Implementasi Nilai-Nilai Karakter Perpspektif Islam Kepada Peserta Didik Di Lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.431Keywords:
pendidikan, karakter, Implementasi, IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan implementasi nilai-nilai karakter perpspektif Islam kepada peserta didik di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru PAI, guru PPKn, guru Bimbingan Konseling, wali kelas, dan peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman yang meliputi langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menekankan dengan Terbiasa Khusnuzan, terbuka, hati-hati, gigih, berinisitatif, rela berkorban & tidak terbiasa suudzan terhadap Allah, tidak taman dan hasud, tidak ria, tiada aniaya serta terbiasa berpakaian dan berhias yang sopan dan menghormati tamu.
Downloads
References
Abdul Majid, Dian Andayani. (2013). Pendidikan Karakter Persektif Islam. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Ashraf, S., Bano, H., & Ilyas, A. (2013). Students’ Preferences for the Teachers Characteristics and Traist in Character Building of Students with Specianeeds. Journal of Social Sciences,
Asmani, Jamal. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: DIVA Press.
Barnawi & Arifin, Mohammad. (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Dyah Sriwilujeng, (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Penerbit Erlangga.
Dharma Kesuma, Cepi Triatna, Johar Permana (2020). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktis di Sekolah. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Fauzi, F.Y., Arianto, & Solihatin, Etin. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Perserta Didik. Jurnal PPKn UNY Online. Vol. 1, (2), 1-14.
Goble, G Frank. 1991. Mazhab Ketiga: Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: KanisiusMaksum, Muhammad. 2014.
Hardiyana, Siti. (2014). Pengaruh Guru PKn terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah PPKn IKIP Veteran Semarang. Vol. 2 (1), 54-64.
Fauzan, Ibnudin. 2019. “THE THE THINGKING OF ISLAMIC ECONOMY IN MUHAMMAD PROPHET ERA (PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM PADA MASA NABI MUHAMMAD)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 5 (1, March):51-61. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v5i1.94.
Menjadi Guru Idola. Klaten: Cable Book. Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Fondation.
Muin, Fachtul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Arr-ruzz Media Rachman,
Maman. 2000. Reposisi, Reevaluasi, dan Redefinisi Pendidikan Nilai Bagi Generasi Muda Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Pupuh Fathurrohman, AA Suryana, Fenny Fatriany (2013) Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung : PT Refika Aditama.
Zaini, A.H.F. (2013). Pilar-pilar Pendidikan Karakter Islam. Bandung: Gunung Djati Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Fauzi Muttaqin, Ferianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.