Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Sosiokultural dalam Penguatan Moderasi Beragama (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Cibitung)

Authors

  • Wafaul Wafa Universitas Islam Nusantara
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara
  • Faiz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara

Keywords:

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Sosiokultural, Moderasi Beragama

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di lingkungan sekolah merupakan salah satu upaya lembaga pendidikan dalam menangkal intoleransi dan radikalisme atas nama agama. Melalui kegiatan pembelajaran yang berbasis penguatan sosiokultural masyarakat mampu memberikan dampak positif yakni menciptakan lingkungan yang damai, toleran, dan anti kekerasan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran PAI melalui sosiokultural dalam rangka menguatkan sikap moderat kepada siswa (1) mendiskripsikan konsep strategi pembelajaran PAI melalui sosiokultural (2) mendiskripsikan implementasi pembelajaran PAI (3) mendiskripsikan dan menganalisis hasil dari implikasi proses pembelajaran PAI dalam penguatan moderasi beragama di SMA Negeri 2 Cibitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guru PAI berperan sebagai informan utama dalam penelitian. Proses analisis data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data setelah pengumpulan data selesai.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) konsep pembelajaran PAI melalui sosiokultural adalah mengaitkan antara agama dan budaya (2) langkah langkah pembelajaran PAI meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dimana guru menyampaikan ilmu pengetahuan agama menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan problem based learning, dan terakhir adalah kegiatan penutup dimana guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran (3) implikasi dari pembelajaran PAI menuai hasil positif terhadap penguatan moderasi beragama siswa yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari dan dimasa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an Al-Karim

Abidin (2014), Yusuf Zainal dan Saebani, Beni Ahmad, Pengantar Sistem Sosial Budaya di Indonesia, Bandung: CV Pustaka Setia.

Abdul Majid (2009), Perencanaan Pembelajaran Mengengembangkan standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abd. Rahman Abdullah (2002), Aktualisasi Konsep Dasar Pendidikan Islam (Rekontruksi Pemikiran Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam) Yogyakarta: UII Press.

Abuddin Nata (2009), Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Achmad Zainal Abidin (2021), Nilai-nilai Moderasi beragama dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018, Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol. 2 No. 5

Ade Putri Wulandari (2020), Pendidikan Islam Berdasarkan Moderasi Agama di Pondok Pesantren Nurul Ummahat Kotagede Yogyakarta, Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Afifuddin Muhajir (2018), Membangun Nalar Islam Moderat: kajian metodologis, (Tanwirul Afkar, Situbondo.

Afrizal Nur dan Mukhlis Lubis (2018), Konsep Wasathiyah da;plam Al-Qur’an: ( Studi Komparatif Antara Tafsir AL-Tahrir wa At-tanwir dan Aisar At-tafasir) An-Nur, Vol. 4 No. 2

Aida dan Halida (2019), Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pembelajaran Kontruktivistik dan Sosiokultural, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) Vol 2 NO 1

Anna Promadoniati (2020), Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap peningkatan Hasil belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Didaktika Vol. 9 No. 1

Chumaidi dan Salamah (2018), Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah, Jakarta: PT Grasindo

Dewi Tika Lestari dan Yohanes Parihala (2020), Merawat Damai Antar Umat Beragama Melalui Memori Kolektif dan Identitas Kultural masyarakat Maluku, Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama 3, 1

Edi Sdayawati (2006), Budaya Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Edy Sutrisno (2019), Aktualisasi Moderasi Beragam di Lembaga Pendidikan, Jurnal Bimas Islam Vol. 12 No. 2

Esa Poikela and Anna Raija Nummenmaa (2006), Understanding Problem Based Learning, Finland: Tampere University Press

Eko Nugroho (2019), Teoritisasi Komunikasi dalam Tradisi Sosiokultural, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7 No. 2

Elma Haryani (2020), Pendidikan Moderasi Beragama untuk generasi Milenia: Studi Kasus ‘Lone Wolf’ pada Anak di Medan, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan

Farhani (2019), Majalah Sejahtera, Semarang: Subbag Informasi & Humas Kanwil Kemenag Proovinsi Jawa Tengah

Gudykunst (1997), W. B dan Kim, Y. Y Communicating with Strangers an Approach to Intercultural Communication third Edition, Boston, Mc Grawhill

Imam Gunawan (2016), Metode Penelitian Kualitatif Teori & amp: Praktik, Jakarta: PT Bumi Aksara

I Putu Suardipa (2020), Sosiocultural-Revolution ala Vygotsky dalam Konteks Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,Vol 1 Nomor 3

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar (2008), Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya

Zakiyah, Moderasi Beragama Masyarakat Menengah Muslim: Studi terhadap Majlis Taklim Perempuan di Yogyakarta, Jurnal Multikultural dan Multireligius Vol 18

Putri Zuhdah ferryka dan Fembriani (2018), Pembelajaran tematik Integratif berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan hasil belahar Siswa Kelas 1 SDN 4 Barenglor Klaten, Jurnal pendidikan, Vol 10 No 1

Putri Zuhdah Ferryka (2020), Pembelajaran Berbasis Sosiokultural pada Tema Lingkungan Bersih Sehat dan Asri di Sekolah Dasar, Jurnal Pena Karakter, Vol 2 No 1

Sindung Haryanto (2015), Sosiologi Agama,Yogyakarta: Ar-Ruzz media

Syafrudin (2009), Paradigma Tafsir Tekstual dan Kontekstual (Usaha Memaknai Kembali Pesan AL-Qur’an), Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Wafaul Wafa, Hanafiah, and Faiz Karim Fatkhullah. 2025. “Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Sosiokultural Dalam Penguatan Moderasi Beragama (Studi Kasus Di SMA Negeri 2 Cibitung)”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):837-46. https://mail.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1403.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)