Implementasi Storytelling dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TKIT Harapan Umat Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.389Keywords:
Storytelling, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan metode storytelling untuk menginternalisasi nilai pendidikan karakter pada anak TK di TKIT Harapan Umat Karawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerita dengan menggunakan buku – buku kisah Islami yang bertema adab dan dongeng inspiratif ini mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai karakter yang muncul antara lain karakter religius, disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan peduli sosial. Karakter yang muncul merupakan akumulasi yang muncul dari perilaku anak setelah mendengar cerita Islami yang digunakan seperti “ Allah Tuhanku, Muhammad Tauladanku, keajaiban rendah hati dan jujur, dan anak beruang yang mandiri”.
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan metode storytelling untuk menginternalisasi nilai pendidikan karakter pada anak TK di TKIT Harapan Umat Karawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerita dengan menggunakan buku – buku kisah Islami yang bertema adab dan dongeng inspiratif ini mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai karakter yang muncul antara lain karakter religius, disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan peduli sosial. Karakter yang muncul merupakan akumulasi yang muncul dari perilaku anak setelah mendengar cerita Islami yang digunakan seperti “ Allah Tuhanku, Muhammad Tauladanku, keajaiban rendah hati dan jujur, dan anak beruang yang mandiri”.
Downloads
References
Diah Maulidiyah, Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, & Ahmad Khotibul Umam. (2021). Peningkatan Nilai Spiritual Anak Melalui Mengaji Sore Di Desa Totoran Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.58355/pedagogia.v1i2.37
Saptono, Dimensi – dimensi Pendidkan Karakter, Jakarta : Esensi. 2011
Pupuh Fathurrohman dkk , Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung : Refika Aditama. 2013
Meity H. Idris, Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Mendongeng , Jakarta : Luxima Metro Media. 2014
Modul pada Pelatihan Berjenjang GTK PAUD tingkat Dasar Tahun 2022 tentang Etika dan Karakter Pendidik Paud.
Sandy Ramdhani,”Planting Character Values Through Storytelling Activities with Using Sasak Folklore in Early Childhood”, Volume 3 Issue 1 (2019) Pages 153 – 160,[DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.108]
Jamaheroh Nurmala “Benefits of Islamic Stories in Growing Noble Morals On Someone”, Volume Ix, Nomor 1, Januari – Juni 2020
Nur Hudah, “Installation Of Islamic Values In Shape Noble Character Through Storying Activities”, Volume. 12, Number. 2, Juli 2019 p-ISSN: 2087-7501, e-ISSN: 2715-4459 Hlm: 113-129 [:https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh]
Yulia Hairina,Storytelling as a Method in Embedding Noble Morals in Early Childhood,Banjarmasin State University [https://www.researchgate.net/publication/333102149], 15 May 2019.
Mulianah, Khaironi Early Childhood Development, Jurnal Golden Age Hamzanwadi University,Vol. 3 No. 1, Juni 2018, Hal. 1-12, E-ISSN : 2549-7367.
Zakia Habsari,Tales As Formation Of Child Character, Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, Vol 1 No 1 - April 2017 (21-29).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ervin Nurkhalizah, Ferianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.