Manajemen Pembelajaran Diferensiasi untuk Meningkatkan Mutu Kelulusan SMK Insan Tazakka

Authors

  • Ashhabul Kahfi STEI Bina Cipta Madani
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara
  • Faiz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1377

Keywords:

Pembelajaran, Diferensiasi, Mutu Belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu lulusan kelas XII SMK Insan Tazakka Kabupaten Karawang dengan menerapkan model pembelajaran diferensiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu dengan menguji model pembelajaran diferensiasi pada siswa saat belajar, lalu disajikan hasilnya. Melalui metode eksperimen bertujuan supaya nantinya bisa meningkatkan mutu kelulusan peserta didik dalam menemukan dan memahami suatu konsep atau teori mata pelajaran yang sedang dipelajari. Dengan melaksanakan prasiklus, siklus satu dan siklus dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model diferensiasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat meningkatkan mutu belajar siswa dan memunculkan kreatifitas yang tinggi dari siswa. Peningkatan ini harus terlihat dari pola pokok pertemuan 1 dengan klasifikasi yang cukup baik pada pola pertemuan kedua 2. Simpulan pada penelitian ini bahwa model diferensiasi dimanfaatkan selama pembelajaran dapat memperluas kegembiraan peserta didik dan pendidik dalam proses pendidikan dan pembelajaran.

Kata Kunci: Pembelajaran, Diferensiasi, Mutu Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalle, J. Metodologi Umum Penyelidikan Reka Bentuk Bertokok Penilaian Dalaman dan Luaran: Kajian Kes Sistem Pendaftaran Siswa Indonesia. University Utara Malaysia (2010).

Isrotun, Umi, ‘Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi’, 2022

Matematika, Belajar, and Siswa Sekolah, ‘1 2 1,2’, 09 (2023), 1660–70

Mujiatun, Sri, and Arri Handayani, ‘Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Berbantuan Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak’, 1.2 (2023)

Rahmawati, Siti, ‘Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan’, 1.5 (2023)

Yaumi, M., & Damopoli, Action research. Jakarta:Kencana Prenada Media Group. (2014).

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Ashhabul Kahfi, Hanafiah, and Faiz Karim Fatkhullah. 2025. “Manajemen Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Mutu Kelulusan SMK Insan Tazakka”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):598-609. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1377.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)