Peningkatan Motivasi Belajar Anak yang Memiliki Pola Asuh Single Parent
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.505Keywords:
Pola Asuh, Orang Tua Tunggal, Motivasi Belajar, BimbinganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua tunggal pada siswa MTs Negeri 9 Gunungkidul. Untuk mengetahui upaya peningkatan motivasi belajar anak yang memiliki pola asuh single parent melalui pendampingan bimbingan belajar di MTs 9 Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 20 anak. Hasil penelitian tentang pola asuh single parent di MTs Negeri 9 Gunungkidul disebabkan salah satu orang tua meninggal karena perceraian yang tinggi, ditinggal merantau baik di dalam kota maupun luar kota. Orang tua tunggal terjadi ketika seorang anak hanya diasuh oleh ayah atau hanya oleh ibu. Penyebab orang tua tunggal bermacam-macam dan biasanya diakibatkan oleh perceraian atau salah satunya meninggal dunia. Berdasarkan hasil layanan bimbingan belajar dan pendampingan dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Setelah dilakukan proses pendampingan anak yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 5 anak atau 25%, dan 15 anak yang memiliki motivasi belajar sedang atau 75%. Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan tindakan, dimana terjadi peningkatan motivasi belajar setelah diadakan layanan bimbingan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan yang tepat dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang memiliki pola asuh orang tua tunggal di MTsN 9 Gunungkidul.
Downloads
References
Candra, V. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Metodologi_Penelitian/mSFCEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=arikunto&pg=PA193&printsec=frontcover
Diaz, H. R. (2019). Penelitian. Edisi 2, Jakarta: Salemba Medika. _. 2016. Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pendekatan Praktisi. Edisi 4, Jakarta: Salemba Medika …. http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/576
Didik Himmawan, Evi Aeni Rufaedah, & Siti Carsinah. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Indramayu: Volume 3 No 2 Juli 2022. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 19–28. https://doi.org/10.31943/counselia.v3i2.42
Hidayat, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, 2(4), 562–568.
Makmur, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Membina Ibadah Dan Akhlak Anak. Jurnal Literasiologi, 4(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.131
Marlisa, L., & Septiana, E. (2021). Dikotomi dalam tinjauan pustaka terhadap pendidikan anak usia dini. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 142–152. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.4006
Rejokirono. (2015). Peran Guru BK dalam Pembelajaran Keterampilan Bagi Anak Tunagrahita. PSIKOLOGI KONSELING, 6(2). https://doi.org/10.24114/konseling.v7i2.5117
Nurhaeni, A., … D. M.-J., & 2022, undefined. (n.d.). Peningkatan Pengetahuan Tentang Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved March 19, 2023, from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3234124&val=28314&title=PENINGKATAN%20PENGETAHUAN%20TENTANG%20GANGGUAN%20KESEHATAN%20MENTAL%20PADA%20REMAJA
Rachmawati, A. A. (2020). Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja. In Egsaugm. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/11/27/darurat-kesehatan-mental-bagi-remaja/
Saadah, M. A. (2018). Asesmen dan Penyusunan Program Pendidikan Individual Bagi Anak Berkesulitan Belajar Spesifik. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2099
Soemanagara, D. (2006). Marketing communication : taktik & strategi / John E. Kennedy, R. Dermawan Soemanagara | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Bhuana Ilmu Populer. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=629704
Suciati, wiwik. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar -. CV. Rasi Terbit. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=697wDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=penuntun+belajar+yang+sukses&ots=qDsvbaTcCs&sig=6hXQ25lmaLUForir38jXfyoJriQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elly Agustin Fitriana, Rahmat Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.