Penguatan Pendidikan Multikultural Melalui Kegiatan Tadabur Alam Ekstrakurikuler Tahfidz di SD Islam Miftahul Falah

Authors

  • Sucilawati Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ferianto Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.444

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Tadabur Alam, Ekstrakurikuler

Abstract

Pendidikan multikultural harus menjawab tantangan permasalahan dari keanekaragaman kehidupan bangsa Indonesia sehingga penting untuk mengembangkan pendidikan multikultural di kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan pendidikan multikultural melalui implementasi kegiatan Tadabur alam di ekstrakurikuler Tahfidz di SD Islam Miftahul Falah Kondang Jaya Kec. Karawang Timur Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif karena penjabaran hasil menggambarkan gejala atau keadaan yang diteliti dari data yang empiris atau peneliti mengambil langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pendidikan multikultural ini satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan menguatkan. Implementasi tujuan pendidikan multikultural di beberapa kegiatan tadabur alam seperti pemetaan, komunikasi, dan kekompakan kerja di ekstrakurikuler SD Islam Miftahul Falah Kondang Jaya Kec. Karawang Timur Kabupaten Karawang dengan memberikan pemahaman terhadap peserta didik dan kemudian diimplementasikan dalam kegiatan tadabur alam sehingga dengan penelitian ini dapat menjadi salah satu alternative untuk mencegah terjadinya konflik pada peserta didik dan ternyata pendidikan multikultural dapat diimplementasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alismail, Halah Ahmed. 2016. “Journal of Education and Practice Www.Iiste.Org ISSN” 7 (11). www.iiste.org.

Alsubaie, Merfat Ayesh. 2015. “Journal of Education and Practice Www.Iiste.Org ISSN” 6 (10). www.iiste.org.

Ambarudin, R Ibnu, Madrasah Tsanawiyah, and Wates Yogyakarta. 2016. “Pendidikan Multikultural Untuk Membangun Bangsa Yang Nasionalis Religius.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 13 (1). https://doi.org/10.21831/CIVICS.V13I1.11075.

Charles, Charles. 2017. “Pendidikan Multikultural Untuk Memperkuat Kohesifitas Persatuan Dan Kesatuan Bangsa.” Jurnal Educative: Journal of Educational Studies 2 (1): 29–46. https://doi.org/10.30983/EDUCATIVE.V2I1.319.

Darma Persada, Universitas. 2013. “ANALISIS SWOT KERAGAMAN

Didik Himmawan, & Rinih. (2022). Pelaksanaan Ekskul Kepenulisan Pembuatan Karya Ilmiah pada Kelas XII MA Al-Urwatul Wutsqo Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(2), 106–111. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.66

Published

2023-06-26

How to Cite

Sucilawati, and Ferianto. 2023. “Penguatan Pendidikan Multikultural Melalui Kegiatan Tadabur Alam Ekstrakurikuler Tahfidz Di SD Islam Miftahul Falah”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):659-64. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.444.

Issue

Section

Articles