Implementasi Storytelling dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TKIT Harapan Umat Karawang

Authors

  • Ervin Nurkhalizah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ferianto Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.389

Keywords:

Storytelling, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan metode storytelling untuk menginternalisasi nilai pendidikan karakter pada anak TK di TKIT Harapan Umat Karawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerita dengan menggunakan buku – buku kisah Islami yang bertema adab dan dongeng inspiratif  ini mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai karakter yang muncul antara lain  karakter religius, disiplin,  jujur, bertanggung jawab, dan peduli sosial. Karakter yang muncul merupakan akumulasi yang muncul dari perilaku anak setelah mendengar cerita Islami yang digunakan seperti “ Allah Tuhanku, Muhammad Tauladanku, keajaiban rendah hati dan jujur, dan anak beruang yang mandiri”.

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan metode storytelling untuk menginternalisasi nilai pendidikan karakter pada anak TK di TKIT Harapan Umat Karawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerita dengan menggunakan buku – buku kisah Islami yang bertema adab dan dongeng inspiratif  ini mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai karakter yang muncul antara lain  karakter religius, disiplin,  jujur, bertanggung jawab, dan peduli sosial. Karakter yang muncul merupakan akumulasi yang muncul dari perilaku anak setelah mendengar cerita Islami yang digunakan seperti “ Allah Tuhanku, Muhammad Tauladanku, keajaiban rendah hati dan jujur, dan anak beruang yang mandiri”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diah Maulidiyah, Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, & Ahmad Khotibul Umam. (2021). Peningkatan Nilai Spiritual Anak Melalui Mengaji Sore Di Desa Totoran Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.58355/pedagogia.v1i2.37

Saptono, Dimensi – dimensi Pendidkan Karakter, Jakarta : Esensi. 2011

Pupuh Fathurrohman dkk , Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung : Refika Aditama. 2013

Meity H. Idris, Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Mendongeng , Jakarta : Luxima Metro Media. 2014

Modul pada Pelatihan Berjenjang GTK PAUD tingkat Dasar Tahun 2022 tentang Etika dan Karakter Pendidik Paud.

Sandy Ramdhani,”Planting Character Values Through Storytelling Activities with Using Sasak Folklore in Early Childhood”, Volume 3 Issue 1 (2019) Pages 153 – 160,[DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.108]

Jamaheroh Nurmala “Benefits of Islamic Stories in Growing Noble Morals On Someone”, Volume Ix, Nomor 1, Januari – Juni 2020

Nur Hudah, “Installation Of Islamic Values In Shape Noble Character Through Storying Activities”, Volume. 12, Number. 2, Juli 2019 p-ISSN: 2087-7501, e-ISSN: 2715-4459 Hlm: 113-129 [:https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh]

Yulia Hairina,Storytelling as a Method in Embedding Noble Morals in Early Childhood,Banjarmasin State University [https://www.researchgate.net/publication/333102149], 15 May 2019.

Mulianah, Khaironi Early Childhood Development, Jurnal Golden Age Hamzanwadi University,Vol. 3 No. 1, Juni 2018, Hal. 1-12, E-ISSN : 2549-7367.

Zakia Habsari,Tales As Formation Of Child Character, Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, Vol 1 No 1 - April 2017 (21-29).

Published

2023-03-13

How to Cite

Ervin Nurkhalizah, and Ferianto. 2023. “Implementasi Storytelling Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di TKIT Harapan Umat Karawang”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):57-69. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.389.

Issue

Section

Articles