Manajemen Pembelajaran Diferensiasi untuk Meningkatkan Mutu Kelulusan SMK Insan Tazakka
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1377Keywords:
Pembelajaran, Diferensiasi, Mutu BelajarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu lulusan kelas XII SMK Insan Tazakka Kabupaten Karawang dengan menerapkan model pembelajaran diferensiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu dengan menguji model pembelajaran diferensiasi pada siswa saat belajar, lalu disajikan hasilnya. Melalui metode eksperimen bertujuan supaya nantinya bisa meningkatkan mutu kelulusan peserta didik dalam menemukan dan memahami suatu konsep atau teori mata pelajaran yang sedang dipelajari. Dengan melaksanakan prasiklus, siklus satu dan siklus dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model diferensiasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat meningkatkan mutu belajar siswa dan memunculkan kreatifitas yang tinggi dari siswa. Peningkatan ini harus terlihat dari pola pokok pertemuan 1 dengan klasifikasi yang cukup baik pada pola pertemuan kedua 2. Simpulan pada penelitian ini bahwa model diferensiasi dimanfaatkan selama pembelajaran dapat memperluas kegembiraan peserta didik dan pendidik dalam proses pendidikan dan pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran, Diferensiasi, Mutu Belajar
Downloads
References
Dalle, J. Metodologi Umum Penyelidikan Reka Bentuk Bertokok Penilaian Dalaman dan Luaran: Kajian Kes Sistem Pendaftaran Siswa Indonesia. University Utara Malaysia (2010).
Isrotun, Umi, ‘Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi’, 2022
Matematika, Belajar, and Siswa Sekolah, ‘1 2 1,2’, 09 (2023), 1660–70
Mujiatun, Sri, and Arri Handayani, ‘Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Berbantuan Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak’, 1.2 (2023)
Rahmawati, Siti, ‘Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan’, 1.5 (2023)
Yaumi, M., & Damopoli, Action research. Jakarta:Kencana Prenada Media Group. (2014).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ashhabul Kahfi, Hanafiah, Faiz Karim Fatkhullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.