Peningkatan Motivasi Belajar Anak yang Memiliki Pola Asuh Single Parent

Authors

  • Elly Agustin Fitriana MTsN 4 Gunungkidul
  • Rahmat Mulyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.505

Keywords:

Pola Asuh, Orang Tua Tunggal, Motivasi Belajar, Bimbingan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua tunggal pada siswa MTs Negeri 9 Gunungkidul. Untuk mengetahui upaya peningkatan motivasi belajar anak yang memiliki pola asuh single parent melalui pendampingan bimbingan belajar di MTs 9 Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 20 anak. Hasil penelitian tentang pola asuh single parent di MTs Negeri 9 Gunungkidul disebabkan salah satu orang tua meninggal karena perceraian yang tinggi, ditinggal merantau baik di dalam kota maupun luar kota. Orang tua tunggal terjadi ketika seorang anak hanya diasuh oleh ayah atau hanya oleh ibu. Penyebab orang tua tunggal bermacam-macam dan biasanya diakibatkan oleh perceraian atau salah satunya meninggal dunia. Berdasarkan hasil layanan bimbingan belajar dan pendampingan dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Setelah dilakukan proses pendampingan anak yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 5 anak atau 25%, dan 15 anak yang memiliki motivasi belajar sedang atau 75%. Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan tindakan, dimana terjadi peningkatan motivasi belajar setelah diadakan layanan bimbingan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan yang tepat dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang memiliki pola asuh orang tua tunggal di MTsN 9 Gunungkidul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra, V. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Metodologi_Penelitian/mSFCEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=arikunto&pg=PA193&printsec=frontcover

Diaz, H. R. (2019). Penelitian. Edisi 2, Jakarta: Salemba Medika. _. 2016. Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pendekatan Praktisi. Edisi 4, Jakarta: Salemba Medika …. http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/576

Didik Himmawan, Evi Aeni Rufaedah, & Siti Carsinah. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Indramayu: Volume 3 No 2 Juli 2022. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 19–28. https://doi.org/10.31943/counselia.v3i2.42

Hidayat, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, 2(4), 562–568.

Makmur, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Membina Ibadah Dan Akhlak Anak. Jurnal Literasiologi, 4(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.131

Marlisa, L., & Septiana, E. (2021). Dikotomi dalam tinjauan pustaka terhadap pendidikan anak usia dini. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 142–152. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.4006

Rejokirono. (2015). Peran Guru BK dalam Pembelajaran Keterampilan Bagi Anak Tunagrahita. PSIKOLOGI KONSELING, 6(2). https://doi.org/10.24114/konseling.v7i2.5117

Nurhaeni, A., … D. M.-J., & 2022, undefined. (n.d.). Peningkatan Pengetahuan Tentang Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved March 19, 2023, from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3234124&val=28314&title=PENINGKATAN%20PENGETAHUAN%20TENTANG%20GANGGUAN%20KESEHATAN%20MENTAL%20PADA%20REMAJA

Rachmawati, A. A. (2020). Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja. In Egsaugm. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/11/27/darurat-kesehatan-mental-bagi-remaja/

Saadah, M. A. (2018). Asesmen dan Penyusunan Program Pendidikan Individual Bagi Anak Berkesulitan Belajar Spesifik. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2099

Soemanagara, D. (2006). Marketing communication : taktik & strategi / John E. Kennedy, R. Dermawan Soemanagara | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Bhuana Ilmu Populer. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=629704

Suciati, wiwik. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar -. CV. Rasi Terbit. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=697wDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=penuntun+belajar+yang+sukses&ots=qDsvbaTcCs&sig=6hXQ25lmaLUForir38jXfyoJriQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Published

2023-06-29

How to Cite

Elly Agustin Fitriana, and Rahmat Mulyono. 2023. “Peningkatan Motivasi Belajar Anak Yang Memiliki Pola Asuh Single Parent”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):906-15. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.505.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)