Gaya Kepemimpinan Pesantren terhadap Mutu Santri (Studi Kasus di Pesantren Almasoem Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1396Keywords:
Islamic Boarding School, Leader, Leadership, KiaiAbstract
Keberadaan sosok kiai sebagai pemimpin pondok pesantren memang sangat unik untuk selalu diteliti, hal tersebut dikarenakan dari sudut tugas dan fungsi seorang kiai yang tidak hanya sekedar memimpin, tetapi juga harus mampu mengembangkan organisasi pondok pesantren agar bisa tetap eksis di era globalisasi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kiai di pondok pesantren Almasoem Bandung, yang dilihat dari tiga hal yaitu: 1.) Proses pengembangan organisasi; 2.) Proses pembentukan team building; dan 3.) Proses menumbuhkan perilaku inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi tokoh. Untuk proses pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan model Spradley yang terdiri dari 4 cara, yaitu: 1.) Analisis domain; 2.) Analisis taksonomi; 3.) Analisis komponensial; dan 4.) Analisis tema kultural. Dari hasil penelitian dapat diperoleh data, yaitu: 1.) Proses pengembangan organisasi dilakukan dengan cara memotivasi dan menginspirasi anggota bawahannya agar memiliki semangat yang tinggi dalam mengembangkan pondok pesantren; 2.) Proses pembentukan team building lebih banyak dilakukan melalui interaksi pola pikir; dan 3.) Proses menumbuhkan perilaku inovatif menggunakan cara dengan pendelegasian tugas-tugas.
Downloads
References
Akbar, Nadzmi, ‘Tipe Dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan Dan Dakwah’, Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 5.9 (2017), 9979–85 <https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v5i9.1883>
Amirudin, ‘Model Manajemen Pondok Pesantren Dalam Peningkatan Mutu Santri Bertaraf Internasional: Studi Pada Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur’, Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9.2 (2019), 222–41 <http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idarohe-ISSN:2580-2453https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5607%0Ahttp://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/5607>
Mahaputra, M. Ridho, ‘Hubungan Kinerja Manajerial Terhadap Pengalaman Kerja Dan Gaya Kepemimpinan’, Jurnal Humaniora, Ekonomi Syariah Dan Muamalah, 1.1 (2023), 44–55 <https://doi.org/10.38035/jhesm.v1i1.6>
Nurhalim, Nurhalim, M Zainal Akbar Saputra, Nuning Setia Ningsih, Amirullah Amirullah, Musli Musli, and Jamrizal Jamrizal, ‘Konsep Kepemimpinan: Pengertian, Peran, Urgensi Dan Profil Kepemimpinan’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.1 (2023), 2071–72
Purwanto, Agus, Martinus Tukiran, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Priyono Budi Santoso, and Laksmi Mayesti Wijayanti, ‘Model Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan: A Schematic Literature Review’, Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1.2 (2020), 255–66 <https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2660964>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nanang Kosim Rohmana, Hanafiah, Faiz Karim Fatkhullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.