. R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Zainiyati, H. S. (2016). Curriculum, islamic understanding and radical islamic movements in Indonesia. Journal of Indonesian Islam, 10(2). https://doi.org/10.15642/JIIS.2016.10.2.285-308
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Taufik Mustofa, Ferianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.